17 Manfaat dan Khasiat Daun Kentutan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kentutan memang sudah diketahui sejak dahulu kala. Umumnya tanaman ini digunakan sebagai obat sakit perut, kembung, cacar, eksim, sariawan dan gatal-gatal pada kulit. Jadi tidak heran meski mempunyai aroma yang cukup menyengat dan tidak sedap, namun khasiat dibaliknya boleh dibilang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, karena aroma atau baunya yang hampir sama dengan kentut, tanaman ini dinamakan dengan daun kentutan.

17 Manfaat dan Khasiat Daun Kentutan Untuk Kesehatan

Daun kentut mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Paederia foetida L. Tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan keluarga Rubiaceae dan mudah ditemukan pada lingkungan sekitar khususnya dipekarangan, pagar, dan tanah lapang yang tidak dimanfaatkan seperti ladang dan pinggiran sawah. Daun kentut juga sering diolah menjadi sayur dan olahan jamu herbal yang kaya akan khasiat guna meningkatkan kesehatan. Beberapa nama lokal dari tanaman ini juga sering disebut dengan ksembuk'en, kahitutan, kasembukan, Ji shi teng, dan gumi siki.

Mengenai ciri, daun kentut hidup dengan baik didaerah tropis, batang menjalar dengan ketinggian hingga 6m (tergantung dengan media atau pohon yang dijalari). Daun hampir menyerupai kangkung dengan warna hijau lanset, bulat telur serta meruncing pada bagian ujung. Perbungaan warna putih keunguan dan aroma atau bau daun sangatlah  menyengat. Namun diberbagai daerah batang juga dimanfaatkan sebagai tali yang sangat kuat.

Apa saja kandungan senyawa pada daun kentut?
Jika dikutip dari berbagai sumber yang kami ambil, daun ini memiliki kandungan berupa Arbutin acid, Asperuloside, Deacetylasperuloside, Gama-sitosterol, Paederosid, Paederosidic acid, dan Scandoside. Dari senyawa inilah diperoleh manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Untu rangkuman lebih detail, yuk baca keterangan berikut!

17 Manfaat dan Khasiat Daun Kentutan Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat Karminatif yang bisa meluruhkan kentut (malancarkan kentut). Khususnya untuk kembung dan sakit perut.
  2. Bersifat analgesik yang ampuh untuk meredakan rasa nyeri.
  3. Meringankan gejala sariawan seperti sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah.
  4. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah yang terkait dengan pencegahan hipertensi.
  5. Menyembuhkan keluhan penyakit yang berhubungan dengan lambung.
  6. Menjaga dan melancarkan sistem pencernaan khususnya diare dan sembelit.
  7. Obat herbal untuk menyembuhkan cacar ular (Herpes Zooster).
  8. Obat terapi untuk meringakan nyeri syaraf.
  9. Bersifat diuretik yang bisa meluruhkan atau melancarkan saluran kemih.
  10. Menjaga kesehatan empedu, usus dan ginjal.
  11. Mengobati batuk dan melegakan sistem pernafasan.
  12. Menetralkan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem ekskresi.
  13. Menambah selera makan yang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang masih dalam tahap penyembuhan (habis sakit).
  14. Bersifat anti-inflamasi yang mencegah radang atau bengkak pada mata.
  15. Mengatasi gatal-gatal atau eksim pada kulit.
  16. Obat alami untuk menyembuhkan radang telinga.
  17. Menyembuhkan disentri serta mencegah gejala wasir.
Jika dilihat dari kumpulan manfaat diatas, masih ada tanda tanya yang perlu dibahas dan dijawab. Bagaimana resep dan cara mengolah daun kentut untuk obat? Berikut rinciannya!
  • Sakit perut / kembung : Penggunaan cepat bisa menggunakan batang yang masih muda dan digunakan sebagai sabuk. Tapi untuk konsumsi bisa bisa juga dengan mengukus daun dan dimakan sebagai lalapan.
  • Cacar Ular (Herpes Zooster) : Tumbuk daun dan tambahkan sedikit garam yang selanjutnya dibalurkan pada kulit yang ingin diobati.
  • Gatal dan Eksim : Haluskan beberapa lembar daun kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin disembuhkan.
  • Radang Telinga : Haluskan daun kentut dengan cara ditumbuk, tambah sedikit air, saring dan peras. Selanjutnya gunakan air tersebut sebagai obat tetes telinga.
  • Mata yang panas dan bengkak : Rebus daun kentut secukupnya dengan sedikit air hingga mendidih. Tunggu hangat kemudian bungkus dengan kain dan tempelkan pada area mata.
  • Sakit lambung yang melilit : Tumbuk daun dan tambahkan sedikit air hangat dan garam dapur. Peras kemudian minum.
  • Sariawan : Haluskan 1 genggam daun kentut, 5 ruas rimpang kunyit  dan3 ruas rimpang temulawak dengan cara ditumbuk. Rebus dengan air hingga mendidih dan saring. Minum ramuan tersebut selagi hangat.
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami tulis mengenai 17 Manfaat dan Khasiat Daun Kentutan Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna dan jangan lupa dishare jika artikel ini membantu! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *