-->

Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan

Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan - Salah satu jenis rumput yang kami bahas kali ini merupakan tumbuhan yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Kyllinga brevifolia. Tanaman ini dianggap gulma sebab mengganggu pertumbuhan jagung atau tanaman lain yang ditanam oleh petani. Bagi rakyat jawa, Jukut pendul dengan Suket pendul, Teki pendul dan rebbhe pendul bagi suku Madura.

Ciri-ciri / deskripsi tanaman :
Sangat baik tumbuh yang lembab seperti : Pinggir sawah, pinggir jalan dan cukup akan paparan sinar matahari. Helai daun memanjang dan meruncing dengan ketinggian mencapai hingga kurang lebih 20cm. Daun hijau dengan bunga bongkol bulat kecil berserabut. Tumbuhnya membentuk semak bergerombol(merumpun). Dan paling banyak diambil manfaat untuk pakan ternak seperti sapi dan kambing.
Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan
Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan
Karena dianggap gulma serta bentuk dan keberadaan tidak mendukung, sedikit yang tahu jika rumput ini juga berkhasiat bagi kesehatan manusia. Dan disini pasti sobat penasaran mengenai apa saja Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan? Jadi ringkasannya, kamu rangkum jawaban sebagai berikut :
  1. Sebagai peluruh kencing yang berkemampuan untuk memperlancar saluran kencing.
  2. Bersifat antiradang atau anti pembengkakan.
  3. Menurunkan demam (Antipretik).
  4. Mengencerkan dahak dan mengobati batuk (Antitusif).
  5. Mengatasi masuk angin (meriang).
  6. dll.
Untuk resep dan penggunaan : Sobat hanya butuh menyiapkan beberapa genggam daun jukut pendul yang kemudian rebus dengan 2 gelas air yang sebelumnya ditumbuk kasar terlebih dahulu. Selanjutnya tiriskan, saring dan diminum selagi masih hangat di sore hari.

Demikianlah artikel singkat tentang Manfaat Jukut Atau Teki Pendul Untuk Kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan sobat mengenai tanaman herbal yang ada pada lingkungan sekitar.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter