-->

Sudah Tahu Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-Anting Bagi Kesehatan?

Khasiat Tanaman Anting-anting mungkin sudah dikenal sejak dahulu kala, namun tidak kesemuanya mungkin menyadari betapa banyaknya manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, disini kami akan sedikit membahas tentang apa tanaman anting-anting? dan bagaimana cara menggunakannya sebagai obat tradisional?

Anting-anting merupakan salah satu rumput liar yang hidup dipinggiran jalan, ladang, atau juga persawahan yang cukup dengan air. Hidup dari tumbuhan anting-anting ini sangat mudah ditemukan sebab bentuk dan cirinya sudah familiar. Tentunya masih dalam klasifikasi dari kerajaan plantae, Anting-anting mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Acalypha australis linn. Untuk ciri lebih detail, sobat bisa cek gambar dibawah!
Manfaat khasiat Tanaman Anting-anting
Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-anting untuk kesehatan? Anting-anting dipercaya mempunyai sifat farmatologis bagi pengobatan tradisional. Dan keseluruhan anggota dari tanaman bisa dijadikan obat herbal. Seperti, bunga, daun, batang dan juga akar. Dan untuk menjawab pertanyaan diatas, kami sudah merangkum beberapa jawaban dari efek baik yang akan didapat oleh tubuh kita :

Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-Anting Bagi Kesehatan
  • Bersifat sebagai antibiotik alami.
  • Memperlancar saluran kemih (Peluruh kencing).
  • Mengatasi diare dan juga disentri.
  • Mencegah dan menghentikan pendarahan.
  • Anti radang / pembengkakan.
  • Menyembuhkan batuk yang disertai darah.
  • Mempercepat penyembuhan luka bakar.
  • Obat alami untuk penyakit kulit.
  • Menghentikan mimisan.
  • Mengobati diare atau berak darah.
  • dll.
Bagaimana cara mengguakan dan membuat jamu dari tanaman anting-anting? Nah untuk pertanyaan lanjutan ini, kami membagi dua resep sederhana yang bisa sobat ikuti. Yang pertama ialah dengan cara meracik jamu dan yang kedua ialah memanfaatkan sebagai obat tapal.

Resep pertama :
Bahan yang dibutuhkan ialah 2 pohon anting-anting utuh dengan daun akar dan batangnya, 5 ruas kunyit dan 2 genggam daun mimba. Haluskan semua bahan yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dengan skala air 500cc. Diamkan hingga hangat dan tambahkan sedikit garam dapur sebelum dikonsumsi.

Resep kedua :
Siapkan beberapa lembar daun anting-anting dan sedikit kapur sirih, Haluskan dan campurkan kedua bahan yang dilanjutkan pada pembaluran ke area kulit yang ingin diobati. Cara ini bisa digunakan 1 jam sebelum mandi.

Demikian bahasan singkat tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Anting-Anting Bagi Kesehatan. Semoga membantu dan tentunya berguna bagi sobat yang membutuhkan. Baca juga artikel kami yang lain ya... Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter