-->

17 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Matoa memang sudah umum dan cukup familiar untuk kalangan masyarakat luas. Khasiat buah matoa ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya hipertensi, antioksidan, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika hanya sekedar sebagai referensi untuk menambah wawasan, maka pada postingan kami kali ini ialah tentang kegunaan serta fungsi buah matoa untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah Matoa dengan nama latin Pometia Pinnata adalah sejenis buah yang mempunyai cita rasa manis, sedikit kecut dan menyegarkan. Umumnya buah ini mudah didapat pada daerah atau daratan Papua, namun juga bisa ditemukan di daerah Sulawesi dan Maluku. Karena mempunyai khasiat cukup baik untuk kesehatan serta juga termasuk dalam kebutuhan pangan, banyak juga masyarakat disana yang membudidayakan guna kebutuhan ekonomi dan kebutuhan sehari-hari.

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

Pohon Matoa boleh dibilang sangat besar. Dengan pencapaian ketinggian batang hingga 18 serta diameter rata-rata 1m. Ciri utama terdapat pada pembagian jenis buah yang pecah menjadi dua yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Matoa Kelapa mempunyai daging kenyal seperti rambutan dan matoa papada tekstur dagingnya lebih lembek dan lengket. Nah yang dipertanyakan disini ialah : Apa saja sih kandungan gizi pada buah matoa? Dan Apa manfaat buah matoa bagi kesehatan? Mungkin rangkuman singkat dibawah ini bisa membantu sobat yang sedang dalam pencarian informasi.

Pertama kita ketahui terlebih dahulu apa saja nutrisi dari buah matoa. Hampir sama persis dengan jenis buah lain, Matoa mengandung senyawa alami berupa Vitamin serta mineral. Didalamnya berisi air, Vitamin C, Vitamin E, dan gula (glukosa). Jika dilihat dari kandungan, buah ini kaya vitamin C yang berguna untuk menguatkan sistem imun, Vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit, mineral untuk menjaga metabolisme tubuh, dan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Ini hanya jika dilihat sepintas saja, namun jika lebih terperinci maka akan diperoleh jutaan khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kesehatan :
  1. Sebagai antioksidan alami yang berkemampuan untuk menjaga sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  2. Melancarkan sistem pencernaan dimana manfaat ini terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB).
  3. Menghilangkan capek dan ikut andil dalam mengembalikan tenaga yang hilang (penambah energi alami).
  4. Menunda penuaan dini yang terkait untuk menyamarkan garis halus dan timbulnya keriput pada wajah.
  5. Mengatasi ambeien atau yang juga dikenal dengan wasir (BAB berdarah).
  6. Mencegah Hipertensi karena berfungsi cukup baik untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh serta mencegah terjadinya pembekuan darah.
  7. Meringankan pikiran yang berfungsi untuk mengatasi stres (pikiran berat).
  8. Mengatasi berbagai masalah wajah khususnya dalam menghilangkan jerawat.
  9. Mengontrol kadar gula darah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus (kencing manis).
  10. Mencegah terjadinya gangguan pada organ ginjal seperti kencing bat (batu ginjal) dan gagal ginjal.
  11. Membuat kulit tetap halus, putih, cerah dan merona secara alami.
  12. Membantu proses pembersihan racun didalam dan diluar tubuh.
  13. Mengembalikan kejernihan pandangan karena sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  14. Obat herbal yang bisa mengatasi masalah batu empedu.
  15. Berfungsi cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mengatasi berbagai gejala seperti stroke dan jantung berdebar tidak normal.
  16. Menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker dalam tubuh.
  17. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung seperti UVA dan UVB yang bisa merusak kulit.
Buah matoa bisa didapat disemua musim, tergantung dari perbungaan. Hal ini terjadi sekitar 4 bulan sekali. Dan untuk saat ini buah ini sudah banyak dijual dipasaran serta harganya boleh dibilang lumayan mahal. Namun semua tergantikan jika kita sudah mengetahui khasiat yang tersimpan didalamnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan seputar Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter