Cara Mencegah Tetanus Dengan Pengobatan Alami

Cara Mencegah Tetanus memang bisa dilakukan dengan banyak metode. Dan beberapa cara tersebut bisa dilakukan dengan pengobatan herbal atau juga dengan penerapan vaksinasi guna berjaga-jaga dari kemungkinan tubuh terkena penyakit yang boleh dibilang cukup berbahaya tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba untuk memberikan informasi seputar tetanus dimana isi artikel ini membahas tentang apa itu tetanus, pencegahan dan juga pengobatan alternatif yang bisa digunakan. Untuk lebih rinci, yuk simak ringkasan dibawah berikut!

Cara Mencegah Tetanus Dengan Pengobatan Alami

Tetanus adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh tetanuspasmin yaitu neurotoksin yang menginfeksi sistem syaraf dan otot. Gejala ringan yang umum dirasakan biasanya bisa dikenali dengan terjadinya sebuah kejang atau kaku pada seluruh badan. Tetanus atau titanus juga disebut lockjaw yang berasal dari bahasa Yunani yaitu tetanis dari teinein yang berarti menegang. Penyakit ini merupakan infeksi disaat spasme otot tonik dan hiperrefleksia menyebabkan trimus (lockjaw), spasme otot umum, melengkungnya punggung (opistotonus), spasme glotal, kejang, dan paralisis pernafasan. Tips Kesehatan lainnya cek : Obat Herbal Dan Cara Menyembuhkan Suara Serak Atau Parau

Umumnya rakyat Indonesia mengenal tetanus karena disebabkan oleh benda tajam yang berkarat (besi berkarat), Padahal semua kemungkinan bisa terjadi, sebab virus atau kuman pemicu bisa saja terdapat pada sela kuku atau hal lainnya yang tidak terduga. Gejala awal mungkin hanya kejang, mulut kaku atau tidak bisa bergerak. Tapi jika tidak segera ditangani, maka tidak menutup kemungkinan juga akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Tetanus?
Jika dikutip dari wikipedia, menyebutkan bahwa melakukan vaksinasi lebih baik dari pada mengobati. Jadi intinya harus melakukn persiapan lebih matang dan berjaga-jaga agar tubuh kita tetap kebal akan segala serangan penyakit. Jika pada anak-anak, vaksin tetanus merupakan bagian dari Vaksin DPT (difteri, pertuisis, dan tetanus) dan pada dewasa dianjurkan menggunakan booster. Langkah-langkah dalam melakukan pencegahan diantaranya :
  1. Melakukan pembersihan luka dengan seksama, dan jika merupakan luka tusukan, usahakan mengeluarkan darah hingga benar-benar terjamin bersih. Atau jika tidak paham mungkin jalan utama ialah dengan membawa pada dokter.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan dan perabot yang digunakan dirumah.
  3. Hindari menggunakan barang yang tidak terjamin kebersihan serta kesterilannya. Intinya jangan melakukan tindakan sendiri jika terkena luka.
Bagaimana Cara Mengobati Tetanus?
Guna menetralisir racun, mungkin bisa diberikan immunoglobulin tetanus. Sedangkan untuk mencegah pembentukan racun bisa dengan pemberian antibiotik berupa tetrasiklin dan penisilin. Sedangkan untuk perawatan pasien, asupan makanan diberikan dengan menggunakan selang infus (nasogastrik). Untuk mengurangi nyeri bisa dengan kodein serta obat-obatan lainnya sebagai pendukung untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Adakah Obat Herbal Alami untuk tetanus?
Nah ini mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif guna menyembuhkan penyakit tetanus. Namun disini kami tidak menjamin sebab hanya merangkum dari beberapa sumber yang belum tentu bisa dipercaya 100%. Maka dari itu, guna penanganan yang lebih serius ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Adapun resep herbal tetanus tersebut diantaranya :

Resep Obat Herbal Tetanus :
  1. Bahan yang dibutuhkan diantaranya : 3 jari asam trengguli, 10 lembar daun sembung, 3 jari gula enau, 1/2 rimpang bangle, 2 ruas rimpang cekur, dan 5 lembar daun ngokilo. Cara Pembuatan : Cuci bersih semua bahan kemudian dipotong tipis (kecil-kecil). Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Selanjutnya bisa disaring dan minum 3x sehari masing-masing 1 gelas.
  2. Bahan : 1/2 genggam daun jinten, 2 ruas rimpang cekur, 18 lembar daun ngokilo, 3 jari gula aren. Peramuan : Cuci semua bahan, tumbuk kasar kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Selanjutnya bisa lihat langkah pada resep pertama.
Tips Lain yang mungkin ingin anda ketahui : Cara Mengobati Diare Dengan Penanganan Sendiri Dirumah

Demikianlah bahasan singkat seputar Cara Mencegah Tetanus Dengan Pengobatan Alami. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan Lupa di share ya... Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *