-->

Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan - Temu Putih merupakan salah satu tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan atau jahe-jahean. Mempunyai nama latin Curcuma Zedoaria, temu putih ini diduga berasal dari India. Rimpang yang satu ini dipercaya kuat mempunyai sifat farmatologi layaknya rimpang lain seperti temulawak, temu ireng, jahe dan lain-lainnya.

Temu Putih juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum atau kosmetika dikarenakan mempunyai aroma yang khas dan harum alami. Cirinya sangat mudah dikenali, berbentuk rimpang, aroma hampir sama persis dengan kunyit, ketinggian batang mencapai 2m, daun hijau agak lebar memanjang dan mempunyai bunga berwarna kuning.
Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan
Nah yang menjadi topik bahasan disini adalah mengenai apa saja kandungan senyawa kimia alami adan khasiat yang bisa kita dapat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk menyingkat waktu, alangkah baiknya jika langsung saja pada pokok permasalahan.

Senyawa yang bisa kita temukan pada temu putih ini berupa : Minyak Atsiri, Kurkumin, Kurkumanolid A dan B, Asam Metoksisinamat, Germakran, Eleman, Guaian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan :
  • Bersifat anti-kanker yang sangat ampuh untuk mencegah sel kanker menjalar dalam tubuh.
  • Bersifat anti-inflamasi atau meringankan peradangan atau pembengkakan.
  • Antioksidan yang mencegah virus atau kuman dan radikal bebas lainnya berkembang dalam tubuh. Dalam hal ini juga merangkap sebagai anti-mikroba atau anti-biotik alami.
  • Mengurangi stres dan kecemasan, fungsi ini berguna untuk menenangkan pikiran yang terlalu berat / terlalu banyak pikiran.
  • Mengurangi gejala skit maag, jika anda mempunyai penyakit yang berhubungan dengan lambung ini, mungkin penggunaan kunyit putih bisa jadi salah satu alternatif untuk meringankan gejala yang ditimbulkan.
  • Menambah selera makan, kegunaan ini sudah sangat umum dan bisa didapat pada semua jenis rimpang obat. Dalam menggunakan rimpang temu putih, bisa juga dikombinasikan dengan temulawak atau temu ireng.
  • Melancarkan sirkulasi darah, darah merupakan elemen utama untuk mengedarkan zat makannan dan juga oksigen pada seluruh tubuh. Namun bagaimana jika berlebihan atau kejadian ini sering juga dikenal dengan darah tinggi / hipertensi? Sangat tidak baik dan bahkan menjadikan si penderita mempunyai emosi tinggi. Bersifat menengkan tersebut yang mampu melancarkan peredaran darah sehingga menjadi lebih normal.
  • Manfaat lainya seperti : menurunkan demam, menetralkan racun, Menunda penuaan dini, menghilangkan bau mulut, mempercepat penuaan bisul, mengatasi keseleo, salah urat, mengeluarkan angin / perut kembung, dan lain-lainnya.
Untuk penggunaan, sobat hanya membutuhkan beberapa rimpang temu putih yang diparut. Kemudian diperas dan diminum airnya.

Demikianlah artikel singkat kami mengenai Manfaat Dan Khasiat Temu Putih Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter