17 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen ini sebenarnya kami rangkum dan kutip dari beberapa sumber di internet. Sehingga dengan begitu anda akan mempunyai wawasan lebih luas tanpa harus muter-muter lagi mencari referensi yang lebih lengkap. Karena disini kami akan melampirkan berbagai cara yang bisa anda lakukan guna mengatasi bau kaki yang tidak sedap. Untuk lebih singkatnya, mari kita langsung saja simak rincian singkat berikut ini!

Untuk Cara Menghilangkan Bau Kaki dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar dan tidak jauh dari dalam rumah. Bahan tersebut bisa berupa sabun, kopi, teh, serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah, yang sering dipertanyakan disini adalah tetang bagaimana cara mengatasi bau kaki tersebut? Apa bahan yang sudah kami sediakan ini benar-benar memberikan hasil? Tentunya untuk menjawab ini kami sudah mencari beberapa sumber terpercaya sehingga anda bisa langsung menerapkan dirumah untuk membuktikan sendiri apa benar bahan tersebut sangat ampuh.

17 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Pertanyaan lain yang juga sering muncul pada dampak bau kaki ialah : apa saja bahan dan juga cara menggunakannya? Bagaimana cara membuatnya? Serta seperti apa hasil yang nantinya bisa didapat? Nah, jika anda membaca judul artikel diatas, kami sudah menyertakan beberapa tips yang siapa tahu bisa membantu serta bisa benar-benar mengilangkan bau kaki secara permanen, ampuh dan tidak membutuhkan langkah yang rumit.

Membahas sepintas seputar bau kaki, tentunya anda sudah tahu dan pernah merasakan sendiri seperti apa aroma yang akan dirasakan. Penyebab bau tersebut adalah bakteri yang terdapat pada kaki dan serta kaos kaki yang kotor (jarang dicuci), kaki yang sering berkeringat (biasanya saat mengenakan sepatu), serta masih banyak lagi faktor-faktor yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh anda. Untuk mengatasi adanya bau kaki yang sudah parah, sebenarnya langkah utama yang perlu anda lakukan ialah dengan menjaga kebersihan kaki serta kaos yang anda pakai untuk bersepatu. Usahakan menggunakan kaos kaki yang mempunyai sirkulasi udara yang baik (guna mencegah terjadinya kaki berkeringat), dan pada intinya ialah mencegah kulit kaki lembab dan menjaganya tetap kering.

Seperti apa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki? Bagimana cara membuat dan menggunakannya? Nah, pertanyaan ini sudah kami sediakan jawaban, yang siapa tahu bisa membantu dan memberikan tutorial singkat bagi anda yang membutuhkan. Berikut selengkapnya!

12 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

1. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Air Garam
Garam mempunyai rasa asin dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk bumbu masakan. Fungsi garam dapur tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap saja, melainkan dikarenakan didalamnya terdapat anti-bakteri, maka garam ini bisa juga dijadikan terapi herbal untuk mengatasi bau kaki secara permanen. Oleh karena adanya sifat anti-bakteri ini, maka garam cukup ampuh dalam membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki. Untuk menggunakan, anda cukup menyeduh garam dengan air hangat hingga larut seluruhnya. Selanjutnya anda rendam kaki selama 15 menit dan bisa dilakukan sebanyak 3x seminggu agar hasil yang anda dapat lebih maksimal.

2. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Daun Sirih
Sama persis dengan garam, daun sirih juga mempunyai sifat anti-bakteri sehingga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap pada kaki meskipun berkeringat. Kandungan pada daun sirih seperti minyak atisiri bisa meredam dan mengatasi adanya bau kaki. Sedangkan untuk menggunakan, anda tidak butuh langkah rumit sama sekali. Sebab dengan hanya menyeduhnya saja, maka sudah bisa merasakan sendiri hasilnya. Pertama yang pelu anda lakukan ialah dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, berubah warna dan keluar aroma khas daun sirih yang harum. Tunggu hingga hangat dan rendam kaki anda paling tidak selama 30 menit. Atau untuk mengharumkan tubuh keseluruhan (seperti bau badan, bau mulut, dan lain sebagainya), maka anda bisa mengkonsumsinya sebagai jamu herbal.

3. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Lemon Atau Jeruk Nipis
Buah lemon dan jeruk nipis mempunyai cita rasa kecut yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C dan kaya akan antioksidan alami (baca : Manfaat lemon untuk kesehatan) .Jika digunakan pada luar tubuh, kedua buah ini mempunyai sifat yang baik dalam menghilangkan bau amis pada ikan serta bersifat membersihkan sehingga cocok untuk digunakan untuk mencuci piring dan lain sebagainya. Bagaimana jika jeruk nipis dan lemon digunakan untuk menghilangkan bau kaki? Jawabannya tentu sangat bisa, sebab buah tersebut juga mempunyai sifat anti-bakterial yang bisa membunuh kuman selaku pemicu munculnya aroma tidak sedap pada kaki. Cara yang pelu anda lakukan ialah dengan menyiapkan air hangat kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Rendam kaki anda selama kurang lebih 25 menit bari bisa dibilas dengan air bersih. Jika anda melakukannya secara rutin, sangat tidak mustahil jika kaki anda akan terhindar dari bau yang kurang sedap terebut.

4. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Baking Soda
Baking soda merupakan salatu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kue. Namun siapa sangka bila baking soda juga bisa dialih fungsikan untuk merawat kecantikan (khususnya dalam mengobati jerawat), serta alternatif sederhana yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau kaki. Baking soda sangat mudah didapat serta kegunaannya sangat baik sebagai pengontrol keluarnya keringat pada kaki. Jadi, dengan kaki anda tetap kering, maka bisa disimpulkan pula bahwa bahan ini sangat cocok untuk mengontrol pemicu bakteri penyebab bau kaki. Cara penggunaan cukup dengan melarutkan baking sodah dengan air kemudian digunakan untuk merendam kami. Fungsi lain dari baking soda ialah mengontrol pertumbuhan bakteri dan menjadikan kulit kaki lebih halus (tidak pecah-pecah).

5. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Teh
Mengatasi adanya bau kaki bisa anda lakukan dengan memanfaatkan seduhan teh. Meski hanya bersifat sementara, namun jika dilakukan secara rutin daun teh akan membuat kaki anda tidak bau. Daun teh mempunyai difat anti-bakteri selayaknya garam dan juga daun sirih. Serta penggunaanya yang mudah, menjadikan daun teh sebagai salah satu laternatif sederhana yang bisa anda terapkan. Bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Siapkan beberapa lembar daun teh kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Tunggu beberapa saat (hingga hangat) kemudian rendam kaki anda (kurang lebih selama 25 menit) dalam air teh tersebut.

6. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Tisu
Yang dimaksudkan disini ialah untuk menjaga kondisi kulit kaki tidak berkeringat (tetap kering). Memang seperti kurang masuk akal, sebab akan sangat lucu jika anda menggunakan tisu untuk mencegah adanya bau kaki. Tapi hal ini memang benar adanya, sebab kaki yang kering akan menjadikan kaki tidak mudah bau karena bakteri tidak berkeringat. Cara penerapan sangat sederhana, balut kaki anda dengan tisu dan menggantinya secara rutin jika sudah lusuh (basah). Meski terbilang ribet namun cara ini terbukti berhasil.

7. Menghilangkan Bau Kaki dengan Sabun Anti bakteri
Bau yang muncul pada kaki merupakan gejala yang ditimbulkan oleh adanya bakteri. Biasanya bakteri ini berkembang pada kaos kaki dan menempel pada kulit khususnya bagi kaki anda yang sering berkeringat. Nah, sabun ini bisa anda dapat dengan mudah pada toko atau mini market terdekat. Biasanya sabun ini berbentuk pada serta ada juga yang cair. Tergantung dengan anda mau memakai yang mana. Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan mencuci kaki dengan sabun secara rutin guna membunuh bakteri yang masih hidup dan bersarang pada kulit.

8. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Kopi
Kopi merupakan biji buah yang sering dijadikan bubuk kemudian diseduh sebagai minuman. Namun manfaat lain dari kopi tidak terlepas dari situ saja. Ada juga yang menggunakan bubuk ini sebagai perawatan wajah (baca : Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah) yang bisa mengembalikan kecerahan kulit serta mencegah penuaan dini. Nah meski terbilang unik, bubuk kopi juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bau kaki yang tidak sedap. Cara sederhana yang bisa anda lakukan ialah dengan membaluri kaki dengan bubuk kopi kemudian didiamkan paling tidak selama 15 menit. Selanjutnya bersihkan kaki dengan air (dianjurkan menggunakan air hangat) dan keringkan kaki anda menggunakan handuk. Lakukan treatmen ini sebanyak 1x sehari agar hasil yang anda dapat bisa maksimal.

9. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Deodoran
Memang sangat aneh jika deodoran yang biasanya digunakan pada ketiak (baca : Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen) namun digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Sebab umumnya dodoran berfungsi untuk mengurangi bau bada dan mencegah keringat berlebih pada area yang dimaksud. Tapi ternyata fungsi ini juga bisa diterapkan pada kaki sehingga bakteri tidak berkembang dengan cepat. Dari beberapa produk deodoran yang sudah banyak beredar, ada yang berbentuk roll on serta yang berbentuk gel. Agar penggunakan lebih mudah, kami anjurkan agar pilih yang gel saja. Cara penerapan ialah dengan mengoleskan deodoran tadi pada kaki secara merata sebelum anda mengenakan sepatu.

10. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Obat Kumur
Obat kumur bisa anda buat sendiri dirumah denga menggunakan bahan alami seperti daun sirih, ketumbar, cengkeh dan lain sebagainya. Namun agar proses yang anda lakukan lebih mudah, ada baiknya jika anda membeli saja di warung atau mini market terdekat. Sedangkan untuk penerapan ialah dengan melarutkan beberapa tetes obat kumur tersebut pada air hangat secukupnya. Selanjutnya anda bisa merendam kaki pada air tersebut.

11. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Ketumbar
Bumbu dapur yag satu ini mempunyai aroma yang sangat khas sehingga sering dijadikan bumbu untuk menggorang ikan (untuk mengurangi bau amis ikan). Dan kemampuannya yang bisa meredam bau tersebut, ketumbar juga bisa anda alih fungsikan untuk mengatasi bau kaki. Pertama ada harus menghaluskan ketumbar secukupnya dan diseduh dengan air mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian digunakan untuk merendam kami.

12. Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cengkeh
Cengkeh mempunyai sifat anti-bakteri yang sangat ampuh untuk membunuh kuman. Manfaat lain dari cengkeh ialah sebagai rempah, mengobati sakit gigi dan pada umumnya dijadikan bumbu pada rokok. Tapi cengkeh juga bisa anda gunakan sebagai penghilang bau kaki jika digunakan dengan benar. Untuk mengolah ialah dengan merebus cengkeh secukupnya hingga mendidih. Tunggu beberapa saat, selanjutnya kaki anda direndam didalamnya. (simak : Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan)

Nah, jika anda sudah tahu tentang bagaimana cara mengatasi. Tentunya anda juga harus paham akan cara pencegahan agar bau kaki tidak muncul kembali. Dan untuk penjelasan ringkas, berikut ini kami sudah merangkum mengenai tips dan cara sederhana mencegah bau kaki. Mari kita simak sama-sama!

5 Cara Mencegah Bau Kaki Secara Permanen

  1. Mencuci Kaki Dengan Sabun : Hal ini dapat anda lakukan sebelum anda mengenakan sepatu. Tujuannya ialah untuk meminimalisir berkembangnya bakteri pada kulit. Dengan begitu bau kaki yang anda takutkan tidak akan terjadi.
  2. Menjaga Kebersihan Sepatu Dan Kaos Kaki : Adanya bakteri pada kaos karena kemungkinan jarang anda cuci. Dengan begitu kuman atau bakteri lebih mudah berkembang. Bisa jadi akan menimbulkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Agar kulit kaki anda tetap sehat dan terhindar dari bau tidak sedap, maka sudah sepatutnya anda lebih rutin mencuci kaos kaki dan sepatu.
  3. Memotong Kuku Kaki : Dibawah kuku merupakan tempat yang paling baik untuk bertumbuhnya bakteri dengan cepat. Dan jika dibiarkan semakin panjang, maka kuku kaki akan menjadi sarang kuman dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi jagalah kebersihan kuku anda dan potong secara rutin.
  4. Gunakan Kaos Kaki Berbahan Katun : Bahan pada pembuatan kaos kaki juga sangat perlu diperhatikan. Sebab jika menggunakan kain yang salah, maka kaki akan terasa tidak nyaman ketika mengenakan serta menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Usahakan anda menggunakan kaos kaki yang berbahan katun karena berfungsi lebih cepat menyerap keringat dibanding dengan jenis lain. Kain katun juga sangat halus, lembut serta nyaman pada kaki.
  5. Hindari Mengenakan Kaos Kaki Basah : Mungkin masalah ini sudah menjadi suatu yang umum dilakukan. Apalagi dalam keadaan mendesak dan terburu-buru. Padahal kaso kaki yang kurang kering akan menjadi salah satu penyebab bau kaki tidak enak. Karena dalam keadaan lembab tersebut bakteri pada kaki lebih cepat berkembang.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami jelaskan terkait dengan 17 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen. Semoga bisa membantu dan memberikan referensi yang benar bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *