-->

5 Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jarak memang sudah digunakan secara turun-temurun untuk dunia pengobatan herbal. Khasiatnya dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan demam dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, kali ini kami akan mencoba berbagi mengenai informasi yang membahas mengenai kandungan dan kegunaan daun jarak bagi kesehatan tubuh kita. Untuk mempersingkat waktu, yuk langsung saja kita simak rangkuman singkat dibawah ini!

5 Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Jarak (Nama latin : Ricinus communis L.) adalah sejenis tumbuhan semak perdu yang sering tumbuh liar dan juga dijadikan tanaman pagar. Namun belakangan ini sudah banyak yang membudidayakan guna memenuhi kebutuhan minyak dari hasil ekstrak tanaman untuk obat herbal yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Beberapa nama lokal mungkin saja bisa berbeda pada setiap wilayah. Salah satu contohnya ialah : Kaliki (Jawa), Klekeh (Madura), Dan dulang atau gloah pada daerah Sumatera.

Sedangkan untuk ciri morfologi, jarak mempunyai pohon yang permukaan kulitnya licin, daun berseling berbentuk bulat, buah bulat bertumpu pada tandan, dan bentuknya sedikit lonjong atau memanjang. Lebih detailya silahkan sobat cek saja cuplikan yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada pohon jarak? Sebelumnya kami sudah membahas pada postingan Manfaat Daun Jarak Merah. Dan hasilnya pun tidak jauh beda. Tapi untuk melnegkapi artikel yang kami tulis ini, ada baiknya jika kami juga lampirkan beberapa kandungan kimia alami pada tanaman jarak. Pada batang, jarak mempunyai kandungan berupa tanin, resin, malam dan saponin. Daun mempunyai senyawa sitosterol, teraksol, kaemfesterol, amirin dan stigmasterol. Pada getah terdapat flavonoid, jatrophie dan saponin. Dan yang terakhir pada biji ditemukan senyawa curcin, nitrogen, kalium, fosfat, glukanase, dan toksalbumin.

5 Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan :
  1. Menguragi nyeri dan ngilu pada sakit gigi. Bahan yang bisa digunakan ialah pada getahnya yang kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Hati-hati dalam penerapan karena getah ini bisa menyebabkan gigi rapuh dan mudah patah.
  2. Mengatasi masalah sistem pencernaan yang terkait dengan pencegahan sembelit atau susah BAB. Cara menggunakan ialah dengan merebus dan mengukus daun jarak yang masih muda kemudian makan sebagai sayur lalapan.
  3. Menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit yang salah satunya ialah korengan, porak, kudis, dll. Cara menggunakan ialah dengan mengoleskan minyak jarak pada area kulit yang ingin diobati atau yang sering gatal. Minyak ini biasanya didapat dari ekstrak biji.
  4. Menurunkan demam atau panas pada anak. Caranya yaitu dengan mengambil daun jarak muda kemudian dioles dengan minyak goreng secukupnya. Layukan atau panaskan pada kompor atau lilin kemudian tempelkan pada kulit perut, punggung dan kaki.
  5. Meringankan gejala rematik dan nyeri pada persendian. Cara menggunakan ialah dengan menghaluskan daun jarak yang masih muda kemudian dicampur dengan minyak kayu putih, Oleskan atau tapalkan pada area lutut atau sendi yang ingin diobati.
Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan temen yang lain ya..! Atau paling tidak di like juga tidak apa-apa. Terima kasih dan salam sehat selalu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter