-->

15 Obat-obatan Dari Akar Dan Rimpang

Obat akar atau rimpang memang sudah dikenal sejak dahulu kala sebagai ramuan turun-temurun yang berguna untuk meringankan atau menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Akar yang paling umum digunakan ialah : Akar pinang, Akar mengkudu, Bratawali dan lain-lainnya. Sedangkan pada rimpang malah lebih banyak : Seperti alang-alang, temulawak, temu ireng, kencur dan lain-lainya.

Manfaat dari obat herbal yang berasal dari tanaman ialah terdapat pada kandungan didalamnya, sehingga tercipta perbedaan yang cukup mencolok dan bahkan bisa tidak sama pada setiap rimpang atau akr tersebut. Selain itu, keuntungan lainnya juga tidak adanya efek samping berbahaya karena bahan yang digunakan alami yang berasal dari alam sehingga tidak menimbulkan efek berbahaya seperti penggunan obat-obatab yang berasal dari bahan kimia buatan. Oleh karena tu, kita harus lebih mempelajari apa saja tanaman obat tersebut dan manfaat serta khasiat yang didapat. Dalam hal ini, kita bisa memetik hikmah serta pengetahuan sebagai salah satu alternatif pengobatan alami yang aman, nyaman dan tanpa rasa was-was.
15 Obat-obatan Dari Akar Dan Rimpang
Sebenarnya ada banyak sekali jenis obat herbal dari jenis akar dan rimpang, namun pada kesempatan kali, disini kami hanya menampilkan beberapa saja menurut dari yang paling umum dan paling sering digunakan. Dan tentunya juga sangat mudah untuk didapat pada lingkungan sekitar kita. Penasaran? Yuk kita cek sendiri saja keterangan singkat dibawah ini!

15 Obat-obatan Dari Akar Dan Rimpang :
  1. Temulawak : Bahan herbal ini banyak mengandung Minyak atsiri (kamfer, glukosida,trumerol dan kurkumin), protein dan karbohidrat. Manfaatnya cukup baik untuk nyeri otot dan sendi, penambah selera makan, peluruh kencing dan pembersih darah alami. Cara menggunakan pun sangatlah mudah, cukup parut atau blender kemudian direbus dengan menambah sedikit air. Selanjutnya saring dan minum paling tidak 1x sehari.
  2. Bangle : Tanaman ini tergolong dalam jenis rimpang, hidup didaerah tropis dengan khasiat cukup baik dalam mengatasi migrain, mengatasi sembelit, sakit perut dan peradangan pada hati.
  3. Jehe : Rimpang yang satu ini umum sekali digunakan sebagai jamu herbal terutama dalam pembuatan minuman hangat. Kandungan didalamnya berupa minyak atsiri, bisabolena, kurkumin, resin dll. Jahe berkhasiat ampuh sebagai pengusir angin, meriang, hipertensi, demam dan lain-lainnya. 
  4. Kencur : Rimpang mungil ini tidak sesuai dengan bentuknya yang berkhasiat cukup besar untuk kesehatan tubuh. Kandungan didalamnya berupa Pati, Mineral, minyak atsiri, Alkaloid, Asam Anisat, Asam Sinamat, asam Metil Kanil, Etil Ester, Borneol, Gom, Kamphene, Paraeumarin dan Penta Dekaan. Kencur banyak digunakan dalam pembuatan jamu beras kencur yang mempunyai fungsi sebagai masuk angin, kembung, mual, radang lambung, obat batuk, dll. 
  5. Kunyit : Kunyit mempunyai khasiat cukup baik dalam menurunkan demam. Rimpang ini banyak digunakan dalam jamu kunyit asam yang didalamnya terdapat komposisi daun asam jawa muda dan irisan kunyit. Kandungan kimia kunyit berupa Kurkuminoid, Minyak atsiri, Lemak, karbohidrat, Pati, Protein, Vitamin C, Zat besi, Fosfor, Kalsium dan Kalium.
  6. Lempuyang : Rimpang ini berkhasiat sebagai obat anti-kanker yang sangat ampuh mengatari pertumbuhan sel kanker dan tumor didalam tubuh. manfaat lainnya untuk disentri, diare.
  7. Lengkuas : rimpang ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan resep jamu herbal yang bersifat menghangatkan. Kandungan didalamnya berupa Minyak atsiri (metil sinamat, kamfer, eugenol, sineol, seskuiterpen, galangin, pinen), galangol, flavonoid. Berkhasiat untuk mengatasi radang lambung, penyakit kulit dll.
  8. Temugiring : Rimpang ini tergolong sangat sulit didapat, soalnya jarang yang membudidayakannya. Khasiatnya berguna untuk sakit perut, cacingan, dan penambah selera makan.
  9. Temu Hitam / Ireng : Rimpang ini mempunyai rasa yang sangat pahit. Namun khasiat bagi tubuh sangat membantu dalam pegal linu, mengeluarkan cacing, dan hipertensi.
  10. Alang-Alang : Akar dari rumput liar ini baik untuk mengatasi sariawan, sakit tenggorokan, dan bersifat diuretik yang ampuh untuk melancarkan saluran kemih.
  11. Pule pandak : Tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai obat Hipertensi, sakit kepala, insomnia, epilepsi dll. 
  12. Akar Pohon Aren : Manfaat utama dari pohon ini bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih yang juga terkait dengan pencegahan batu ginjal dan radang ginjal.
  13. Akar Pohon Pepaya : Berguna sebagai obat cacing, penambah selera makan dan juga melancarkan sirkulasi darah yang terhubung dengan pencegahan Hipertensi.
  14. Akar Wangi : Tanaman ini memang hampir sama persis dengan sereh. Akar wangi berkhasiat sebagai peluruh keringat, pencegahan batu ginjal, rematik dan menghilangkan bau mulut. Kandungan didalamya berupa Minya atsiri, Vevitena dll.
  15. Akar Mengkudu : Akar dari tanaman mengkudu mengandung senyawa berupa Xeronine, Plant Sterois, Alizarin, Lycine, Sosium, Caprylic Acid, Arginine, Proxeronine, Antra Quinines, Trace Elemens, Phenylalanine, dan Magnesium. Manfaatnya sebagai pelancar menstruasi, meringankan kram, dll.
Sebenarnya masih banyak lagi tanaman obat yang dimanfaatkan akarnya seperti : meniran, daruju, anting-anting, bunga kamboja, lidah mertua, dan bunga alamanda. Semua tanaman yang kami sebut sudah kami bahas secara detail pada post sebelumnya. Jadi tinggal manfaatkan form pencarian pada menu navigasi diatas untuk mencari nama tanaman yang sedang sobat cari.

Mungkin itu saja dulu mengenai 15 Obat-obatan Dari Akar Dan Rimpang. Semoga bisa membantu! Untuk Daftar Tanaman Obat lebih lengkap Silahkan Cek : Tanaman Obat, Manfaat. Khasiat dan Kegunaannya.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter