-->

Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo | Tanaman buah yang satu ini mempunyai banyak sekali nama panggilan seperti : Sawo Manila, sauh, ciku, tsiko, sapota, sofeda, dan masih banyak lagi sebutan untuk buah yang mempunyai rasa manis dengan daging bertekstur lembut. Di daerah jawa, pohon sawo dianggap angker karena mempunyai umur yang cukup panjang sehingga orang-orang berpikiran bahwa pohon tersebut menjadi tempat tinggal makhluk halus atau jin. Namun dibalik semua tersebut, sebenarnya buah sawo ini kaya akan kandungan nutrisi dan khasiat bagi kesehatan cukuplah banyak.

Ciri atau deskripsi tanaman terletak pada pohon yang rindang dikarenakan lebat oleh daun, ketinggian pohon mencapai sekitar 30 hingga 40m, batang berwarna hitam kecoklatan dengan permukaan kulit kasar, daun berwarna hijau tua mengkilap pada bagian atas, dengan bentuk lojong dan meruncing pada bagian ujung, berbunga tunggal pada bagian ujung ranting, dan buahnya buni kecokelatan.
Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan
Kegunaan dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Buah : Dijadikan salah satu bahan konsumsi yang mempunyai cita rasa serta manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, bentuk daging buah yang lembut dijadikan banyak sekali olahan seperti Jus, selai dan campuran pda eskrim. Hasil fermentasi buah sawo dijadikan minuman anggur dan juga cuka.
  2. Getah : Sadapan getah difungsikan sebagai bahan permen karet, lem, pernis, dan juga bahan penambal gigi.
  3. Kayu : Pada bagan tangkai, banyak dari kalangan anak-anak menjadikannya sebagai ketapel, karena kualitas serat dan tekstur halus, kayu dari sawo merupakan bahan mebel yang mempunyai kualitas bagus tahan akan rayap, jamur dan warna tidak mudah luntur. Kulit kayu digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati diare dan juga demam.
Apa saja kandungan gizi pada buah sawo? Nah pertanyaan ini yang sering muncul pada benak kita. Mengenai nutrisi yang bisa didapat pada buah sawo, ada beberapa kandungan diantaranya berupa : Kalori / energi, Vitamin B9 (Asam folat), Vitamin B1, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Protein, Zat besi, fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Tanin, dll.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan :
  1. Sebagai antioksidan alami yang berkemampuan untuk menangkal radikal bebas.
  2. Anti-inflamasi yang membantu tubuh dalam mencegah peradangan atau pembengkakan.
  3. Menyembuhkan diare / mencret.
  4. Penambah tenaga atau energi.
  5. Menjaga kesehatan mata dan menjernihkan pandangan.
  6. Menjaga kelembutan dan kesehatan kulit kuhusnya pada wanita.
  7. Melancarkan sistem pencernaan.
  8. Menjaga kesehatan janin dalam pembentukan sel pada ibu hamil.
  9. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
  10. Mencegah osteoporosis.
  11. Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya pikir anak-anak.
  12. Mencegah sembelit dan susah bab.
  13. Mencegah anemia atau kurang darah.
  14. Memperlancar sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh.
  15. dll.
Untuk mendapat khasiat dari sawo, kita hanya butuh mengkonsumsinya saja secara rutin setiap hari atau juga bisa dijadikan makanan atau buah penutup. Namun untuk sebagian penyakit seperti diare dan disentri, sobat perlu mengkonsumsi buah yang masih mentah dan dibuang getahnya. Atau juga dengan merebus kulit batang dengan air secukupnya kemudian diminum selagi hangat denga menambah sedikit garam dapur.

Nah cukup sekian artikel mengenai Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa cek postingan kami yang lain dengan melihat related post dibawah, Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter