20 Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Bambu memang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat dipedesaan. Umunya daun bambu ini banyak dijadikan sikat atau pembersih gigi alami yang memang memberi hasil yang sesuai dengan keinginan. Namun penggunaan daun ini tidak bisa dalam jangka panjang sebab menjadikan gigi lebih tipis dan terkikis. Namun yang menjadi bahasan kali ini adalah : Apa saja khasiat daun bambu untuk kesehatan? Jika dijawab singkat, daun bambu berkemampuan menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya ialah asam urat, menurunkan kolesterol jahat, menunda penuaan dini, dan berfungsi untuk memperlancar saluran kemih. Dan untuk mendapat informasi yang lebih lengkap dan mendetail, maka kami akan mencoba merangkum beberapa ketrangan ringkas yang membahas mengenai kandungan senyawa dan manfaat daun bambu bagi kesehatan tubuh kita.

20 Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Siapa sih yang tidak kenal dengan bambu. Yupz, bambu adalah sejenis rumput berukuran besar yang mempunyai ruas pada batangnya. Kebanyakan dari kalangan masyarakat menggunakan batang bambu untuk perabot rumah, rebung (akar tunas bambu muda) untuk sayur, dan daunnya sebagai pakan ternak dikala musim penghujan tiba. Tapi siapa sangka, jika dibalik daun bambu juga tersimpan khasiat yang mungkin tidak banyak orang yang tahu. Sehingga daun ini hanya dibiarkan berserakan dan mungkin hanya dibakar atau dibuang begitu saja. Padahal jika kita lebih kreatif, daun bambu bisa kita jadikan pupuk kompos dan daun segar juga bisa dijadikan obat yang berguna untuk mengobati penyakit dalam tubuh kita.

Jika memang benar daun bambu bisa dijadikan obat, apa saja sih kandungan senyawa pada daun bambu? Pertanyaan ini pasti akan muncul dibenak sobat. Oleh sebab itu, kami juga melampirkan infromasi yang kami dapat dar berbagai sumber dan kemudian menulis kembali disini. Dari situs sumber tersebut, diperoleh beberapa daftar zat senyawa yang terdapat pada daun bambu. Diantaranya zat hijau daun (klorofil), asam amino, flavonoid, polisakarida, dan beberapa vitamin.

20 Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mempunyai sifat diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih.
  2. Sumber antioksidan yang berperan untuk menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  3. Mengembalikan tenaga atau stamina tubuh, baik dikonsumsi oleh kalangan pekerja keras yang kebanyakan mengeluh akan rasa capek, lelah dan pegal linu.
  4. Melancarkan menstruasi pada kalangan wanita yang haidnya tidak teratur.
  5. Memutihkan gigi secara alami dan mudah.
  6. Menunda penuaan dini yang terkait dengan pengeriputan kulit, garis halus dan kulit kering.
  7. Menyebuhkan luka atau borok yang berkepanjangan.
  8. Menyembuhkan dan mengurangi gejala asam urat.
  9. Memperbaiki dan memperbarui trombosit atau sel darah merah yang rusak.
  10. Mencegah tubuh kekurangan cairan atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi.
  11. Mendukung kinerja organ hati dan ampuh untuk menetralkan racun dalam tubuh.
  12. Mengobati sesak nafas atau asma.
  13. Obat cacingan alami (fungsi ini berguna untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh. Baik dikonsumsi oleh kalangan anak-anak guna mencegah dan mengatasi cacingans sehingga proses pertumbuhan berjalan normal).
  14. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  15. Mengatasi perut kembung dan masuk angin. Karena daun bambu bermanfaat untuk mengeluarkan angin sehingga terhindar dari begah.
  16. Meningkatkan kesehatan organ limpa.
  17. Mengatasi masalah yang berkaitan dengan kinerja jantung, sehingga jantung lebih sehat.
  18. Mengurangi resiko terkena stroke.
  19. Meringankan sakit tenggorokan.
  20. Obat herbal untuk menyembuhkan batuk yang ampuh untuk mengeluarkan dahak.
Resep dan cara menggunakan daun bambu untuk obat :
  1. Melancarkan Haid : Siapkan sekitar 1 genggam daun bambu muda (masih segar). Cuci bersih kemudian tumbuk halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum 2x sehari dengan porsi 1 cangkir untuk 1x minum.
  2. Obat luka : Haluskan daun bambu yang sudah dicuci. Kemudian tapalkan atau balutkan pada luka.
  3. Asam Urat : Jemur daun bambu muda yang masih belum mekar (kuncup) hingga kering. Tumbuk kasar kemudian seduh atau rebus dengan air secukupnya. Saring dan minum selagi hangat.
  4. Cacingan : Siapkan daun bambu muda kemudian remas hingga lecek. Rebus atau seduh dengan air mendidih secukupnya. Saring dan minum.
  5. Memutihkan Gigi : Ambil daun bambu secukupnya, remas dan gosokkan pada gigi.
Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang 20 Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *