-->

18 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Suji Umumnya digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Memang hampir sama dengan daun pandan, namun penggunaan keduanya sangat berbeda. Daun pandan untuk aroma yang manjadikan kue beraroma khas sedangkan untuk warna, daun pandan masih kalah dengan daun suji. Tapi disini yang akan kita bahas ialah seputar khasiat daun suji untuk kesehatan, jadi mengenai untuk lebih detailnya, mari kita lanjut saja pada topik bahasan.

Daun suji ialah sejenis tanaman yang tergolong dalam keluarga pandan-pandanan, sedangkan nama latinnya disebut dengan Draceana Angustifolia dan Pleomele Angustifolia. Sedangkan fungsinya tidak hanya untuk bahan pangan saja, melainkan juga digunakan tanaman hias yang bisa ditanam pada media pot. Mengenai ciri tumbuhan suji terletak pada daun dan perawakan hampir sama persis dengan pandan. Bedanya hanya pada bentuk daun yang lebih pendek serta warna yang mengkilap pada bagian atas. Tinggi pohon mencapai 1 hingga 2 meter, Bunga majemuk bermahkota warna putih kekuningan.
18 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan
Sebelum beranjak pada manfaat daun suji, ada kalanya jika ketahui dulu kandungan kimia alami yang menunjang kinerjanya bagi kesehatan tubuh kita. Senyawa tersebut diantaranya : Alkaloid, Flavonoid, Polifenol, Saponin dan juga tanin.

18 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan :
  1. Sebagai tonikum (obat batuk herbal).
  2. Mengobati leukimia.
  3. Menyembuhkan disentri.
  4. Mengatasi kencing bernanah.
  5. Mengobati beri-beri.
  6. Meringankan nyeri pada saat haid.
  7. Menyembuhkan batuk lendir dan darah.
  8. Menetralkan racun dalam tubuh.
  9. Antioksidan penangkal radikal bebas.
  10. Menurunkan kadar gula darah.
  11. Mengatasi nyeri pada sakit perut.
  12. Melancarkan sirkulasi darah.
  13. Melancarkan sistem pencernaan.
  14. Mencegah kerusakan sel dan kulit.
  15. Mengobati Gusi berdarah dan sakit gigi
  16. Meningkatkan sistem imun (Daya tahan tubuh).
  17. Meringankan sesak nafas.
  18. Mencegah sembelit (Susah BAB).
  19. dll.
Sifat anti bakteri pada daun suji mampu membunuh kuman pada sakit gigi, sakit perut dan lain-lainnya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah mengenai bagaimana cara menggunakan daun suji sebagai obat. Pertanyaan ini sangat mudah sekai dijawab, sebab dengan hanya menggunakannya sebagai pewarna makanan saja sudah mendapat khasiat dari daun ini. Namun untuk resep sederhana, kami juga menyipakan beberapa jamu herbal daun suji yang bisa sobat buat sendiri dirumah. Berikut rinciannya :

# Untuk Gusi berdarah dan Sakit Gigi :
Haluskan daun suji secukupnya, tambahkan sedikit air hangat dan gunakan air perasan daun tersebut sebagai obat kumur.

# Untuk Disentri dan nyeri haid :
Siapkan 3 lembar daun suji dan rebus setelah dicuci bersih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tiap pagi dan sore hari sehabis makan.

# Untuk Batuk Darah Dan Kencing Nanah :
Sediakan sekitar 15 lembar daun suji. Tumbuk kasar kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Minum secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Demikianlah artikel mengenai 18 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan, semoga apa yang kami tulis disini bisa berguna bagi orang banyak. Untuk penggunaan penyakit lain sebenarnya sama saja, usahakan minum air rebusan daun suji guna mendapat manfat sehat seperti yang diharapkan. Sekian dan jangan lupa baca juga artikel kami yang lain dengan melihat related post dibawah! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter