-->

Manfaat Dan Khasiat Gula Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Gula Merah | Gula Merah atau yang juga dikenal dengan sebutan Gula Aren ini merupakan Pemanis alami yang dibuat dari Nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Tidak hanya enau saja, nira juga bisa didapat dari berbagai jenis bunga dari keluaga pohon palma. Contoh yaitu pohon kelapa, aren dan juga siwalan. Gula merah disebut juga gula jawa, sebab gula ini banyak dibuat di pulau jawa dan sudah dikenal secara turun temurun.

Untuk cara membuat, air hasil dari bunga jantan yang dipotong tersebut direbus dengan kebesaran api sedang hingga cairan tersebut mengental. Dan proses selanjutnya ialah pencetakan dengan batok kelapa (cetakan jaman dahulu) tapi untuk sekarang sudah banyak juga yang menggunakan cetakan plastik dan lain-lainnya.
Manfaat Dan Khasiat Gula Merah Bagi Kesehatan
Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih Manfaat dan Khasiat Gula merah untuk kesehatan? Mungkin jawaban yang kami berikan dibawah ini bisa membantu!
  1. Nira kaya akan selenium yang mempunyai kemampuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri serta kram pada saat menstruasi. Hal ini umum dialami oleh kaum perempuan yang sedang datang bulan.
  2. Mencegah Anemia : Hal ini masih terkait dengan datang bulan yang umumnya sesudah mens tersebut kaum ladies mengalami kurang darah. Cara menggunakan cukup mudah, cukup larutkan gula merah secukupnya dengan air hangat kemudian diminum.
  3. Penambah Tenaga : Kalori yang lumayan tinggi pada gula merah berkemampuan untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh guna melakukan aktifitas atau rutinitas setiap hari.
  4. Melancarkan sistem pencernaan : Dengan sedikit penambahan gula merah pada susu, teh dan minuman lainnya, maka detoksinasi alat pencernaan akan lebih maksimal. Setelahnya pencernaan sobat akan berjalan normal.
  5. Pembersih Darah Alami : Khasiat ini berguna dalam membuang sisa-sisa kimia yang ditinggalkan oleh obat-obatan kimia. Dengan begitu, gula merah akan membersihkan darah dan membuangnya pada keringat atau juga air seni.
  6. Menyembuhkan Sariawan : Gula merah mempunyai sifat mendinginkan sehingga sariawan yang juga dipicu oleh panas dalam akan teratasi. Dan hal lainnya imbas dari sariawan juga bisa dicegah seperti : Bibir luka, pecah-pecah serta terjadinya radang pada mulut.
  7. Mengobati Sakit Perut : Hal ini masih terkait dengan kram dan nyeri, sakit perut juga bisa diredam dengan menggunakan gula merah sebab bisa menurunkan asam lambung yang disebabkan panas. Dengan menyeduh gula merah dengan air hangat, maka semua masalah akan selesai.
  8. Mencegah Jerawat Dan Komedo : Manfaat satu ini yang paling dicari oleh para kaum hawa khususnya para remaja yang memimpikan mempunyai wajah bersih bersinar. Manis pada gula merah mampu mencegah peradangan atau pembengkakan pada kulit. Sehingga jerawat atau komedo akan lebih cepat kering.
Bagaimana? Apa rangkuman yang kami berikan bisa membantu? Semoga saja apa yang kami tulis mengenai Manfaat Dan Khasiat Gula Merah Bagi Kesehatan ini bisa menjawab semua rasa keingintahuan sobat mengenai gula yang dimaksud. Sekian dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter