Manfaat Dan Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan

Manfaat Pletekan memang sudah umum digunakan sebagai obat herbal oleh sebagian kalangan masyarakat di pedesaan. Namun ada juga yang tidak percaya dan bahkan menganggap tanaman ini hanyalah gulma yang mengganggu tanaman lain seperti terong, cabe dan lain sebagainya. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, khasiat pletekan bisa menyembuhkan kencing manis (diabetes), luka, dan ampuh untuk mneghancurkan batu ginjal. Jadi diambil kesimpulan bahwa tumbuhan gulma ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk dunia pengobatan herbal pendukung jamu atau ramuan lain.

Manfaat Dan Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan

Pletekan ini merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Ruellia Tuberosa L.. Termasuk jenis rumput dan banyak ditemukan daerah sekitar seperti pinggiran sawah, ladang, pekarangan dan pinggiran jalan. Tanaman ini juga sering dijadikan pakan ternak jika musim hujan datang dikala rumput sulit untuk didapat. Karena penyebarannya sangatlah luas, ada beberapa nama lokal yang berbeda pada setiap wilayahnya. Pletekan juga dikenal dengan sebutan ceplesan, tek-lette'an, ceplikan, bunga rumpai, ptetekan, dan pletikan.

Ciri-ciri dari tanaman ini yaitu pada hidupnya yang bergerombol membentuk semak. Batang kecil dengan ketinggian 30cm dengan warna kecokelatan. Daunnya agak lebar berdiameter 5cm dan berwarna hijau muda. Sedangkan bunga putih berbalut ungu dan buahnya berwarna cokelat kehitaman jika sudah tua dan kering.

Kandungan senyawa pada tanaman pletekan berupa saponin, polifenol dan flavonoid. Dari ketiga zat inilah pletekan mempunyai fungsi yang cukup baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya sudah kami rangkum dibawah ini!

Manfaat Dan Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan :
  1. Menyembuhkan diabetes (kencing manis) karena berkemampuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
  2. Menghancurkan batu ginjal atau obat alternatif untuk pendertia kencing batu.
  3. Mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka (borok) yang sudah tahunan.
Jika mengetahui adanya manfaat seperti yang sudah kami sebutkan diatas, pastinya anda juga akan bertanya tentang bagaimana cara menggunakan dan mengolah pletekan sebagai obat. Jadi untuk lebih detailnya, kami sudah menyertakan resep sederhana yang bisa sobat baca dibawah ini!
  • Diabetes (kencing manis) : Sediakan 15gr daun pletekan yang masih segar. Cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan berubah warna. Saring kemudian minum 2x sehari @ 1 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Luka atau Borok : Haluskan daun pletekan secukupnya dan tapalkan pada luka yang kemudian dibalut dengan kain halus. Untuk hasil yang lebih maksimal, ganti tapal tersebut sehari 1x.
Perlu diketahui juga bahwa tidak dianjurkan menggunakan herba ini dalam jangka waktu yang relatif lama (jangka panjang) karena bisa berdampak pada kinerja hati dan ginjal. Hal ini karena adanya kandungan senyawa senobiotik yang mengganggu kinerja organ yang sudah kami maksud. Tapi jika hanya pemakaian luar seperti obat luka, kami rasa aman-aman saja.

Demikianlah artikel singkat mengenai Manfaat Dan Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *