-->

Cara Berkumur Yang Baik Dan Benar

Berkumur adalah salah satu langkah dalam menjaga kebersihan mulut. Tidak hanya sikat gigi saja, melainkan juga kumur-kumur adalah langkah akhir dalam proses sikat gigi. Nah untuk belajar dan memberi sedikit penjelasan mengenai langkah yang dimaksud, maka tidak ada salahnya jika disini kami memabahas sedikit tutorial sederhana yang mungkin saja bisa membantu dalam pembelajaran dan sedikit anjuran tentang bagaimana melakukan kumur-kumur yang benar dan tentunya dengan proses sederhana namun bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Cara Berkumur Yang Baik Dan Benar

Kumur-kumur memang bukan menjadi kegiatan rutin bagi setiap orang. Adakalanya sebagian orang tidak menyikat gigi atau bahkan tidak membersihkan mulut sama sekali. Tapi jika dipikir dalam jangka panjang, hal ini sangatlah tidak baik karena bisa menyebabkan kerusakan pada gigi karena adanya bakteri dan juga bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Nah oleh karena itu, mari kita belajar dan mengetahui apa saja tahap-tahap berkumur yang benar dan tentunya juga baik untuk dilakukan sehingga kotoran sisa makanan bisa bersih secara total.

Bagaimana sih cara menerapkan ca berkumur yang benar?
  1. Pertama ialah anda harus menyediakan gelas atau cangkir khusus yang bisa digunakan untuk alat berkumur. Sebab dengan wadah yang khusus akan menghindarkan perpindahan bakteri dari mulut kebotol obat kumur. Jadi akan lebih aman dan higienis.
  2. Taungkan obat kumur secukupnya pada gelas, usahakan sedikit saja agar tidak berlebih dan sayang kalau sisa obat tersebut dibuang.
  3. Masukkan cairan sedikit demi sedikit kedalam mulut dan gerakkan pada seluruh area ruang didalam mulut. Dan coba kembung kempeskan pipi akan penyebarannya lebih merata.
  4. Angkat kepala namun jangan sampai air kumur tertelan. Caranya yaitu dengan menutup pintu kerongkongan agar air tidak terminum. Hal ini tentunya terkait dengan membersihkan bakteri pada kerongkongan yang merupakan pemicu sakit tenggorokan.
  5. Selanjutnya tinggal muntahkan cairan pada westafel atau tempat yang sekiranya bisa disiram.
Bagaimana cara memilih cairan berkumur yang tepat? Untuk jawaban pertanyaan ini, sebenernya sangat simple saja. Memang dipasaran sudah banyak diperjual belikan obat kumur yang bisa dengan mudah kita dapat. Namun bahan tersebut juga mengandung alkohol yang tentunya bisa menyebabkan efek samping jika kita tidak menggunakannya secara bijak dan tepat. Apa ada obat kumur yang bisa dibuat sendiri? Jelas ada, berikut rinciannya!
  1. Air garam : Bahan ini terbukti sangat ampuh dalam membunuh bakteri dan mencegah dari terjadinya infeksi khususnya pada saluran pernafasan. Caranya dengan menyeduh garam dengan air hangat kemudian gunakan sebagai obat kumur. Air garam juga bisa meringankan sakit gigi serta melawan sakit tenggorokan.
  2. Baking Soda : Bahan ini mengandung potassium yang berfungsi sebagai pembersih mulut dan juga digunakan untuk mencuci perabot rumah. Dengan campuran yang tepat yaitu 1sdt baking soda beserta 4 gelas air, maka juga bisa langsung digunakan sebagai obat kumur. Untuk hasil maksimal anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti daun mint sebagai pemberi aroma.
  3. Lemon dan madu : Berbeda dengan yang lain, ramuan ini bisa juga diminum dan aman bagi kesehatan. Namun untuk digunakan sebagai obat kumur, dibutuhkan racikan yang tepat yaitu mencampur 1sdm perasan jeruk lemon dan madu dengan 150cc air. Aduk dan bisa langsung diterapkan.
Sedikit tips dalam menerapkan langkah-langkah berkumur yang benar!
  • Pilihlah pembersih mulut yang aman dan dengan rasa favorit atau yang anda sukai. Karena sekarang obat kumur sudah tidak kalah dengan minuman penyegar sachetan.
  • Usahakan tidak berkumur terlalu lama dan porsi air terlalu banyak. Sebab hal itu hanya akan menyebabkan anda tersedak.
  • Alangkah baiknya sikat gigi terlebih dahulu agar hasil dari kumur bisa maksimal dan bersih total.
Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Berkumur Yang Baik Dan Benar. Semoga bisa membantu dan tentunya berguna bagi khalayak ramai. Sekian dan salam sehat ya...!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter