-->

10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong atau Terung (Solanum melongena) adalah satu jenis sayur yang kaya akan kandungan gizi didalamnya. Tanaman yang berasal dari India dan Srilanka ini merupakan penghasil buah yang dijadikan sayur dalam kehidupan sehari-hari. Memang untuk mendapatkannya sangatlah mudah, sebab untuk saat ini banyak dari petani Indonesia yang membudidayakannya guna kebutuhan ekonomi dengan nilai jual yang lumayan tinggi. Sayur Terong sudah sangat umum dikonsmusi oleh semua kalangan. Oleh karena itu, kali ini kami akan merangkum sebuah artikel yang berhubungan dengan 10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan.

Terung ialah tumbuhan terna yang ditanam secara tahunan dan bisa dipanen berkali-kali. Namun buah yang paling manis ialah pada masa panen pertama. Cirinya ialah pohon setinggi 1 setengah meter, daun lebar agak sedikit berbulu berwarna hijau, Dan bunganya berwarna putih keunguan dengan putik berwarna kuning. Buah terbagi dalam dua jenis. Ada terong ungu dan terong hijau. Dahulu sayur ini dianggap beracun, namun seiring perkembangan zaman, malah menjadi favorit yang bisa diolah dengan berbagai varian masakan.
10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Nah kembali pada topik bahasan, terung dipercaya kaya khasiat karena didukung adanya kandungan gizi didalamnya. Beberapa diantara nutrisi tersebut berupa : air atau mineral, Kalsium, serat, Vitamin K, karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin C, Kalium, Sodium, Potassium, Vitamin A, D, Vitamin B12, Magnesium, kalori (gula), Zat Besi serta senyawa flavonoid.

10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan serta mencegah kanker pada usus besar. Sangat baik juga untuk mencegah sembelit, wasir, dan disentri.
  2. Mencegah Diabetes meski mempunyai kandungan gula dan karbohidrat. Sebab kandungan serat lebih besar dibanding dengan kalori tersebut sehingga diabetes pun tercegah.
  3. Menurunkan kadar Kolesterol Jahat pada darah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung dan menormalkan kinerja dari organ yang dimaksud.
  4. Mencegah Hipertensi karena terong mampu menurunkan tekanan darah.
  5. Mengatasi dan mencefah anemia. Hal ini juga terhubung dengan hipertensi serta sirkulasi darah dalam tubuh.
  6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi serta ampuh untuk mencegah pengeroposan tulang.
  7. Kandungan protein pada terong juga mendukung dalam kinerja otak sehingga jika dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan maka mampu meningkatkan pola pikir dan kecerdasan.
  8. Menjaga Berat Badan yang sangat cocok sekali bagi sobat yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini juga dipicu karena sistem pencernaan dan sedikit mengurangi selera makan.
  9. Sebagai antioksidan dan Anti-inflamasi yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit serta terjadinya radang.
  10. Kandungan Vitamin A cukup baik untuk menjaga kesehatan mata dan kejernihan pandangan.
Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Manfaat Terong Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter