-->

Cara Membersihkan Mata Secara Alami

Cara Membersihkan Mata harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak muncul masalah baru yang nantinya akan memperburuk keadaan. Terkadang mata mengalami ganguan seperti terkena debu atau benda asing. Hal itu menjadikan mata menjadi merah atau sedikit perih jika tidak segera dibuang kotoran yang menempel pada lensa mata tersebut. Oleh karena itu, mungkin untuk langkah awal apabila anda mengalami kelilipan, ada baiknya jika mencoba untuk membuka mata pada air yang bening. Agar debu atau kotoran tersebut hilang, usahakan anda mengedipkan mata berulang sehingga debu dan benda asing lainnya terbawa air. Tapi masalah mata tidak hanya lepas pada hal itu saja, melainkan masih banyak lagi faktor lain yang akan kami rangkum secara ringkas pada artikel dibawah ini.

Cara Membersihkan Mata Secara Alami

Membahas sepintas mengenai mata, organ yang satu ini merupakan indera yang paling penting dalam tubuh. Sebab tanpa adanya mata, maka anda tidak akan bisa melihat dan merasakan betapa indahnya dunia ini ketika kita memandangnya. Hal ini bisa anda rasakan ketika sedang membaca, melihat orang yang dicintai, melihat jalan ketika melangkah, dan masih banyak hal lagi kegiatan yang anda lakukan setiap hari. Jadi menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Tidak hanya untuk diri kita sendiri, melainkan juga dengan penglihatan yang baik maka nantinya anda bisa menolong orang disekitar yang membutuhkan.

Berbagai permasalahan atau gangguan mata sering dialami oleh semua orang. Meski tidak 100%, namun sebagian orang pasti tahu apa itu sakit mata, mata bintitan, mata kuning, dan lain sebagainya. Dan hal tersebut sudah kami rangkum pada postingan sebelumnya. Dimana kesemua artikel yang kami tulis diusahakan seringkas mungkin agar lebih mudah dicerna dan dipahami oleh semua pembaca. Masalah - masalah mata tersebut ialah :
  • Mata Bintitan : Gejala ini biasanya menimbulkan benjolan kecil berwarna kemerahan dan terasa sangat sakit jika mengedipkan mata. Kebanyakan mata bintitan dijadikan gambaran bahwa seseorang yang suka mengintip, padahal ungkapan tersebut berbeda jauh dengan keterangan medis. Mata Bintitan (Baca : Cara Mengobati Mata Bintitan) sangat mengganggu dan juga bisa mengurangi rasa percaya diri anda terhadap penampilan.
  • Mata Kuning : Masalah ini bisa terjadi dan hampir serupa dengan mata bintitan ataupun mata merah. Sebab terjadinya gejala tersebut dikarenakan adanya suatu gangguan atau memang gaya hidup anda yang kurang sehat. Namun Mata Kuning (Baca : Cara Memutihkan Mata Kuning) bisa diatasi dengan bahan alami yang cara penerapannya juga boleh dibilang sangat mudah.
  • Kanker Mata : penyakit ini salah satu jenis kanker dan menyerang indera penglihatan. Untuk dampak dan ciri yang bisa dikenali sudah bisa terlihat dengan jelas. Biasanya akan muncul benjolan pada bola mata bagian depan dan biasanya penyebab ialah faktor keturunan. Dan kanker ini bisa segera ditangani jika anda mensegerakan diri untuk berkonsultasi dengan dokter. (Baca : Gejala Kanker Mata Dan Penyebabnya)
  • Mata Merah : Gejala ini mungkin dikarenakan iritasi atau juga karena lelah yang disebabkan aktifitas yang menuntut anda untuk menggunakan indera penglihatan secara berlebihan. Namun hal gejala ini biasanya akan hilang jika anda beristirahat cukup.

Nah kembali pada topik, bagaimana cara mengatasi mata secara alami? Jawaban yang bisa anda ketahui ialah bisa juga dengan menggunakan bahan alami. Dimana komposisi yang digunakan bisa anda dapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Jika mata anda hanya mengalami masalah dengan kotoran seperti debu dan benda asing lain, maka bahan - bahan dibawah ini bisa anda jadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Membersihkan Mata Secara Alami :

1. Membuka mata pada air bersih
Mungkin cara ini boleh dibilang sedikit ekstrim. Namun langkah ini sangat simple dan bisa membersihkan kotoran pada mata secara instan. Untuk langkah-langkahnya cukup siapkan air bersih pada wadah yang sedikit besar. Kemudian taruh wajah anda dengan sedikit tenggelam pada air dalam wadah tersebut. Buka mata perlahan sembari mengedipkan berkali-kali. Jika dirasa kotoran sudah hilang, maka anda bisa mengakhiri langkah ini. Untuk langkah yang lebih cepat, maka bisa juga menggunakan bak mandi.

2. Menggunakan Daun Sirih
Ketika anda sedang sakit mata, mungkin pada bagian dalam tepatnya pada kelopak mata terasa ada benda yang mengganjal. Hal ini memang sudah lazim dan bisa segera teratasi dengan dengan sirih. Cara penerapan ialah dengan merebus beberapa lembar daun sirih beserta sedikit air hingga mendidih dan berubah warna. Diamkan hingga air rebusan tersebut dingin dan untuk selanjutnya bisa digunakan sebagai obat tetes. Lakukan 2x sehari hingga perasaan tidak nyaman pada mata tersebut berangsur hilang.

3. Membersihkan Mata Dengan Jus Timun Dan Kentang
Kedua bahan ini berkemampuan untuk membersihkan mata dari luar sehingga iritasi seperti mata merah atau kuning bisa teratasi. Pertama anda siapkan mentimun dan kentang secukupnya, kemudian dikupas serta dicuci hingga bersih. Blender dengan menambah sedikit air hingga tekstur yang didapat berupa jus yang sangat kental. Sedangkan untuk penerapan ialah dengan mencelupkan kapas pada jus tersebut kemudian dikompreskan pada mata.

Selain melakukan treatmen yang sudah kami lampirkan diatas. Sudah selayaknya jika anda menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Oleh karena itu, beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar mata tetap sehat ialah :
  • Istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup. Sebab mata juga butuh relaksasi sehingga ketika bangun tidur sudah kembali normal. Manusia normal pada umumnya membutuhkan paling tidak 8 jam tidur sehari. Jadi dengan begitu aktifitas yang anda jalani akan lebih maksimal.
  • Jauhi Makanan Yang Mengandung Garam. Tidak hanya makanan saja, melainkan jenis minuman juga ikut andil dalam hal ini. Kandungan garam yang terlalu tinggi mampu merusak mata dan menimbulkan berbagai macam gangguan lainnya.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A. Biasanya jenis bahan pangan ini berupa sayur dan buah. Sayur bisa wortel dan buah bisa pepaya. Tinggal anda sesuaikan sendiri dengan selera anda.
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait dengan Cara Membersihkan Mata Secara Alami. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter