12 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek tidak banyak yang tahu dikarenakan memang buahnya yang sulit ditemukan dan jarang diperjual belikan di pasar. Namun jika ditelisik lebih jauh, Khasiat buah kesemek ini amatlah banyak dan terbukti bisa menyembuhkan atau mengobati berbagai jenis penyakit pada tubuh kita. Oleh karena itu, demi lengkapnya kelompok artikel pada blog kami, maka untuk kali ini kami mengambil sebuah inisiatif untuk menulisnya sebagai acuan untuk menambah ilmu sekaligus berbagi dengan sobat yang membutuhkan informasi. Lebih lengkapnya, yuk kita simak rangkmuman dibawah ini!

Kesemek (Diospyros kaki) adalah sejenis buah yang dikonsumsi setelah proses pengolesan air kapur dan diperam. Hal ini bertujuan guna mengurangi dan menghilangkan rasa sepat pada buah. Kesemek diduga berasal dari Tiongkok yang kemudian menyebar hingga Jepang dan Negara Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia, kesemek banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur dengan hanya memenuhi kebutuhan lokal saja. Oleh karena itu, buah ini sangat jarang bisa ditmukan karena hanya hidup pada dataran tinggi atau pegunungan.
12 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan
Ciri Tanaman kesemek terletak pada phonnnya yang berukuran sedang mencapai tinggi hingga 15m. Batang pendek dan banyak cabang bengkok-bengkok, daun tersusun berseling, berbunga betina soliter dan buah berbentuk buni.

Untuk konsumsi, buah kesemek bisa dimakan langsung dalam keadaan setelah proses yang sudah kami sebutkan diatas. Namun juga bisa dijadikan jus yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Namun sebelum itu, kita juga harus mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah ini. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya berupa : Vitamin C, Serat, Karbohidrat, Protein, Kalium, gula berupa frukosa dan glukosa serta masih banyak senyawa lain yang tentunya juga berkhasiat untuk kesehatan kita.

12 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti kanker dan anti tumor yang didukung oleh vitamin C, hal ini sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh terhadap radikal bebas dan serangan bakteri jahat serta virus.
  2. Menjaga kinerja jantung dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini tentunya berguna untuk pemompaan darah keseluruh tubuh menjadi lebih normal dan tentunya juga berpengaruh dalam tekanan darah.
  3. Melancarkan sirkulasi serta mengurangi Tekanan darah tinggi (Hipertensi). Fungsi ini didukung oleh kinerja jantung sesuai dengan keterangan kami diatas.
  4. Mencegah pengeriputan, garis halus serta gejala lain yang berhubungan dengan penuaan dini.
  5. Mencegah Obesitas atau kelebihan berat badan dikarenakan buah kesemek mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga proses penyerapan proses sari makanan menjadi lancar.
  6. Mencegah anemia (kurang darah) karena proses produksi sel darah merah menjadi lebih normal. Sehingga pemenuhan kebutuhan oksigen seluruh tubuh berjalan normal.
  7. Menguatkan organ limpa.
  8. Menjaga kesehatan paru-paru yang mempunyai tugas sebagai pemompa udara atau oksigen pada tubuh.
  9. Mengurangi nyeri atau gejala lain yang berhubungan dengan perut.
  10. Mencegah penyakit makula (pada orang tua).
  11. Mengobati batuk yang disertai dahak.
  12. Mencegah sesak nafas (asma).
  13. dll.
Bagaimana cara menggunakan buah kesemek sebagai pengobatan herbal? Nah pertanyaan ini mungkin masih saja muncul pada pikiran sobat. Untuk itu, dibawah ini kami juga menyediakan beberapa resep sederhana yang mungkin bisa membantu!
  • Hipertensi : Keringkan sekitar 2 hingga 3 butir buah kesemek, kemudian dikukus hingga matang. Haluskan dan campur dengan 1 sdm madu. Makan 1x sehari.
  • Sakit perut : Rebus 2 buah kesemek kering dengan 2 gelas air. Aduk dengan memasukkan 1/4 cangkir beras ketan hingga berubah menjadi bubur. Masukkan perasan jeruk nipis dan konsumsi 3x sehari dengan porsi secukupnya.
Demikianlah artikel singkat mengenai 12 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *