12 Cara Mengatasi Kaki Pegal Secara Alami

Cara Mengatasi Kaki Pegal Secara Alami ini bisa menggunakan berbagai treatmen yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda. Sebab hal sederhana pun bisa anda lakukan supaya pegal pada kaki khususnya betis mampu teratasi meskipun tidak menggunakan obat konsumsi. Bagaimana cara mengobati pegal kaki secara alami? Tentu kami akan menjawab pertanyaan anda ini dengan singkat. Dan guna menambah wawasan terkait perawatan tubuh (kesehatan dan kecantikan), kali ini kami akan mengulas sedikit tentang cara-cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan pegal pada kaki.

Kenapa pegal pada kaki bisa tejadi? Mungkin anda tidak sadar bahwa kegiatan anda sehari-hari menuntut kinerja yang membuat otot menjadi tegang serta mampu menghambat peredaran darah pada kaki. Tidak heran jika anda lama dalam keadaan duduk, maka mungkin anda mengalami kram, kesemutan (gringgingen), dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal tersebut merupakan gejala tidak cukupnya darah yang mengalir pada kaki (terhambat karena kaki tertekuk atau karena duduk bersila dalam jangka waktu relatif lama). Dengan begitu anda akan kesulitan untuk bangun karena kaki terasa mati dan tidak bertenaga. Bagaimana cara mengatasinya? Jika anda kesemuatan, cukup regangkan kaki sebentar, tunggu hingga darah mengalir normal dan barulah anda bisa melanjutkan aktifitas.

12 Cara Mengatasi Kaki Pegal Secara Alami

Apa penyebab kaki menjadi pegal? Jika anda memperhatikan, pegal kaki disebabkan oleh tidak lancarkan saluan darah. Bisa jadi karena kakunya otot (karena kaki capek akibat kerja harian), berjalan terlalu lama, dan juga kurangnya bergerak (jika anda bekerja duduk dikantoran). Nah, untuk menghilangkan rasa pegal tersebut, ada beberapa treatmen sederhana yang bisa anda lakukan. Tidak butuh langkah rumit ataupun bahan yang aneh-aneh. Sebab tanpa bantuan bahan apapun anda juga bisa melancarkan kembali aliran darah pada betis serta mampu mengurangi nyeri yang terjadi pada kaki. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak tips sederhana tentang cara menghilangkan kaki pegal dibawah ini! Baca sampai selesai ya..!!!

12 Cara Mengatasi Kaki Pegal Secara Alami

1. Merendam Kaki Pada Air Hangat
Anda pastinya sudah paham betul bahwa air hangat membawa relaksasi jika dibuat mandi (baca juga : manfaat mandi air hangat) dan menjadikan tubuh anda lebih enakan. Air hangat akan mengembalikan aliran darah pada kinerja normal sehingga anda tidak akan mengeluhkan adanya pegal pada kaki. Cara penerapan yang bisa anda lakukan juga terbilang sangat sederhana, cukup taruh air hangat pada ember dan rendam kaki selama beberapa menit.

2. Melakukan Pemijatan Pada Betis Dan Kaki
Bagi anda yang suka dengan pijat refleksi, mungkin anda akan merasa menagih kembali karena pemijatan secara tepat akan membuat anda mau lagi dan lagi. Hal ini sudah sangat wajar, sebab pijat refleksi akan membuat anda lebih santai serta malancarkan kembali sirkulasi darah pada kaki. Bagaimana jika anda ingin melakukan pemijatan sendiri dirumah? Itu sangat mudah sekali, cukup sediakan beberapa bahan bantuan untuk melancarkan proses pemijatan. Bahan tersebut bisa berupa minyak telon, minyak, balsem atau bagi ana yang tidak sudak panas bisa menggunaan body lotion sebagai alternatifnya. Oleskan minyak pada area yang anda kehendaki dan pijat secara perlahan sembari di urut pada daerah-daerah yang pegal.

3. Menempelkan Es Batu Pada Betis
Es batu berguna untuk mengurangi radang atau pembengkakan pada kulit. Jika pegal kaki anda disebabkan oleh adanya bengkak atau urat ada yang terjepit, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan es batu sebagai alternatif untuk menghilangkan pegal tersebut. Beberapa manfaat es batu juga pernah kami bahas sebelumnya (baca juga : menghilangkan varises dengan es batu) dan (lihat juga : manfaat es batu untuk wajah). Penerapan es batu terbilang paling sangat mudah dan bisa anda lakukan kapan saja. Pertama anda harus menyiapkan es batu kemudian dibungkus dengan kain atau alat kompres. Tempelkan pada area yang sakit (pegal) dan diamkan beberapa saat hingga nyeri pada kaki anda berangsur hilang.

4. Tidur Dengan Posisi Kaki Terangkat
Tujuan dari gerakan kaki ini ialah untuk lebih melancarkan peredaran darah sehingga tidak menumpuk pada kaki saja. Dengan demikian, maka kaki anda akan terasa lebih enakan dan sedikit menghilangkan pegal yang anda rasakan. Cara penerapan bisa dengan menyenderkan kedua kaki anda pada dinding (dalam keadaan tidur), tahan hingga beberapa menit dan kemudian bisa anda turunkan. Efek yang dirasakan biasanya akan terasa hangat seiring dengan berjalannya darah pada kaki. Dan perasaan ini akan membuat anda terasa sangat nyaman atau bahkan akan melakukan tips ini secara berulang.

5. Melakukan Penekanan Pada Kaki
Terkadang pegal linu ini juga berbarengan dengan kram dan otot tiba-tiba menjadi sangat kaku. Gejala yang dirasakan sangat tidak main-main. Karena sakit yang ditimbulkan bisa berlipat atau bahkan akan membuat anda sangat tersiksa. Dan jika kaki anda pegal disertai kram, maka anda peru mencoba treatmen ini, lakukanlah penekanan pada area yang sakit (bisa dengan jari atau jempol), tahan beberapa detik dan lepaskan. Agar pegal linu berangsur hilang, anda bisa melakukannya secara berulang.

6. Menggunakan Balsem Untuk Melenturkan Otot
Pegal terjadi karena salah satunya ialah disebabkan oleh otot yang terlalu tegang atau kaku. Sedangkan balse bersifat hangat (atau bahkan panas) karena tingkatnya panasnya berbeda pada setiap produk yang di jual di toko-toko. Kenapa balsem bisa meredakan pegal pada kaki? Ana pasti sering melihat olahragawan yang melakukan pemanasan (warm up) dengan mengoleskan balsem pada area tertentu agar otot tidak kaget. Penerapan bisa langsung dioleskan pada kaki dan bisa juga dibarengi dengan pemijatan lembut agar balsem cepat meresap.

7. Berjalan Di Kerikil Dengan Kaki Tanpa Sandal
Terapi ini sering diterapkan oleh sebagian orang yang mendertia penyakit rematik ataupun asam urat. Tujuannya ialah membuka saluran darah yang tertutup sehingga mampu mengembalikan sirkulasi menjadi stabil. Bagi yang tidak pernah melakukan, mungkin menginjak kerikil (berupa batu kecil) akan terasa sangat sakit, namun tentunya itu akan sepadan dengan hasil yang nantinya akan anda dapat.

8. Mengkonsumsi Jamu Khusus
Banyak sekali jenis jamu yang bisa anda konsumsi guna meredakan adanya pegal pada betis. Salah satunya ialah jahe, kayu manis, madu serta bahan lain yang tentunya bertujuan untuk menghangat tubuh. Biasanya jamu ini mempunyai peranan penting dalam mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) sehingga aliran darah pada tubuh lebih lancar. Untuk membuat salah satu ramuan, cukup sediakan sekitar 1 bu jari jahe yang sudah dikupas, geprek dan diseduh dengan 100cc air mendidih. Bisa juga dicampur dengan sedikit madu serta telur ayam kampung. Aduk dan minum selagi hangat.

9. Menggunakan Nasi Hangat
Mungkin sedikit terdengar aneh, namun cara turun-temurun ini memang terbukti memberikan hasil. Cara penerapan ialah menyiapkan 1 genggam nasi yang masih panas, campur sedikit garam dan lumatkan hingga bertekstur lembut. Selanjutnya bisa anda tempelkan langsung pada betis atau kaki yang terasa pegal.

10. Mengompres Kaki Dengan Air Hangat
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis alat kompres bantuan. Salah satunya bisa anda beli di apotik (biasanya berupa kantong karet tebal). Hal ini akan sangat mempermudah anda dan sangat praktis untuk mengompres bagian tubuh yang terasa pegal. Tidak hanya bagian betis saja, melainkan juga bagian punggung, dan lain sebagainya. Pertama anda tuangkan air panas pada alat kompres kemudian tutup rapat. Tunggu sejenak dan tempelkan pada kaki secara perlahan.

11. Meregangkan Kaki
Gerakan ini terbagi dengan 4 cara yag berbeda. Dan kesemuanya bisa anda coba untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Untuk tata cara yang bisa anda terapkan ialah :
  1. Peregangan kaki ke dinding : Cara ini sebenarnya sudah kami jelaskan diatas. Pertama anda harus tidur dilantai dan dekatkan badan pada dinding. Angkat kaki anda dan senderkan pada dinding hingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Diamkan beberapa saat sebelum anda memperbaiki posisi sebelum tidur.
  2. Peregangan kaki di kursi : Dalam posisi sedang duduk dikursi, lipat kaki dan posisikan kaki kanan diatas kaki kiri anda. Masukkan tangan disela kaki dan berpegangan pada paha. Tarik secara perlahan dan rasakan sedikit tarikan pada otot-otot betis. Lakukan berulang agar hasil yang anda dapat lebih optimal.
  3. Peregangan kaki saat berdiri : Cara ini terbilang sangat sederhana, sebab tujuan dari gerakan ialah untuk meregakan urat dan juga otot pada seluruh bagian kaki seperti paha dan betis. Pertama posisikan kaki anda merapat (dalam keadaan berdiri. Menuduk dan berusaha meraih jempol kaki. Tahan beberapa detik dan lepaskan. Lakukan berulang hingga ada hasil yang anda rasakan.
  4. Peregangan kaki di lantai : Triks ini sebenarnya hampir sama persis dengan peregangan saat berdiri. Yang membedakan hanyalah posisi dan anda dituntut untuk duduk lebih nyaman sehingga tidak takut jatuh. Selonjorkan betis (usahakan dalam posisi kaki yang rapat), coba untuk meraih jempol kaki dan tahan beberapa detik.

12. Menggunakan Kaos Kaki Saat Tidur
Mungkin cara ini terbilang sederhana dan tidak mungkin anda sadari bahwa tidur dengan mengenakan kaos kaki akan memberikan hasil yang sangat maksimal bagi kesehatan. Namun anda perlu memperhatikan bahan (pembuatan kaos kaki) karena hanya bahan yang terbuat dari kain katunlah yang akan memberikan hasil lebih optimal. Cara ini juga bisa menjadi treatmen pelengkap dari berbagai cara yang sudah kami sebutkan diatas. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa dengan keadaan tidur kaki terbungkus maka anda akan terhindar dari keluhan pegal kaki.

Demikianlah uraian singkat yang bisa kami sampaikan tentang 12 Cara Mengatasi Kaki Pegal Secara Alami. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *