Cara Menghilangkan Dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami. Salah satu Cara Mengatasi Bau Mulut tersebut ialah dengan mengkonsumsi buah, sayur, menjaga kebersihan gigi dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut? Tentu saja dengan adanya tanda tanya ini membuat kami untuk mencari informasi lebih rinci agar anda selaku pembaca bisa menerapkan sendiri dirumah sehingga masalah tentang bau mulut ini bisa segera teratasi.

Bau mulut mungkin tidak akan dirasakan sendiri oleh anda. Melainkan dampaknya akan muncul ketika anda berbicara dengan seseorang. Untuk mendeteksi sendiri, terkadang anda meniupkan udara pada telapak tangan yang kemudian di hirup untuk mengetahui bahwa nafas tersebut bau atau tidak. Meski kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan gigi (rajin menggosok gigi), namun beberapa faktor dalam gaya hidup kita yang menjadikan bau mulut sangat susah sekali diatasi.
Cara Menghilangkan Dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Bau yang tidak enak pada mulut akan membuat rasa percaya diri anda berkurang drastis. Sebab akan membuat lawan bicara merasa tidak nyaman dan bahkan tidak bisa mengobrol dalam jarak yang lebih dekat. Sangat merugikan jika anda sedang melakukan pertemuan penting yang pada akhirnya akan menimbulkan hal atau pemikiran negatif dari seseorang yang anda ajak bicara. Nah oleh karena itu, ada baiknya jika anda memperhatikan semua hal. Dari pola makan (memilih menu yang tepat), rajin menggosok gigi dan menggunakan obat kumur agar kuman yang bersarang dalam mulut benar-benar bersih.

Apa saja penyebab dari munculnya bau mulut? Pertanyaan ini tentu saja akan membuat anda paham akan beberapa hal yang menjadi pemicu dari bau mulut yang kurang sedap. Sebab penyebabnya bisa saja ditimbulkan oleh berbagai faktor yang salah satunya mungkin tidak anda sadari. Nah, membahas lebih detail akan penyebab dari bau mulut tersebut, berikut kami sudah merangkum beberapa faktor umum sebagai awal terjadinya bau mulut.
  1. Kebiasaan merokok : Mungkin anda selaku perokok tidak sadar akan berubahnya bau mulut yang menjadi tidak sedap. Tidak hanya itu saja, dampak rokok bagi kesehatan sangat tidak baik. Bisa memicu adanya kanker pada tubuh, menjadikan warna gigi menguning, dan juga masih banyak lagi hal merugikan yang lain. Maka dari itu, sebelumnya kami juga sudah membahas artikel mengenai 11 bahaya merokok sesudah makan yang mungkin saja bisa sedikit memberi pencerahan.
  2. Kurang Menjaga Kebersihan : Pada faktor ini erat kaitannya dengan kebersihan mulut. Seperti tidak menggosok gigi (menimbulkan penumpukan plak pada gigi) sehingga membuat bau mulut menjadi tidak enak. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi anda untuk menggosok (menyikat) gigi secara rutin paling tidak 2x sehari (sehabis sarapan dipagi hari) dan sebelum tidur dimalam hari.
  3. Adanya lubang Pada Gigi : Bagi anda yang mempunyai masalah dengan gigi berlubang, mungkin bau mulut sudah menjadi hal yang lazim bagi anda. Sebab meski disikat secara rutin, terkadang pada sela dan gigi yang berlubang masih ada sisa makanan yang menempel yang pada akhirnya menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab bau mulut. Jadi ada baiknya jika setelah menyikat gigi anda juga menggunakan obat kumur guna membersihkan gigi secara optimal.
  4. Mengkonsumsi makanan yang dapat memicu munculnya bau mulut. Seperti halnya kebersihan, makanan tertentu kadang juga bisa menjadi penyebab dari bau mulut yang tidak sedap. Salah satu dari bahan pangan tersebut bisa berupa petai, jengkol, atau jenis lain yang mempunyai aroma kurang enak. Meski mempunyai rasa yang begitu enak (menambah selera makan), namun terkadang harus dibatasi agar bau mulut yang anda alami bisa diminimalisir.
  5. Mengalami Sariawan yang berkepanjangan. Penyakit ini merupakan salah satu hal yang paling umum dirasakan semua orang. Jika anda mengalaminya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa bau mulut akan muncul. Hal ini karena kuman atau bakteri lebih leluasa berkembang, salah satunya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lagi lemah.
 
Cara Mengatasi Bau Mulut Secara alami
1. Rajin Menjaga Kebersihan Mulut
Hal yang paling utama dalam mencegah munculnya bau mulut ialah dengan menjaga kebersihan. Yang perlu anda lakukan ialah dengan rajin menggosok gigi agar penumpukan sisa makanan yang masih menempel pada sela gigi bisa dibersihkan. Paling tidak anda bisa menyikat gigi 2x sehari (sebelum dimalam hari dan selepas bangun tidur di pagi hari). Tidak lupa juga untuk berkumur setiap habis makan.

=> Terkait Dengan Gigi :
2. Memanfaatkan Obat Kumur Anti-Bakteri
Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan air cengkeh, air garam, atau bahan lain yang bisa anda dari lingkungan sekitar. Bahan anti-baketri bisa berupa sayur atau juga buah. Namun yang paling umum dan banyak digunakan ialah cengkeh dan juga garam. Gunakan seperlunya agar tidak berdampak buruk juga bagi kesehatan yang lain. Pada dasarnya berkumur juga memerlukan langkah yang tepat (baca : Cara Berkumur Yang Baik Dan Benar), jadi dengan begitu hasil yang akan anda dapat nantinya lebih optimal.

3. Kurangi Kebiasaan Merokok
Tahukah anda? Asap rokok bisa menjadi pemicu dari munculnya bau mulut. Dengan begitu setidaknya anda bisa mengurangi kegiatan yang kurang sehat ini. Apalagi kebanyakan dari orang suka menghisap rokok sehabis makan, padahal efek atau dampaknya bisa lebih buruk dan menimbulkan berbagai keluhan khususnya masalah kesehatan (baca : 11 Bahaya Merokok Setelah Makan). Disitu anda akan tahu lebih banyak akan segala resiko yang bisa anda rasakan nantinya.

4. Memperbanyak Konsumsi Air Putih
Perlu anda tahu, air putih merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita kekurangan minum (kekurangan cairan), maka tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh akan mengalami dehidrasi yang pada akhirnya akan mengakibatkan suatu masalah baru seperti sariawan, tubuh kering, lemas dan muncul bau mulut yang tidak sedap. (baca : 10 Manfaat Minum Air Putih hangat). Jika asupan mineral terpenuhi, maka anda tidak akan mengalami yang namanya panas dalam ataupun hal lain yang berkaitan dengan bau mulut. Dianjurkan bagi tubuh normal paling tidak mengkonsumsi 7 hingga 8 gelasi air perhari.

5. Konsumsi Vitamin C Lebih banyak
Seperti yang anda ketahui, vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan dan juga menguatkan sistem imun tubuh. Fungsi vitamin C juga tidak jauh dari yang namanya pencegahan radikal bebas serta membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu saja, jika vitamin C harian tubuh terpenuhi, maka bisa diambil kesimpulan bahwa anda tidak akan mengalami yang namanya panas dalam ataupun sariawan yang menjadi penyebab timbulnya bau mulut.

6. Mengkonsumsi Bubuk Kayu Manis
Kandungan senyawa alami pada bahan ini cukup ampuh dalam mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Fungsi lain ialah untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga tidak dapat berkembang. Cara penerapan juga boleh dibilang sangatlah mudah. Cukup seduh bubuk kayu manis dengan air hangat kemudian dijadikan obat kumur.

7. Menjaga kelembapan mulut secara maksimal.
Mungkin anda tidak sadar bahwa mulut yang kering akan memicu munculnya bau mulut. Salah satu hal yang bisa anda lakukan ialah dengan meminum banyak air, mengkonsumsi permen karet, dan juga berkonsultasi dengan dokter sehingga anda tahu betul apa saja yang menjadi penyebab mulut mengering tersebut. Dengan begitu, anda akan terhindar dari yang namanya bau mulut yang kurang sedap.

8. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung Vitamin C
Indonesia kaya akan buah dan jenis tanaman obat yang bisa dimaksimalkan jika anda paham. Buah tersebut bisa anda dapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Seperti Stroberi, jeruk, lemon, buah pir, jambu biji, nanas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain mudah didapat, pengolahan buah bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing. Bisa di jus atau langsung dikonsumsi dalam keadaan segar.

9. Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Teratur
Mungkin anda tidak sadar bahwa green tea mempunyai sifat antioksidan yang sangat tinggi. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai obat pelangsing saja, melainkan green tea juga ikut andil dalam mengatasi bau mulut yang tidak wajar. Jika anda mengkonsumsi teh hijau ini secara rutin, maka masalah bau mulut yang anda alami akan segera hilang.

10. Memaksimalkan Baking Soda
Salah satu bahan pembuatan kue ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengurangi bau mulut. Selain itu, jika anda rutin menggunakan baking soda sebagai obat kumur, maka karang gigi yang menempel akan mulai rontok atau terlepas dengan sendirinya. Untuk menggunakan anda hanya perlu menyeduh sedikit baking soda dengan air hangat kemudian dijadikan obat kumur.

11. Menggunakan Rempah (bumbu dapur)
Beberapa bahan yang bisa anda gunakan ialah ketumbar, lengkuas, dan juga kencur. Bahan ini sudah umum dan paling mudah anda dapat dengan hanya membelinya di pasar. Untuk menggunakan cukup dengan menyeduh bahan kemudian dijadikan obat kumur. Atau bisa juga dengan dijadikan jamu atau minuman sehat dari bahan alami.

12. Menggunakan Daun Sirih
Daun herba yang satu ini mungkin paling familiar dan paling banyak digunakan dalam dunia kesehatan tradisional. Selain bisa mengurangi bau mulut, daun sirih juga berfungsi untuk menjaga area kewanitaan, mengurangi bau badan, dan juga membuat organ yang dimaksud lebih kencang ( baca : Manfaat daun sirih ). Untuk penerapan ialah dengan merebus daun sirih secukupnya, kemudian gunakan sebagai obat kumur atau bisa juga diminum langsung.

13. Hindari Makanan Yang Menyebabkan Bau Mulut
Seperti yang sudah kami sebutkan, ada begitu banyak jenis bahan pangan yang menjadi pemicu dari timbulnya bau mulut. Yang paling umum dikenal ialah jengkol dan juga pete. Jadi dengan begitu paling tidak anda bisa mengurangi atau mengatasi bau mulut secara maksimal.

14. Memanfaatkan Cengkeh
Mungkin cengkeh sering dikenal dengan bumbu rokok dan salah satu rempah masakan. Namun dalam hal ini cengkeh juga bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya bau mulut yang berlebihan. Hal ini karena cengkeh mempunyai sifat anti-bakteri yang sangat baik untukmembunuh dan juga mencegah perkembangan kuman dalam mulut selaku pemicu adanya bau mulut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Menghilangkan Dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *