-->

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Antibiotik

Penggunaan antibiotik memang bisa mendatangkan keuntungan bagi kita. Sebab bisa mencegah atau bahkan mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman dan mikroba lain yang menggagu kinerja organ tubuh kita. Namun jika pemakaiannya tidak tepat, maka juga akan menimbulkan efek samping yang berakibat sangat fatal atau bisa juga menyebabkan komplikasi karena daya tahan tubuh menurun. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan mengenal lebih dekat tentang apa itu antibiotik, kali ini kami akan mencoba untuk menjabarkan secara ringkas mengenai manfaat da kegunaan antibiotik bagi kesehatan tubuh serta efek samping apa saja yang merugikan kesehatan karena penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Ketahui Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Antibiotik

Perlu diketahui, antibiotik adalah salah satu jenis obat-obatan yang dipakai untuk mengobati gejala infeksi yang bisa saja disebabkan oleh bakteri, kuman, atau virus yang merugikan. Cara kerjanya pun sangat sederhana  yaitu menghambat pertumbuhan dan bahkan membunuh bakteri jahat tersebut. Biasanya obat ini digunakan untuk mencegah infeksi luka sehabis operasi, sakit gigi, atau penyakit lain yang berhubungan dengan kulit seperti contohnya bisul dan jerawat jika tergolong dalam dunia kecantikan. Beberapa dari jenisnya juga ampuh untuk membunuh jamur dan bisa dijadikan penawar racun. Meski begitu, antibiotik tidak sepenuhnya ampuh untuk semua penyakit, sebab untuk virus flu, masuk angin, sakit tenggorokan dirasa penggunaannya kurang efektif.

Nah untuk lebih lanjut, Apa saja keuntungan atau manfaat penggunaan antibiotik?
  1. Membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri merugikan.
  2. Mengobati infeksi pada saluran kemih (ginjal,dll).
  3. Menyembuhkan infeksi yang diakibatkan kuman dan jamur pada kulit.
  4. Obat untuk terapi penyembuhan jerawat.
  5. Sebagai obat terapi penyembuhan keracunan darah atau yang lebih dikenal dengan septicaemia.
  6. Dan manfaat lain yang masih berkaitan dengan infeksi dan kuman atau bakteri.
Apa saja kerugian atau efek samping yang diperoleh jika salah sasaran?
  1. Mengganggu atau bahkan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya akan lebih mudah terserang penyakit.
  2. Berdampak terjadinya kelainan pada organ hati.
  3. Menimbulkan gangguan dan kelainan pada sel darah.
  4. Mengalami gangguan pada berbagai sistem tubuh khususnya pencernaan.
  5. Meningkatkan resiko alergi dan juga gangguan jantung.
  6. Terparah ialah bisa menyebabkan kematian.
Jika dilihat dipasaran, terdapat banyak jenis obat antibiotik dengan berbagai varian. Salah satunya ialah berupa pil atau kapsul, salep dan bahkan melalui suntik. Dan kesemua penggunaan dari obat tersebut haruslah dengan porsi dan ketentuan yang tepat sesuai kebutuhan. Jadi intinya, anda harus mengkonsultasikan terlebih dahulu mengenai penyakit yang anda derita, sehingga dokter akan memberikan arahan serta resep yang mengena dan tepat menurut dengan gejala dan keluhan yang anda rasakan.

Nah demikianlah artikel singkat mengenai Ketahui Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Antibiotik. Semoga apa yang kami tulis disini bisa memberi pencerahan dan pengetahuan yang lebih lengkap serta sesuai dengan apa yang anda harapkan. Jangan lupa dishare jika artikel ini dirasa membantu! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter