-->

Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia

Fungsi Kulit Manusia | Kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing mempunyai kegunaan berbeda. Dan diantara lapisan tersebut ialah Epidermis, Dermis dan Hipodermis. Fungsi utama dari kulit ialah sebagai alat ekskresi disebabkan adanya kelenjar keringat (Kelenjar sudorifera) yang terdapat pada lapisan tengah (dermis kulit).
Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia
Seperti yang kami kutip dari Wikipedia, Lapisan yang sudag kami sebutkan diatas berguna cukup penting bagi organ tubuh manusia. Diantara Anatomi dari struktur pembentuk kulit tersebut, maka dibawah ini sudah kami rangkum sesederhana mungkin agar lebih mudah dipahami dan juga dimengerti. Penasaran? Berikut rincian lengkapnya!
  1. Epidermis : Terdiri dari susunan lapisan tanduk (korneum) dan lapisan Malpighi. Korneum ialah lapisan kulit mati yang bisa mengelupas dan digantikan dengan se baru. Sedangkan Malpighi terpecah lagi menjadi spinosum yang berfungsi sebagai penahan gesekan dari luar dan germinativum yang merupakan sel baru pengganti kulit mati pada korneum. FUngsi lain dari malpighi yaitu melindungi kulit dari sinar matahari (ultraviolet) serta mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit.
  2. Dermis : Fungsi dari lapisan ini ialah sebagai pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, mengatur suhu tubuh dan juga mencegah serangan penyakit. Dermis mengandung pembuluh darah, akar rambut, kelenjar keringat dan minyak serta ujung syaraf.
  3. Hipodermis : Lapisan ini merupakan yang terdalam dari kulit. Hipodermis banyak mengandung lemak yang berfungsi sebagai cadangan makanan dan berfungsi sebagai pelindung tubuh terhadap benturan serta juga menahan panas tubuh.
Dari struktur Anatomi diatas, sudah bisa kita ketahui apa saja Fungsi dari kulit manusia. Namun untuk mempermudah dalam pemahaman, berikut rangkuman singkatnya. Fungsi kulit diantaranya :
  1. Sebagai alat ekskresi ( yaitu dimana terdapat kelenjar yang bisa mengeluarkan keringat).
  2. Sebagai alat peraba terhadap benda yang disentuh.
  3. Tempat memproduksi Vitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  4. Tempat menimbun dan menyimpan lemak yang merupakan cadangan makanan.
  5. Sebagai pengatur atau pengontrol dan penyeimbang suhu tubuh.
  6. Sebagai organ pelindung.
Nah demikianlah bahasan singkat seputar Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia. Semoga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan informasi yang sobat butuhkan. Sekian dan Selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter