20 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Lengkeng (Dimocarpus Longan) Adalah sejenis buah-buahan berasal dari Asia Tenggara dengan sejuta khasiat bagi kesehatan. Buah ini juga dikenal dengan sebutan Longan, Matakucing, dan Badaro. Mempunyai rasa yang begitu manis dan legit serta tekstur daging yang lembut, sehingga tidak heran jika banyak dari kalangan masyarakat yang memfavoritkannya. Dan Jika dipelajari, Ada banyak sekali Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan. Untuk itu kami menulis artikel ini guna sedikit menambah ilmu serta berbagi wawasan bagi sobat semua.

Sedikit deskripsi mengenai lengkeng, Pohonnya mencapai ketinggian hingga 40m dengan diameter batang 1m lebih. Daunnya mejemuk serta bunganya berbentuk payung menggarpu dengan buah berbentuk buni (Bulat). Ada juga yang salah kaprah dikeranakan kelengkeng hampir sama persis dengan duku yang termasuk salah satu keluarga dari lengkeng tersebut.
20 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Lengkeng juga didukung oleh kandungan nutrisi didalamya, gizi tersebut berupa : Kalori, Karbohidrat, Serat, Protein, Mineral, Vitamin A, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), Kalsium, Fosfor, Magnesium, Mangan, Kalium Dan Zat Besi. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih fungsi buah kelengkeng untuk kesehatan? Mungkin sebagian dari sobat sudah bisa menjawab dengan hanya melihat kandungan yang sudah kami sebutkan diatas. Namun untuk lebih jelasnya, kami juga sudah menyediakan beberapa rangkuman singkat seputar Khasiat Lengkeng yang bisa sobat baca dibawah ini!

Manfaat Dan Khasiat Kelengkeng :
  1. Bersifat menenangkan : Untuk hal ini ditopang adanya fruktosa yang terdapat pada daging buah. Jika diulas lebih lanjut, fruktosa ialah sejenis gula baik untuk tubuh yang bekerja  untuk menjaga kadar gula darah sangat berbadnding terbalik dengan glukosa. Nah gabungan senyawa inilah yang membantu untuk mengendurkan saraf. Buah lengkeng membuat rasa tenang, mengatasi gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Hal ini juga dikenal dengan anti-depresan (mencegah depresi).
  2. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini bisa kita dapat karena zat besi pada buah ini lumayan tinggi. Dengan kapasitas itu, kinerja dari nadi kita menjadi normal dan sangat penting juga untuk mencegah hipertensi (Tekanan darah tinggi).
  3. Menormalkan kinerja organ jantung dan limfa. Salah satu imbas dari menenangkan, menjadikan detak jantung kembali pada standartnya, sehingga jantung akan lebih santai. Penyakit lain yang bisa dicegah karena ini ialah stroke dan Kardiovaskuler.
  4. Sebagai antioksidan alami yang ampuh untuk menangkal radikal bebas serta memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti kuman, virus atau mikroba lainnya.
  5. Sebagai sumber tenaga alami. Hal ini karena kandungan gula pada buah ini sangat tinggi, sangat cocok juga untuk Diet karena mampu menunda rasa lapar dalam jangka waktu relatif lama. Sehingga keinginan untuk makan lebih sedikit jika sobat bisa menahannya.
  6. Mencegah meriang, demam dan flu. Penyakit ringan ini disebabkan oelh virus yang menyebar lewat udara dan karena antioksidan berupa vitamin C pada lengkeng sangat kuat sehingga sistem imun tubuh pun meningkat.
  7. Menjaga kesehatan kulit, sangat terkait dengan kecantikan karena lengkeng juga mengandung anti-aging yang mampu menjaga kulit tetap sehat, mencegah kerutan, serta menyamarkan garis halus pada wajah.
  8. Dengan mengkonsumsi 60g buah lengkeng segar setiap hari, maka tubuh akan terhindar dari limpa lemah, diare dan kurang selera makan.
  9. Memulihkan badan lemah setelah sakit.
  10. Bersifat Diuretik yang mampu meluruhkan kencing.
  11. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang mempunyai kemampuan untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  12. Melancarkan sistem pencernaan. Hal ini bisa dirasakan karena lengkeng mampu menyehatkan usus sehingga penyerapan sari makanan menjadi lebih lancar.
  13. Menyehatkan mata dan menjernihkan pandangan.
  14. Meringankan sakit kepala, pening dan migrain.
  15. Mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  16. Mempercepat penyembuhan luka bakar.
  17. Menyembuhkan keputihan dan hernia.
  18. Penambah tenaga pada ibu hamil.
  19. Mengobati jari kaki gatal dan bernanah.
  20. Obat herbal untuk amnesia, kecemasan dan penurunan mental.
  21. dll.
Bagaimana cara mendapat manfaat dari buah kelengkeng? Mungkin pertanyaan ini juga muncul pada pikiran sobat. Jawaban singkatnya ialah dengan mengkonsmusi buah lengkeng secara rutin setiap hari. Namun hal lain juga perlu sobat ketahui, sebab khasiat diatas tidak hanya pada buah saja, melainka juga terdapat pada biji dan kulitnya. Maka dari itu, untuk artikel yang lebih lengkap, kami juga menyediakan beberapa resep yang bisa sobat ikuti guna mendapat khasiat lebih sempurna.
  • Penenang : Sediakan sekitar 15gr buah lengkeng dan kurma cina kemudian diasamkan. Kukus dan dikonsumsi 1x sehari.
  • Amnesia, kecemasan dan penurunan mental : Siapkan 600gr lengkeng segar dan 500gr gula pasir. Rebus hingga mendidih dan berubah menjadi kental. Konsumsi 1x sehari dengan porsi 1 sdm.
  • Luka bakar : Siapkan cangkang atau kulit lengkeng, keringkan dan bakar hingga menjadi arang. Haluskan dan campur dengan minyak tung, selanjutnya tapalkan pada area kulit yang luka.
  • Jari kaki gatal dan bernanah : Ambil beberapa biji lengkeng dan panggang pada api. Tumbuk hingga halus kemudian bubuhkan pada area kaki yang sakit.
Alternatif diatas bisa kita ambil agar penggunaan obat-obatan kimia bisa dikurangi. Selain lebih sehat, tubuh kita juga terhindar dari efek samping yang mungkin saja merugikan bagi kesehatan.

Demikianlah artikel singkat seputar 20 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *