-->

10 Manfaat dan Khasiat Daun Bunga Rosemary Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Bunga Rosemary umumnya dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan rematik dan flu. Namun selain itu juga tersimpan jutaan fungsi yang kesemuanya terkait dengan kesehatan dan juga kecantikan. Maka dari itu, untuk postingan kali ini kami akan mencoba untuk menerangkan mengenai apa itu bunga rosemary dan apa saja kandungan senyawa alami didalamnya. Di Indonesia mungkin bunga ini sangat jarang dan mungkin terbilang sulit untuk mendapatkannya. Namun ada juga yang membudidayakan serta menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias sekaligus apotik hidup.

10 Manfaat dan Khasiat Daun Bunga Rosemary Untuk Kesehatan

Bunga Rosemary mempunyai nama latin Rosmarinus officinalis L. dan pemanfaatannya sering dijadikan teh atau bahan makanan. Tanaman ini tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan family lamiacea. Karena bentuk bunga yang unik dan aroma sangat harum, jadi tidak heran jika tanaman hias ini dijadikan penambah aroma pada berbagai ramuan herbal atau juga makanan berupa kue serta minuman.

Ciri dan deskripsi tanaman ialah daunnya sangat kecil namun tebal memanjang. Warna bunga bervariasi yang merupakan campuran putih, pink, ungu, dan juga biru. Merupakan tanaman asli Mediterania dan untuk sekarang sudah menyebar luas hingga Asia dan Australia.

Apa saja kandungan pada bunga rosemary?
Dari sumber yang kami baca, ada beberapa nilai gizi juga seperti kalsium, zat besi, Vitamin B6, serta minyak atsiri yang kesemuanya mempunyai kemampuan masing-masing dibidang kesehatan. Dan untuk lebih menyingkat waktu, berikut beberapa rincian singkat yang mungkin bisa membantu!

10 Manfaat dan Khasiat Daun Bunga Rosemary Untuk Kesehatan :
  1. Menjadikan kulit kepala lebih sehat serta mendukung pertumbuhan rambut lebih lebat dan sehat. Hal ini karena dengan mengoleskan minyak bunga rosemary pada kulit kepala akan menjadikan peredaran darah menjadi lebih lancar. Terkait untuk pencegahan gatal, ketombe dan menunda rambut memutih (uban).
  2. Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta gigi. Manfaat lainnya berpengaruh pada pencegahan osteoporosis (pengeroposan tulang dan gigi).
  3. Menjaga sirkulasi darah tetap lancar sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi (Hipertensi).
  4. Bersifat anti-kanker yang berfungsi untuk menangkal pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Khususnya bagi kanker payudara, usus, prostat, kanker darah (leukimia) dan kanker kulit.
  5. Meregenerasi sel otak yang rusak karena penuaan. Terkait juga untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.
  6. Menunda penuaan dini khususnya dalam menghilangkan kerutan pada kulit dan wajah. Sehingga keriput sedikit demi sedikit akan tersamarkan.
  7. Meringankan kram pada perut dan rasa nyeri yang disebabkan oleh menstruasi serta gangguan pada sistem pencernaan.
  8. Menjaga kebersihan wajah yang mencegah timbulnya flek hitam, jerawat serta komedo. Hal ini karena bunga rosemary mempunyai kandungan anti-aging yang memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel kulit mati.
  9. Mengurangi gejala rematik dan juga nyeri pada persendian.
  10. Obat herbal untuk mengobati flu serta gejala seperti meriang dll.

Peringatan!!!
Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi ramuan dari bunga rosemary, karena ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti kontraksi sebelum waktunya. Serta dilarang juga konsumsi dalam jumlah atau porsi besar sebab akan berakibat buruk bagi penderita hipertensi.

Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Manfaat dan Khasiat Daun Bunga Rosemary Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan ya..! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter