-->

11 Manfaat Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan

Rumput Lidah ular / Rumput Mutiara adalah sejenis rumput liar yang banyak juga digunakan sebagai tanaman obat. Jika dilihat dari klasifikasi, rumput ini tergolong dalam klasifikasi kerajaan pantae dengan nama latin atau ilmiah (Hedyotis corymbosa). Hidupnya banyak dialam terbuka dan menyukai tempat yang lembab seperti ladang atau di pinggir-pinggir jalan. Nama panggilan untuk berbagai daerah diantaranya : Katepan, Daun mutiara, Rumput siku dan rumput daun ular. Namun yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa aja Manfaat Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan? Berikut sudah kami rangkum jawaban singkat yang mungkin bisa membantu!
11 Manfaat Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan
Deskripsi tanaman ialah terletak pada keseluruhan batang yang menempel ketanah, nampak tegak condong, bercabang dari pangkal batangnya. Batang rumput lidah ular berbentuk segi empat berwarna hijau kecokelatan. Daun kecil runcing dan bertulang,meruncing pada bagian pangkal, warananya hijau pucat da bersisik kecil pada bagian tepi daun. Berakar tunggang serta cabang akar berbentuk seperti benang.

Dari besarnya khasiat rumput lidah ular yang salah satunya ialah sebagai pencegah kanker, sangat tidak heran jika ada juga yang menanyakan apa saja kandungan senyawa alami didalamnya. Dan pertanyaan tersebut memang terbukti jawabannya. Pada Rumput mutiara terdapat banyak sekali zat yang sangat baik untuk kesehatan kita. Beberapa diantaranya berupa : Asam stearat, Asam oleanolat, Asam trans p-kumarat, Asam ursolat, Saponin, Flavonoid, Polifenol, Triterpen, Polisakarida, Glikosida antrakuinon, dan sitosterol.

11 Manfaat Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang sangat baik dalam meluruhkan air seni (peluruh kencing).
  2. Bersifat sebagai antipretik yang ampuh untuk menurunkan panas atau demam.
  3. Bersifat sebagai anti-tumor, anti-kanker seperti : Kanker payudara, kanker hati dan kanker darah (leukimia).
  4. Mencegah peradangan, hal ini karena didukung adanya sifat anti-inflamasi yang sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan. Terutama radang usus buntu.
  5. Memperbaiki dan meregenerasi susunan sel saraf pusat.
  6. Mempunyai sifat anti-bakteri, anti-mikroba. Manfaat ini berfungsi untuk mengatasi bakteri, virus dan kuman yang masuk dalam tubuh.
  7. Menetralkan racun dalam tubuh (kegunaan lain bisa digunakan untuk mengobati dan mengurangi racun akibat gigitan ular.
  8. Mencegah terjadinya infeksi pada luka.
  9. Menyembuhkan dan mempercepat penuaan bisul.
  10. Obat herbal untuk menyembuhkan gondongan.
  11. Mengobati Tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia , hepatitis, dan cholecystitis.
  12. dll.
Pertanyaan lainyang muncul ialah mengenai bagaimana menggunakan rumput lidah ular untuk obat. dan untuk menjawab hal tersebut, berikut langkah-langkah sederhana yang bisa sobat ikuti. Resep ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan langkah rumit. Simak ya..!

Pertama ambil seluruh bagian tanaman dan dikeringkan. Sebelum dipakai, sediakan sekitar 30gr rumput mutiara kering kemudian direbus dengan 300cc air hingga mendidih. Angkat dan saring, selanjutnya tinggal dikonsumsi secara rutin setiap 1x sehari.

Demikianlah artikel singkat seputar 11 Manfaat Rumput Lidah Ular Bagi Kesehatan. Semoga yang kami tulis ini bisa membantu bagi sobat yang membutuhkan. Dapatkan juga informasi tentang tanaman obat yang lain dengan melihat related post dibawah! Terima kasih dan selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter