Jamu Cekokan Untuk Menambah Selera Makan Anak

Jamu Cekokan memang tidak lekang oleh waktu, bahkan sampai saat ini penggunaan ramuan herbal ini masih eksis dan sering digunakan sebagai alternatif untuk mengobati demam, flu, sawan, batuk, menambah selera makan dan juga cacingan khususnya bagi kalangan anak balita ataupun yang masih bayi. Tidak beda dengan komposisi pembuatan jamu pahitan, dan kunyit asam. Jamu cekok juga memanfaatkan rimpang-rimpangan yang tentunya juga didukung dengan bahan lain seperti daun pepaya. Resep biasanya disesuikan dengan penyakit yang diderita oleh anak tersebut.

Jamu Cekokan Untuk Menambah Selera Makan Dan Cacingan Pada Anak

Cekokan merupakan istilah Jawa yang merupakan sebuah tradisi dalam meminumkan jamu pada kalangan anak. Berbeda dengan kalangan dewasa yang bisa dengan begitu mudah mengkonsumsi jamu, kalangan anak-anak lebih sulit apalagi rasa dari jamu tersebut pahit. Penerapan biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan kain halus seperti kerudung atau juga kain yang memudahkan keluarnya air perasan dari ramuan herbal yang dimaksud. Dan dengan teknik khusus supaya air mudah ditelan dan anak tidak tersedak.

Kalangan orang tua tentunya akan merasa khawatir jika anaknya sedang sakit. Sehingga berbagai macam cara akan dilakukan agar si anak cepat pulih dan sehat kembali. Salah satu kebiasaan yang sudah familiar dikalangan masyarakat desa diantaranya ialah metode cekok. Maka dari itu, tradisi ini masih bisa dikenal hingga sekarang. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar anak selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Pertama kita harus ketahui pencegahan dan penyebab dari jenis penyakit yang sering menyerang balita. Dalam hal ini kami sudah bahas pada artikel sebelumnya yaitu : Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Batuk Pada Anak Bayi Dan Balita

Nah, kembali pada pokok masalah. Jamu cekokan sendiri terbagi dalam beberapa varian rasa. Ada yang manis dan juga yang pahit. Namun kebanyakan tidak menggunakan gula sehingga rasanya masih alami dan mungkin anak akan menangis ketika meminumnya. Beberapa kebaikan dari jamu cekok juga sudah kami sebutkan diatas, tapi jika dikonsumsi oleh ibu maka dipercaya bisa melancarkan produksi dan keluarnya ASI.

Beberapa jenis jamu cekok bisa disesuaikan dengan penyakit yang terjadi pada sibalita. Nah bagaimana resep dan cara membuat jamu cekokan? Mungkin resep ramuan berikut bisa membantu!
  • Demam : Siapkan 2 ruas rimpang kunyit kemudian dicuci dan diparut. Tambahkan 1 kuning telur burung merpati dan aduk hingga rata. Taruh pada kain kemudian diperaskan langsung pada mulut sianak (jangan coba-coba jika tidak tahu tekniknya).
  • Menambah Selera Makan : Siapkan 1 ruas temulawak dan sedikit gula aren. Parut dan campur hingga rata selanjutnya tinggal gunakan langkah seperti resep pertama.
  • Batuk : Siapkan rimpang kencur sebanyak 2 ruas, parut dan minumkan.
  • Flu : Sediakan 1 ibu jari rimpang jahe dan 1 sdt gula merah. Parut dan tambah sedikit air kemudian minumkan.
=> Jangan Lupa lihat Juga : 9 Manfaat Jamu Anak Sehat SidoMuncul

Mungkin hanya itu saja ringkasan yang bisa kami bahas seputar Jamu Cekokan Untuk Menambah Selera Makan Dan Cacingan Pada Anak. Semoga bisa menambah wawasan dan informasi terkait dengan jamu tradisional. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *