-->

Obat Herbal Untuk Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Obat Gatal Selangkangan banyak sekali dicari karena memang kebanyakan orang mengalami hal tersebut. Apalagi obat herbal yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar sehingga tidak membutuhkan biaya besar untuk memperolehnya. Sebelumnya kita perlu diketahui terlebih dahulu bahwa area ini sangatlah sensitif. Jadi perawatan yang diambil butuh langkah khusus agar penyelesaian lebih maksimal dan tentunya tidak muncul lagi rasa gatal yang sangatlah mengganggu. karena area kulit ini selalu dalam keadaan lembab, maka kita harus betul-betul memperhatikan kebersihannya agar tidak menjadi sarang dan pertumbuhan kuman dan bakteri. Apa saja penyebab dan cara mencegahnya? Serta adakah obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal pada selangkangan? Mungkin rangkuman berikut bisa membantu!

Obat Herbal Untuk Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Gatal Pada Selangkangan memang sudah umum terjadi. Tidak hanya pada kalangan remaja, cewek ataupun cowok. Hal ini karena disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling utama ialah ditimbulkan oleh pertumbuhan jamur yang terjadi diakibatkan oleh tidak bersihnya pakaian yang kita kenakan. Salah satunya ialah celana yang jarang dicuci dan lain sebagainya. Maka dari itu, langkah awal dalam melakukan penyembuhan pada gatal-gatal ialah dengan menjaga kebersihan badan dan pakaian.

Pada kalangan tertentu, gatal pada selangkangan bisa disebabkan oleh faktor genetik yang mempunyai kelainan seperti alergi. Beberapa jenis alergi ini tidak luput dari makanan yang kita konsumsi. Salah satu contohnya ialah udang, kepiting, telur, dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya. Dan ada beberapa kriteria orang yang sering mengalami gatal pada selangkangan tersebut seperti obesitas (kegemukan), Mudah berkeringat yang menjadikan daerah selangkangan selalu lembab, Sering mengenakan pakaian ketat, Bertukar sabun, alat kosmetik dan pakaian dengan orang lain, serta jenis-jenis faktor lainnya. Lihat Juga : Obat Herbal Hernia Tanpa Operasi Ampuh

Adapun penyebab umum yang mengakibatkan gatal pada selangkangan ialah :
  1. Terjadinya infeksi oleh jamur. Hal ini sangat sering terjadi apabila kita tidak rajin menjaga kebersihan pakaian. Kuman berupa jamur sangat senang berkembang pada kain yang selalu basah dan tidak dicuci. Sangat berdampak besar bagi anda yang mudah mengeluarkan keringat.
  2. Terjadinya alergi pada kulit. Dampak yang sering kelihatan ialah munculnya bercak yang mengakibatkan rasa gatal yang tidak terkira. Kadang reaksi ini juga berbarengan dengan gejala lain seperti pusing, mual, dll.
  3. Penyebab umum lainnya seperti scabies, intertrigo, bakteri dan bahkan penggunaan jenis kain pakaian yang tidak tepat.
Bagaimana cara mengatasi dan menyembuhkan gatal pada selangkangan?
Rasa gatal yang sangat mengganggu menggoda kita untuk selalu menggaruk. Sehingga mungkin saja terjadi luka dan mengeluarkan air. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika kita selalu mencari informasi yang tetap sehinga langkah yang kita ambil tentunya tidak salah dan memperoleh penyelesaian yang sekiranya tepat dan benar-benar membantu. Untuk mengatasi perasaan gatal ini, ada triks dan langkah sederhana yang bisa anda lakukan. Berikut tips singkatnya!
  • Gunakan Krim Atau Gel anti-biotik yang memungkinkan untuk membunuh jamur. Dalam hal ini anda sudah pasti tahu soalnya ada banyak sekali iklan di tv yang menyajikan obat ini. Penggunaan anti-jamur ini sangat berguna khususnya untuk mempercepat penyembuhan sehingga bisa meminimalisir rasa gatal.
  • Menggunakan Sabun Anti-gatal. Bahan ini bisa anda dapat diminimarket terdekat. Sabun ini berkhasiat untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan jamur pada selangkangan.
  • Minum Obat berupa pil atau kapsul. Dalam pengunaan ini lebih baik menggunakan resep dari dokter agar dosis yang dianjurkan lebih sesuai.
  • Gunakan bedak anti-gatal yang fungsinya untuk mengeringkan dan menghindari rasa gatal ketika berkeringat.
Adakah Obat Herbal yang bisa digunakan untuk mengobati gatal pada selangkangan?
Dalam hal ini jawabannya pasti ada. Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan dari bahan yang akan kita gunakan. Seperti bawang putih, daun siri dan lain sebagainya. Utamakan kandungan anti-biotik sehingga bisa berperan untuk menghambat atau bahkan membunuh bakteri. Silahkan baca dulu : 17 Obat Tradisional Penyakit Kulit. Beberapa bahan tersebut diantaranya :
  1. Daun Sirih. Selain mempunyai kandungan anti-biotik, rebusan daun sirih juga berguna untuk menjaga daerah kewanitaan. Khususnya dalam menghilangkan bau dan mencegah keputihan. Penggunaan cukup merebus daun sirih secukupnya kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh daerah yang ingin diobati.
  2. Lengkuas, Bawang Putih dan Cuka. Kupas lengkuas dan bawang putih secukupnya, haluskan dengan cara diulek atau ditumbuk kemudian dicampur dengan sedikit cuka. Untuk penggunaan cukup digosokkan atau dibubuhkan pada area kulit yang gatal.
  3. Asam Gelugur dan Asam Gendis. Sediakan bahan yang sudah disebutkan secukupnya kemudian tapalkan pada kulit yang gatal.
Tips Pencegahan agar tidak terjadi gatal pada selangkangan :
  • Pilihlah jenis pakaian yang terbuat dari bahan katun dan usahakan yang longgar (tidak terlalu ketat).
  • Hindari berbagi handuk atau pakaian dan juga sabun dengan teman lain.
  • Jagalah kebersihan dan cucilah pakaian tepat waktu. Jangan digunakan lagi jika sudah berkeringat atau basah. Terutama dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Usahakan keringkan selangkangan sesudah mandi dengan menggunakan handuk halus.
  • Hindari menggaruk selangkangan meskipun gatal, karena hanya akan memperparah keadaan.
  • Segerakan periksa atau konsultasi dengan dokter jika sudah bertambah parah.
Demikianlah artikel singkat mengenai Obat Herbal Untuk Mengatasi Gatal Pada Selangkangan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Sekian dari kami dan jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter