Cara Mengatasi Telapak Tangan Mengelupas

Kenapa Telapak Tangan Mengelupas? Tentunya pertanyaan ini sering muncul padahal pada kebanyakan orang secara umum mempunyai tangan yang halus dan tidak kasar. Tapi tidak semua orang mempunyai keadaan kulit yang sama sehingga mungkin saja mengalami pengelupasan pada waktu tertentu. Dan hal ini boleh dibilang wajar serta bisa juga dianggap sebagai salah satu tanda bahwa anda sedang terkena penyakit kulit tertentu. Dan bagaimana cara mengatasi kulit telapak tangan yang mengelupas? Postingan ini dibawah ini akan membahas secara tuntas mengenai cara mengatasi dan mengetahui penyebab dari terkelupasnya kulit tersebut.

Terjadinya pengelupasan pada kulit bisa menjadi salah satu penanda bahwa anda memiliki kelainan dan terjangkit penyakit tertentu. Namun untuk memperoleh diagnosis yang lebih rinci, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter ahli agar memperoleh metode dan cara penyembuhan yang lebih sesuai. Kulit mengelupas pada bagian ujung jari mungkin saja dianggap normal karena proses pergantian kulit, namun jika diselingi dengan rasa gatal, perih, timbul ruam kemerahan dan membengkak, maka anda patut mewaspadai gejala tersebut.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Mengelupas

Ada begitu banyak penyebab dari mengelupasnya kulit tangan. Salah satunya ialah karena penggunaan detergen pada saat mencuci pakaian menggunakan tangan, dan juga bahan-bahan kimia yang kesehariannya kontak langsung dengan kulit. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja penyebab mengelupasnya kulit jari, mungkin rangkuman berikut bisa menjawab pertanyaan anda.
  • Penyakit iktiosis yang memang merupakan bawaan (faktor genetik) yang mengakibatkan kulit bersisik.
  • Infeksi jamur yang biasanya disebabkan kutu air. Menyebankan gatal, ruam dan luka pada sela-sela jari.
  • Eksim Atau Dermatis Kontak yang biasanya muncul ketika kulit melakukan kontak dengan bahan yang menyebabkan alergi. Salah satunya ialah bahan kimia yang sudah kami sebutkan tadi.
  • Keratosis aktinik yang merupakan penyakit kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari secara terus-menerus dan berakibat pada bercak, nyeri dan bersisik. Sinar UV juga bisa menjadi Penyebab Kanker Kulit, jadi patut juga kita waspadai.
Untuk pengobatan, biasanya diambil langkah dengan menerapkan obat anti-jamur, krim urea, krim natrium diklofenak, dan kortikosteroid. Namun penerapan harus disesuaikan dengan penyebab kenapa penyakit tersebut muncul. Tips untuk menghindari mengelupasnya kulit juga terbilang cukup sangat mudah, langkah sederhananya bisa menggunakan sarung tangan ketika mencuci, mengganti sabun dengan komposisi hipoalergenik (tidak menyebabkan alergi), dan hindarkan kulit dari sinar UV atau paparan sinar matahari langsung.

Penyelesaian diatas jika kulit kita terkena penyakit atau infeksi. Namun bagaimana jika pengelupasan kulit akibat hal biasa yang merupakan bentuk pergantian kulit? Ada cara tradisional yang bisa anda ambil dalam mengembalikan kehalusan kulit ketika sedang mengelupas. Yuk simak rincian singkat yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Mengelupas
1. Rendam Menggunakan Air Hangat
Air hangat sangat membantu dalam mengembalikan kelembapan kulit. Apalagi jika dipadukan dengan minyak zaitun dan madu sehingga memaksimalkan fungsi kelembapan dan mencegah kulit mengelupas kembali.

2. Mengolesi Kulit Dengan Minyak Zaitun
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi kulit kering karena akan selalu lembab dan terhindari dari mengelupas. Kandungan asam lemaknya cukup membantu menyelesaikan berbagai macam masalah kulit yang salah satunya bersisik dan mengelupas.

3. Menggunakan Olesan Mentimun
Sayur ini sangat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang intinya mempercepat proses regenerasi kulit. Manfaat lainnya ialah untuk mengatasi iritasi dan menjaga kulit tetap kencang serta halus.

4. Scrub Garam Untuk Kulit Mengelupas
Garam memang banyak digunakan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas khasiat garam dan disusul dengan mengeluarkan kotoran kuping dengan air garam. Tidak sampai disitu saja, melainkan kegunaan garam dicampur dengan jeruk nipis sangat membantu untuk mempercepat proses pergantian kulit. Padukan perasan lemon dan garam kemudian dioleskan pada telapak tangan.

5. Memanfaatkan lemon
Jenis jeruk yang satu ini sangat kaya antioksidan yang baik untuk perawatan kulit. Penerapan sangatlah sederhana, cuup oleskan perasan lemon dicampur dengan sedikit garam pada bagian tangan yang kasar dan mengelupas.

6. Menggunakan Susu hangat
Susu mempunyai kemampaun untuk menyembuhkan telapak tangan yang mengelupas. Caranya ialah rendam tangan pada baskom yang berisi susu hangat selama 5 menit tujuannya agar kulit tetap lembab dan membuat lebih halus. Lakukan cara ini secara rutin hingga didapat hasil.

7. Menggunakan Pelembap
Untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas, hand and body biasanya bisa dijadikan alternatif agar pengelupasan tidak berlanjut. Body lotion juga akan membuat tangan lebih lentur dan lembut sepanjang hari.

Demikianlah artikel Cara Mengatasi Telapak Tangan Mengelupas. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare agar postingan ini juga berguna untuk yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *