-->

18 Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh

Obat Herbal Sakit Gigi memang bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan nyeri pada gigi dan juga gusi. Ada kalanya jika kita mengalami sakit gigi, hal lain yang mungkin terjadi ialah gusi bengkak, berdarah, dan mungkin akan berakibat juga pada rasa tidak nyaman yang mampu mengurangi selera makan, tidak dapat mendengar suara bising, dan bahkan tidak bisa tidur karena rasa sakit yang dirasakan sangatlah menyiksa. Maka dari itu, kali ini kami akan berbagi mengenai beberapa Resep Herbal Sakit gigi yang mungkin saja bisa membantu dalam meringankan gejala yang disebabkan oleh sakit gigi tersebut. Silahkan cek juga Obat Sakit Gigi Saat Hamil Alami dan Aman

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang perlu kita jaga kebersihan dan kesehatannya. Mungkin sedari kecil kita sudah diajarkan menganai bagaimana merawat gigi, menyikat atau membersihkan gigi dan juga langkah-langkah dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan yang sekiranya terkait dengan organ yang dimaksud. Gigi berfungsi sebagai pengunyah makanan yang mendukung proses sistem pencernaan guna mengolah makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Dan jika gigi kita berlubang, maka kuranglah sedikit kenikmatan dalam mengkonsumsi makanan.
18 Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh
Sakit gigi merupakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh kuman yang terdapat pada sela gigi berlubang sehingga berakibat pada pembengkakan gusi, rasa ngilu yang ditimbulkan sangatlah menyiksa. Dan bahkan sakit gigi bisa dianggap sebagai salah satu gejala yang terjadi pada gangguan organ jantung yang juga memicu adanya dampak penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, sangat dianjurkan sedari dini kita harus senantiasa menjaga dan merawat gigi kita agar tetap sehat dan tidak berlubang.

Sebelumnya kami sudah berbagi mengenai Obat Sakit Gigi Dari Bahan Alami yang mungkin saja juga dibutuhkan oleh sobat. Sebab disitu kami mengupas secara singkat apa itu sakit gigi dan apa penyebab dari sakit gigi. Jadi untuk lebih jelasnya, mungkin sobat bisa membacanya terlebih dahulu. Namun untuk kali ini, disini akan kami menerangkan lebih detail agar pengetahuan yang sobat punya seputar tanaman obat menjadi lebih luas dan tentunya bisa menambah alternatif yang bisa digunakan.

Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh :
  1. Bawang Putih : Salah satu bumbu dapur ini sangat kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Didalamnya juga terdapat sifat sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi yang keduanya berfungsi sangat baik untuk membunuh kuman dan mengurangi pembengkakan pada gusi. Penerapannya sangatlah mudah, cukup mengunyah bawah putih yang sudah dikupas menggunakan gigi yang sakit atau juga diusapkan pada pipi yang bengkak.
  2. Merica : Masih terkait dengan bumbu dapur, merica juga cukup ampuh untuk meredam rasa sakit yang terjadi pada gigi. Rasa pedas akan memberi kesan hangat dan berkemampuan untuk membunuh kuman pada gigi. Cara menggunakan tidaklah sulit, haluskan merica dicampur dengan sedikit garam dapur, basahi dengan sedikit air dan tempelkan atau masukkan pada gigi yang berlubang.
  3. Biji Alpukat. Bahan ini sangatlah jarang digunakan, sebab sebagian orang tidak tahu akan khasiat yang tersimpan didalamnya. Penggunaan bubuk biji alpukat ternyata ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi. Cara menggunakan ialah dengan menjemur atau menyangrai biji alpukat kemudian dihaluskan. Basahi dengan air hangat kemudian tapalkan pada gigi yang sakit.
  4. Minyak Cengkeh. Bahan ini bisa didapat dengan mudah di apotik atai minimarket. Penggunaan minyak ini hanya butuh bantuan cottonbath. Caranya basahi cottonbath dengan minyak cengkeh kemudian masukkan pada gigi yang sakit atau berlubang.
  5. Tanaman Sereh. Sereh atau serai ini mempunyai efek menghangatkan, sangat baik untuk meredam pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada gigi serta gusi. Untuk mengggunakan cukup berkumur dengan air rebusan sereh yang masih hangat.
  6. Air Garam. Cukup seduh garam dapur dengan air hangat secukupnya. Gunakan sebagai obat kumur. Air garam ini mampu membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan bengkak dan sedikit mengurangi rasa nyeri.
  7. Meniran. Bahan herbal ini memang sudah sering digunakan dalam dunia herbal. Cara menggunakan ialah dengan merebus akar tanaman, kemudian gunakan sebagai obat kumur.
  8. Getah Jarak. Mungkin penggunaan getah ini sangat tidak dianjurkan. Namun jika sakit sudah bukan kepalang, mungkin bisa juga dijadikan salah satu alternatif yang bisa dipilih. Caranya yaitu dengan menyelipkan getah pada gigi berlubang atau yang sakit. Diamkan sejenak dan kumur dengan air bersih. Efek jika digunakan dalam jangka panjang akan membuat gigi keropos dan mudah patah.
  9. Teh hangat. Gunakan sebagai kumur yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan. Hal ini karena teh kaya akan antioksidan yang baik untuk menghalau radikal bebas.
  10. Biji asam jawa. Sangrai dan haluskan biji asam jawa. Basahi dengan sedikit air kemudian tapalkan pada area gigi yang sakit.
  11. Minyak batok kelapa. Bakar batok hingga keluar minyak, teteskan pada gigi yang nyeri.
  12. Daun Inggu. Sebenarnya bahan ini sudah diperjual belikan, namun bisa juga dengan membuat sendiri dirumah. Caranya yaitu dengan merebus daun inggu kemudian gunakan air tersebut sebagai obat kumur.
  13. Daun Sirih. Hampir sama dengan cara diatas, cukup rebus dan gunakan sebagai obat kumur. Kandungan senyawa pada daun sirih sangat baik untuk mengembalikan kekuatan gigi dan tentunya juga bersifat sebagai anti-bakteri.
  14. Jeruk Nipis. Buah ini banyak mengandung Vit.C yang berfungsi untuk membersihkan. Sangat baik untuk sakit gigi karena mampu membunuh kuman dan bakteri pada gigi. Caranya yaitu dengan menyeduh air jeruk nipis kemudian digunakan sebagai obat kumur.
  15. Biji Pala. Bumbu dapur yang satu ini memang sudah familiar dan mungkin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Rempah ini mampu  mengobati sakit gigi dengan cara menyeduh bubuknya kemudian gunakan sebagai kumur-kumur.
  16. Cengkeh. Sebenarnya sudah kami sebutkan diatas yaitu minyak cengkeh, namun tidak afdol rasanya jika tidak menyertakan asalnya. Cengkeh sangat baik untuk membunuh bakteri pada gigi. Caranya yaitu dengan menempelkan bubuk cengkeh yang sudah dibasahi pada area gigi yang sakit. Atau juga bisa digunakan sebagai obat kumur.
  17. Biji kurma. Cara menggunakan sama persis dengan obat kumur diatas.
  18. Kapulaga. Gunakan sebagai bumbu masakan atau jamu tradisional.
Nah mungkin itu saja mengenai 18 Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh. Untuk informasi terkait sobat bisa lihat juga Tanaman Obat Untuk Meringankan Sakit Gigi. Sekian dari kami dan jangan lupa baca artikel lainnya agar bisa lebih luas wawasan yang sobat ketahui.

Cek juga : Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter