-->

17 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

17 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Dan Kesehatan - Beras merupakan salah satu bahan pangan pokok yang menjadi kebutuhan konsumsi rakyat di Indonesia. Sebenarnya masih banyak juga alternatif seperti singkong, ubi dan lain-lainnya, namun sangat kurang familiar karena di jaman sekarang ini beras lebih mudah didapat dari pada bahan pangan alternatif tersebut. Oleh karena itu, disini kami akan sedikit membahas air cucian beras yang jarang sekali dimanfaatkan. Padahal jika dimaksimalkan, air beras sangat baik dalam perawatan kulit dan identik sekali dengan kaum wanita yang ingin tampil cantik dan lebih sempurna.

Kebanyakan air beras langsung dibuang tanpa tahu khasiat dibalik air cucian tersebut. Padahal air beras mengandung Oryzanol yang sangat membantu dalam merawat kulit dari kerusakan terutama dampak yang diakibatkan sinar matahari (ultraviolet). Jadi mulai sekarang mari kita maksimalkan dari beras yang tidak hanya pada nasinya saja. Melainkan juga limbah yang bisa dijadikan alternatif perawatan kecantikan.
17 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
Banyak sekali dari manfaat air cucian beras. Salah satunya ialah untuk kulit, rambut, wajah dan sebagai salah satu terapi untuk menyerap minyak pada wajah yang efeknya mampu mencegah dan menghilangkan jerawat. Untuk rincian lebih lengkap, berikut sudah kami rangkum beberapa ringkasan yang mungkin bisa memberi pencerahan serta informasi yang memang benar-benar sobat butuhkan.

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kesehatan :
  1. Pada kalangan masyarakat desa, banyak yang menggunakan air beras sebagai pengganti ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Hal ini berlaku bagi rakyat miskin yang tidak mampu membeli susu. Caranya sangatlah mudah, cukup merebus beras pada saat nasi. Jika sudah mendidih, tuangkan pada wadah dan beri sedikit garam. Air ini kental putih dan mempunyai rasa yang unik.
  2. Air beras juga mencegah sembelit, cara yang digunakan sama persis dengan No.1. Biasanya terapi ini digunakan pada orang yang sedang sakit layaknya bubur.
Terkait dengan sembelit :

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kulit :
  1. Air cucian beras bisa digunakan untuk memutihkan kulit. Hal ini karena kandungan Oryzanol yang sudah kami sebutkan diatas. Dengan begitu sinar ultraviolet tidak bisa membakar kulit sehingga kulit akan tetap terjaga.
  2. Dalam pemakaian yang tidak terlalu sering, air cucian beras juga bisa melembabkan kulit yang mengering, sebab bisa membuka pori dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit. Untuk menggunakan, siapkan air rendaman (rendam sekitar 30 menit) beras secukupnya kemudian siramkan pada kulit secara merata. Lakukan hal ini setidaknya 1x dalam seminggu.
  3. Memudarkan dan mengembalikan warna kulit yang menghitam akibat berjemur atau terkena paparan sinar matahari.
Baca juga penyelesaian masalah kulit lainnya :

Manfaat Air Beras Untuk Rambut :
  1. Mencegah rambut rontok dan bercabang.
  2. Mempercepat pertumbuhan rambut dan terlihat mengembang.
  3. Mengangkat ketombe dan membersihkan kulit kepala.
  4. Menjadikan rambut hitam sempurna dan berkilau.
  5. Membasmi serta menghilangkan kutu.
Cara menggunakan : Cukup usapkan air beras secara merata pada seluruh bagian kepala dan rambut. Diamkan sekitar 15 menit kemudian dibilas dengan air bersih.

Lihat Juga : Perawatan Rambut, Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat Air cucian Beras Untuk Wajah Dan Jerawat :
  1. Mengangkat Kotoran pada wajah.
  2. Mencegah timbulnya jerawat dan komedo.
  3. Membersihkan dan mengurangi minyak pada wajah.
  4. Mengembalikan kekencangan kulit.
  5. Menyamarkan noda hitam bekas jerawat.
  6. Memudarkan garis halus dan kerutan pada wajah.
  7. Mengecilkan pori-pori wajah (mencegah masuknya kotoran atau debu).
Untuk menggunakan, banyak alternatif yang bisa dipakai. Namun disini kami memberikan melalui treatment sebagai masker. Air cucian beras didiamkan hingga mengendap. Ambil endapan dan buang air bagian atas. Oleskan pada wajah secara merata (biasanya kulit akan terasa kaku) namun abaikan saja. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai kering kemudian bisa dibilas dengan air bersih.

Tips wajah lain :

Demikian artikel seputar 17 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Dan Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter