Penyebab Mata Bintitan Dan Cara Mengatasi

Penyebab Mata Bintitan mungkin masih menjadi tanda tanya dan kebanyakan orang tidak paham kenapa terjadi bintitan pada area mata tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan sedikit jawaban yang siapa tahu bisa membantu anda untuk menambah wawasan serta mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab serta bagaimana cara mengatasi (mengobati) atau menyembuhkan mata bintitan tersebut secara alami. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak sama-sama rincian sederhana yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet berikut.

Bintitan adalah suatu gejala atau kondisi dimana terdapat benjolan kecil seperti jerawat yang terdapat pada tepi kelopak mata. Bintil ini sangat menyakitnya dan bisa mengganggu indera penglihatan anda. Meski sebagian besar bintitan hanya terjadi pada salah satu mata saja, namun rasa sakit dan bengkak yang ditimbulkan akan menjadikan penampilan anda tidak elok dan bisa mengurangi rasa percaya diri jika tidak segera anda tangani. Pada umumnya bintitan ini juga terjadi pada bagian luar mata, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terkadang bintil juga muncul dibagian dalam. Yang menjadi pembeda diantara keduanya ialah bintil dibagian dalam mata akan lebih terasa sakit dibanding yang terdapat diluar.

Penyebab Mata Bintitan Dan Cara Mengatasi

Bintitan sering terjadi pada kalangan anak-anak. Oleh karena itu, pada postingan sebelumnya kami juga sudah pernah membahas mengenai Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Bahan herbal alami. Anda bisa melihat dan membacanya terlebih dahulu agar pengetahuan anda bisa lebih luas. Sedangkan bagi dunia kecantikan, tidak hanya bintitan saja, melainkan juga terkait dengan Kantung Mata (dikenal juga dengan sebutan Mata Panda), serta sering terjadinya kerutan dibawah mata. Jadi jika wajah anda ingin tampil cantik secara optimal, maka sudah selayaknya melakukan perawatan sedari dini agar wajah tetap bersih, anggun, awet muda dan tidak terlihat lusuh.

Nah, Apa saja penyebab dari mata bintitan? Jika kami lansir dari dari beberapa sumber di internet, yang menjadi pemicu munculnya bintilan pada mata ialah bakteri yang bernama stafilokokus. Bakteri ini yang biasanya hidup pada kulit manusia namun tidak menyebabkan rasa sakit sehingga orang yang di idap bakteri ini tidak akan sadar. Yang menjadi resiko utama terjadinya bintitan ialah ketika tangan menyentuh mata (tangan dalam keadaan kotor) sehingga memicu terjadinya infeksi. Beberapa contoh infeksi yang diakibatkan oleh bakteri ini diantaranya pada bagian luar bulu mata, kelenjar minyak dan juga kelenjar keringat. Namun selain disebabkan oleh bakteri, ada pula penyebab bintilan yang biasanya terjadi karena peradangan pada kelopak mata (blefaritis).

=> Gejala Mata Bintitan

Apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan oleh mata bintitan? Jika anda pernah mengalami bintilan, tentunya anda sudah bisa merasakan sendiri seperti apa saja rasa sakit yang timbulkan. Meski tidak begitu ditakuti seperti Gejala Kanker Mata, namun mata bintitan juga perlu anda waspadai karena bisa-bisa penyakit ini sangat sulit untuk sembuh. Apa saja yang anda rasakan jika mata terkena bintitan? Mungkin rangkuman dibawah ini bisa menjawabnya.

Bintitan bisa di indikasi dengan adanya benjolan mirip jerawat dan juga bisul pada kelopak mata. Namun gejala lain yang sering dialami oleh banyak orang ialah Mata sering merah, mata menjadi merah,  kelopak mata bengkak, terasa sakit atau nyeri yang teramat sangat, serta sering muncul kotoran di sekeliling kelopak mata. Dan untuk menyembuhkan, mungkin anda tidak membutuhkan bantuan medis atau dokter. Namun demi mencegah terjadinya komplikasi yang berkepanjangan, ada baiknya jika anda konsultasikan dan bertanya pada dokter tentang resep obat serta cara penanganan yang tepat untuk penderita mata bintitan. Kenapa demikian? Tujuan anda berkonsultasi ialah guna mengetahui tanda-tanda (salah satunya pembengkakan) yang melebar (menyebar) hingga bagian pipi.

=> Langkah Sederhana Mengobati Bintitan

Sebenarnya mata bintitan bisa sembuh dengan sendirinya paling tidak dalam rentang waktu antara 7 hingga 20 hari. Dalam masa ini bintitan akan semakin besar dan akan sembuh jika sudah pecah serta mengeluarkan nanah. Yang menjadi pantangan anda disini adalah jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan mata anda. Sebab hanya akan memperparah peradangan (bengkak) atau mungkin akan muncul komplikasi yang lebih serius. Tunggulah hingga benjolan tersebut pecah sendiri dan tentunya begitu anda tidak akan kesakitan karena memencet sendiri.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi adanya gejala serta meminimalkan perasaan tidak nyaman mata karena ada bintil. Langkah tersebut ialah :
  • Menjaga Kebersihan Mata : Pada postingan sebelumnya kami juga sudah pernah membahas akan Cara membersihkan Mata Secara Alami. Namun dalam hal mata bintitan, yang kami maksud ialah dengan menghindari penggunaan kosmetik dalam jangka waktu sementara hingga bintitan tersebut sembuh.
  • Hindari Pemakaian Lensa Kontak : Contact Lens merupakan suatu alat bantu untuk menormalkan penglihatan jika mata anda mengalami rabun dan lain sebagainya. Namun, jika mata anda bintitan, ada baiknya jika anda mengindari penggunaannya sementara waktu. Pakailah kaca mata jika anda memang benar-benar membutuhkan.
  • Konsumsi Obat Penghilang Sakit : Dalam hal ini tergantung dengan resep yang diberikan oleh dokter. Penghilang sakit (Analgesik) bertujuan untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh bengkak pada bintilan.
  • Kompres Air Hangat : Tujuan dari kopres mata dengan air hangat ialah untuk mengurangi rasa nyeri dan juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Sedangkan untuk porsi bisa disesuikan dengan adanya waktu yang bisa anda lakukan. Paling tidak kompreslah mata anda sebanyak 3 hingga 6 kali dalam sehari.
Jika anda sudah melakukan penerapan diatas, maka kemungkinan besar mata bintitan akan lebih cepat sembuh. Namun, jika muncul rasa perih dan semakin parahnya sakit yang anda alami. Maka sebaiknya di segerakan untuk berobat pada dokter. Hal ini guna mengurangi dampak buruk yang mungkin akan timbul. Sedangkan untuk langkah-langkah penanganan dokter biasanya langsung mengeluarkan nanah supaya tekanan pada bagian mata anda berkurang. Umumnya anda akan diberikan obat antibiotik khususnya bagi anda yang juga mengalami berbagai komplikasi dengan penyakit lain. Salah satu komplikasi tersebut bisa jadi berupa kalazion (berupa kista yang disebabkan oleh kelenjar kelopak mata yang tersumbat) dan juga infeksi pada jaringan sekitar mata (selulitis preseptal).

=> Cara Mencegah Mata Bintitan

Bagaimana cara melakukan pencegahan agar mata tidak terkena bintilan? Banyak orang yang percaya akan mitos bahwa yang suka mengintip akan mengalami bintitan. Padahal mitos tersebut sangatlah tidak benar. Dan hal-hal sederhana yang perlu anda lakukan supaya mata tetap sehat ialah dengan menjaga kebesihan, jangan suka mengucek mata, serta masih banyak lagi hal sederhana lain yang bisa menjaga mata agar terhindar dari bintitan. Langkah-langkah tersebut diantaranya :
  1. Menjaga Kebersihan Mata : Mata yang bersih akan mengurangi resiko terjadinya bintitan karena tidak ada bakteri yang bersarang. Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah mencuci muka secara rutin.
  2. Hindari Menggosok Mata : Terkadang anda secara tidak sadar menyentuh atau mengucek mata ketika sedang mengantuk. Hal lain bisa jadi karena anda benda asing pada mata, atau juga kemasukan debu (kelilipan). Sebisa mungkin hindari menyentuh langsung jika keadaan tangan anda sedang tidak steril. (segeralah cuci atau basuh wajah anda dengan air bersih).
  3. Gunakan Kacamata Pelindung : Ingat, tujuan anda tidak ingin bergaya atau pamer fashion pada orang lain. Penggunaan kacamata bisa juga karena ingin melindungi dari debu, polusi atau kotoran yang bisa saja masuk pada mata.
  4. Perhatikan Penggunaan Kosmetik : Sebisa mungkin anda mengurangi penggunaan kosmetik (salah satunya bedak) yang bisa saja menjadi pemicu munculnya bintilan. Hindari kosmetik yang kadaluarsa, dan bersihkan sisa bedak (kosmetik) anda sebelum beranjak tidur. Dianjurkan membuang kosmetik yang anda gunakan pada saat mengidap mata bintitan.
  5. Jaga Lensa Kontak Tetap Steril : Jika anda terpaksa menggunakan contact lens, ada baiknya sebelum digunakan ialah memastikan bahwa lensa kontak tersebut benar-benar dalam keadaan bersih. Cuci sebelum digunakan serta perhatikan juga kebersihan tangan anda.
  6. Lakukan Penanganan Yang Tepat : Jika sudah terjadi infeksi lanjutan (bengkak parah), segeralah periksa ke dokter. Sebab dengan begitu anda akan diberi resep, saran dan juga tutorial tentang bagaimana cara menangani masalah anda dengan tepat.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan terkait dengan Penyebab Mata Bintitan Dan Cara Mengatasi. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *