-->

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bunga Asoka Bagi Kesehatan

[ Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bunga Asoka Bagi Kesehatan ] - Pasti sobat bertanya-tanya kenapa jenis bunga yang satu ini bisa juga digunakan sebagai obat. Hal itu tentunya tidak luput dari kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada bunga tersebut. Nah untuk menambah wawasan yang lebih luas mengenai tanaman obat dan apotik hidup, berikut rangkuman sederhana yang bisa sobat baca supaya ilmu yang sobat miliki semakin bertambah.

Bunga Asoka merupakan familiy dari Caesalpiniaceae dengan masih dalam klasifikasi kerajaan plantae. Nama latin bunga asoka ialah Sarca Indica. Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai tanaman hias dengan cara dibonsai. Bentuk bunga dan warna yang cantik, menjadikan bunga asoka salah satu bunga yang banyak peminatnya. Untuk ciri sepintas, sobat bisa cek cuplikan gambar berikut.
Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bunga Asoka Bagi Kesehatan
Kembali pada topik bahasan, Apa saja kandungan senyawa kimia pada bunga asoka? Zat tersebut diantaranya berupa : Hematoksilin, zat organik, Tanin, Zat besi, Saponin, Flavonoid, dan Catachin.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bunga Asoka Bagi Kesehatan :
  1. Mengobati pembengkakan atau memar akibat benturan.
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi / hipertensi.
  3. Mengurangi kram pada betis.
  4. Menyembuhkan diare, disentri dan juga wasir/ambeien.
  5. Melancar haid atau datang bulan pada wanita.
Bagaimana cara membuat dan menggunakan bunga asoka sebagai obat? Oleh karena pertanyaan tersebut, berikut kami sudah menyediakan beberapa resep sederhana yang mungkin dibutuhkan!

Melancarkan Haid / Telat Datang bulan (Bagi wanita).
Sediakan bunga asoka sebanyak 15gr dan juga 90gr lidah buaya. Cuci bersih dan iris-iris kemudian direbus dengan 2 gelas air. Ramuan ini bisa diminum selagi hangat dengan porsi 100 atau setara dengan setengah gelas.

Mengurangi Tenakan Darah Tinggi / Hipertensi.
Rebus segenggam bunga asoka dengan air 400cc (2 gelas). Minum setiap hari setengah gelas dalam 1x konsumsi.

Obat Herbal Untuk Disentri dan Ambeien :
Tumbuk bunga asoka secukupnya dilanjutkan dengan menambah sedikit air. Peras kemudian air perasan tersebut bisa langsung dikonsumsi. (2x sehari sore dan malam hari).

Mengurangi Kram Betis
Siapkan beberapa lembar bunga asoka dan bunga mawar. Rebus dengan air secukupnya kemudian bisa diminum sehari dua kali dengan porsi setanga gelas dalam 1x minum.

Bagaimana? sangat mudah dan sederhana kan? Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bunga Asoka Bagi Kesehatan. Selamat mencoba dan jangan lupa sharenya ya...!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter