-->

Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan - Tanaman Obat yang akan dibahas merupakan salah satu tumbuhan yang dianggap gulma oleh para petani didesa. Namun siapa sangka, dibalik semua itu malah obat alami dari daun sintrong ini mempunyai khasiat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika dilihat dari klasifikasi, sintrong tentunya masih tergolong dalam kerajaan Plantae yaitu suku tumbuh-tumbuhan dengan nama latin atau ilmiah yang disebut Crassocephalum crepidioides. Tapi selain itu, beberapa nama daerah untuk sintrong ini juga banyak, diantaranya ialah : Jambrong, Ebolo, Tespong, Bagini, Taplek, Jomblong, Puyung, Mandrung dan masih banyak lagi yang lainnya.
Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan
Ciri / Deskripsi :
Tanaman ini banyak ditemukan didaerah pinggir jalan dekat permukiman masyarakat, salah satunya juga ialah dipingir selokan, dan tempat terbuka yang cukup akan sinar matahari. Pohonnya berbentuk terna tegak mencapai ketinggian sekitar 1m. Daun bulat agak oval seperti telur lonjong berwarna hijau. Bunga bongkol dengan mahkota kuning.

Beberapa Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan ialah :
  1. Mengatasi sakit kepala / pusing.
  2. Menyembuhkan luka dengan cepat.
  3. Mengatasi keluhan penyakit perut seperti maag, nyeri, kram dll.
  4. Mencegah peradangan.
  5. Obat pencahar / cuci perut alami.
  6. Menurunkan panas atau demam.
  7. Menyembuhkan peradangan pada amandel.
  8. Eksim dan tonikum.
  9. Bersifat emetik (mampu memancing muntah).
  10. dll.
Dari beberapa kegunaan yang sudah kami lampirkan diatas, masih ada satu pertanyaan yang perlu kami jawab yaitu, bagaimana cara mengolah atau menggunakan daun sintrong untuk obat? Berikut resep sederhana yang bisa sobat ikuti.

Cara mengolah / Menggunakan :
Rebus beberapa helai daun sintrong yang sudah dicuci dengan air putih secukupnya. Tambah sedikit garam dapur untuk meredam rasa getir. Dan sobat bisa mengkonsumsinya selagi hangat! Atau juga bisa mengkonsumsi langsung sebagai lalapan dengan sambel jika sobat suka.

Himbauan ! ! ! Daun sintrong jangan dikonsumsi dalam jangka panjang atau terus menerus setiap harinya sebab mampu memicu efek samping yaitu tumor dan juga kerusakan pada organ hati.

Demikianlah rangkuman mengenai Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang sedang membutuhkan. Sekian dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter