-->

Obat Herbal Penurun Panas Demam Pada Bayi Dan Anak

Obat Penurun Demam Alami pada bayi dan anak memang menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan. Sebab tidak dipungkiri bahwa masalah ini bisa terjadi pada siapa saja apalagi bagi kaum bunda yang baru pertama kali mengalami hal ini. Memang anak kecil atau bayi lebih rentan sakit daripada kalangan dewasa. Sebab jika dibandingkan, daya tahan si kecil masih lemah dan butuh sokongan untuk menjaga kesehatan si buah hati tersebut. Maka dari itu, bunda harus teliti dan selalu mawas diri, entah itu menjaga pola makan ataupun siaga dari lingkungan yang kurang sehat.

Obat Herbal Penurun Panas Demam Pada Bayi Dan Anak

Pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan solusi mengenai Obat herbal penurun demam pada bayi dan anak. Sehingga bunda bisa lebih tenang dan mempunyai lebih banyak referensi dalam memberikan terapi terbaik dalam mengobati sikecil yang sedang sakit. Ada beberapa ramuan herbal yang bisa bunda gunakan. Dan mungkin salah satunya bisa membantu!

Sebelumnya bunda harus mengawali dari diri bunda sendiri, sebab pola makan yang benar dan mengkonsumsi jamu bisa dilakukan oleh bunda. Baik sekali untuk ibu yang sedang menyusui karena jika tidak dijaga maka mungkin akan berimbas buruk pada sikecil. Nah untuk menurunkan demam pada anak, bisa menggunakan dua cara yaitu diminumkan dan dibalurkan. Atau juga bisa dengan cara dijadikan kompres. Apa saja sih bahan herbal tersebut? Untuk lebih jelasnya, Yuk langsung saja pada topik.

5 Obat Herbal Penurun Panas Demam Pada Bayi Dan Anak :
  1. Temulawak : Dari kesekian banyaknya bahan herbal, temulawak mempunya senyawa yang sangat baik bagi anak-anak terutama dalam meningkatkan selera makan. Cocok untuk bayi atau anak yang masih dalam tahap masa pertumbuhan. Selain itu, kandungan temulawa juga bersifat dingin yang bisa digunakan untuk menurunkan panas. Bagaimana caranya? Parut 1 ruas temulawak yang sudah dicuci bersih, saring dan tambahkan 5 sdm air hangat. Campur juga dengan 1sdt madu kemidan minumkan dengan cara menggunakan kain halus atau sendok kecil.
  2. Kunyit : Kandungan bahan ini juga bersifat antipiretik yang fungsinya bisa mengurangi suhu tubuh yang tinggi. Selain itu juga kaya akan antibiotik dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Cara meracik sangatlah sederhana, cukup parut dan peras 1 ruas rimpang kunyit dan campurkan 1sdt madu dan perasan jeruk nipis. Selanjutnya minumkan pada sibuah hati. Dipedesaan kalangan masyarakat juga menambahkan telur burung merpati.
  3. Bawang Merah : Siapa sangka jika bumbu dapur yang satu ini mempunyai manfaat yang cukup besar. Tidak hanya bagi kalangan anak-anak saja, melainkan bawang merah ini juga bersifat antibakteri yang cukup baik untuk tubuh. Cara membuatnya mudah sekali. Haluskan bawang dengan cara diulek, kemudian campurkan sedikit minyak kelapa. Aduk hingga rata kemudian dibalurkan pada tubuh anak yang demam.
  4. Daun Bidara : Tanaman tropis ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Menurut kepercayaan, daun bidara juga bisa menangkal ilmu hitam. Terus bagaimana cara menggunakannya? Cukup siapkan daun bidara muda yang masih segar sekitar 1 genggam, dan 1 ibu jari rimpang kunyit. Tumbuk kedua bahan hingga halus dan tempelkan pada kepala tepatnya pada area atau kening. Bentuk lingkaran terlebih dahulu sebelum ditempel.
  5. Lobak Putih : Bahan ini sangat jarang dan mungkin sulit didapat. Tapi cara menggunakannya sama persis dengan manfaat daun bidara diatas.
Sebenarnya untuk sekarang sudah ada alat kompres yang praktis dan bisa dibeli dengan mudah di apotik. Tapi jika anda dalam posisi yang sulit, maka tidak ada salahnya jika mencoba beberapa resep diatas. Namun alangkah baiknya jika dikonsultasikan pada bidan atau rujuk pada puskesmas terdekat.

Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Obat Herbal Penurun Panas Demam Pada Bayi Dan Anak. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share,,, Terima kasih! (Baca Juga : Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Cacar air)

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter