Manfaat Tanaman Sig-sag Bagi Kesehatan

Manfaat Sig-sag belum begitu umum diketahui oleh kalangan masyarakat. Sebab kebanyakan hanyalah digunakan sebagai pagar hidup yang merangkap untuk tanaman hias karena mempunyai bentuk bunga dan daun yang unik. Namun pada kesempatan kali ini, disini kami akan mencoba untuk menyajikan sebuah informasi terkait dengan khasiat tanaman sig-sag yang siapa tahu ada orang butuh sehingga bisa menambah wawasan seputar tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Manfaat Tanaman Sig-sag Bagi Kesehatan

Sig-sag yang juga dikenal dengan nama latin Euphorbia Tithymaloides L. adalah sejenis tanaman pagar yang mudah ditemukan pada Negara-negara beriklim tropis yang salah satunya ialah Indonesia. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan pohon lilin karena batang licin dan mempunyai getah putih yang menyerupai lilin. Kebanyakan dari beberapa jenisnya mempunyai kandungan racun berbahaya bagi tubuh, sehingga penggunaan sebagai obat ialah terbatas pada bagian luar tubuh saja. Jadi boleh dibilang butuh kehati-hatian untuk menggunakan getah sig-sag ini sebagai obat.

Deskripsi tanaman masih dibilang dalam klasifikasi kerajaan plantae. Ciri-ciri bisa dikenali dengan melihat batang yang setengah menjalar dengan bentuk zig-zag, berbelok-belok dan mempunyai banyak sekali percabangan. Ketingian batang rata-rata mencapai hingga 60cm dan berbentuk bulat berdaging warna hijau bening. Daunnya hijau tebal tunggal dengan pinggiran warna ungu. Sedangkan getah berwarna putih dan dari getah inilah diperoleh manfaat yang berkemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Apa saja sih Manfaat Tanaman Sig-sag Bagi Kesehatan? Yuk simak rangkuman berikut!
  1. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan panas atau demam.
  2. Bersifat antiinflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan (pembengkakan).
  3. Menghentikan pendarahan pada luka (mempercepat proses pembekuan darah).
  4. Obat herbal untuk mengobati gangguan kulit (gatal-gatal, korengan, kudis, dll).
  5. Menyembuhkan luka (bengkak) akibat gigitan atau sengatan serangga seperti kalajengking dan lipan.
  6. Mengurangi iritasi pada mata merah dan bengkak.
  7. Menetralkan racun (toksin) dalam tubuh.
  8. Obat alami untuk menyembuhkan patah tulang.
Semua manfaat diatas karena didukung dengan adanya kandungan senyawa kimia alami pada tanaman sig-sag. Beberapa kandungan tersebut berupa beta-sitosterol, eprifiedelanol acetat, dan i-dotriacontanol.

Resep penggunaan :
  • Obat Luar : Siapkan batang dan daun sig-sag, cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya bisa dibubuhkan pada area kulit atau luka yang ingin diobati.
  • Konsumsi : Sediakan sekitar 5gr batang dan daun penawar lilin (jangan berlebih). Rebus dengan 2 gelas air dan minum selagi hangat dengan menambah sedikit garam dapur.
Demikianlah artikel singkat mengenai Manfaat Tanaman Sig-sag Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna untuk orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare... Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *