-->

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Katuk | Katuk merupakan salah satu tumbuhan sayur yang dipercaya sangat efektif dan berkhasiat untuk melancarkan ASI bagi kaum bunda yang menyusui. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dengan banyak sebutan. Contohnya pada daerah Tiong Hoa (Mani Cai), Cekur Manis (Melayu, Rao Ngut (Vietnam) dan mempunyai nama latin dengan panggilan Sauropus androgynus.
Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan
Ciri serta deskripsi tanaman ialah berbentuk semak tinggi dengan pencapaian hingga 2-3 meter. Dapat tumbuh di dataran rendah dengan daun-daun kecil guna mengurangi penguapan. Daun berwarna hijau gelap memanjang hingga 6cm. Sedangkan bunga berwarna merah gelap atau juga kuning dengan bercak merah kegelapan. Bunganya tidak mengenal musim dan bisa ditemukan sepanjang tahun. Untuk ciri lain bisa di akumulasikan pada famili dari suku menir-meniran seperti cermai, menteng, dan buni. Katuk banyak ditanam sebagai pagar hidup dengan multifungsi sebagai sayur.

Seperti yang tertera pada judul yang kami ambil diatas, semua manfaat atau khasiat dari daun katuk ini tak luput dari beberapa kandungan gizi yang baik didalamnya. Dan diantara zat tersebut, pada daun katuk ditemukan berbagai macam nutrisi yang menunjang dan memenuhi kebutuhan pangan yang diperlukan tubuh kita sehari-hari. Dan diantara kandungan tersebut ialah : Protein, Vitamin K, Pro-Vitamin A, Serat Kasar, Kalsium, Zat Besi, Kalium, Magnesium, Fosfor, Vitamin B, Vitamin C, dan lain-lainnya. Serta juga terdapat papaverina yang merupakan alkaloid berupa opium yang bisa menyebabkan candu. Dan jika dikonsomsi dalam jumlah yang terlalu banyak juga berakibat keracunan.

Nah pertanyaannya ialah : Apa saja Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan? Berikut jawaban ringkasnya!
  1. Melancarkan Air Susu Ibu bagi bunda menyusui.
  2. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
  3. Melancarkan sistem pencernaan (Mencegah sembelit, bersifat diuretik).
  4. Menguatkan gigi
  5. Meningkatkan kinerja otak (sangat cocok untuk anak masa pertumbuhan guna perkembangan otak).
  6. Sebagai Antioksidan yang berkemampuan untuk meningkatkan sistem imun / daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  7. Melancarkan sirkulasi darah dan mencegah anemia.
  8. dll.
Sedangkan untuk efek samping sudah kami sebutkan diatas. Namun dampak tersebut jika dikonsumsi berlebihan. Semua akan aman dan nyaman jika dikonsumsi secara normal. Sedangkan untuk konsumsi, sobat bisa mengolah layaknya sayur atau bayam yang dijadika kuah atau tumis.

Demikianlah Artikel seputar Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter