-->

Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan - Pecut kuda merupakan salah satu tanaman obat yang cukup dikenal pada kalangan masyarakat Indonesia. Kenapa disebut pecut kuda? karena bentuk bunga dari tumbuhan ini berbentuk seperti pecut yang sering digunakan pada kereta kuda. Namun untuk Negara lain mungkin nama panggilannya bisa berbeda, sama halnya pada Negara China disebut Yulongbian, Filipina kandikadilaan dan nama latin atau ilmiah dengan sebutan Stachytarpheta jamaicensis. Jika dilihat dari klasifikasi, Pecut kuda masih tergolong dalam kerajaan plantea dan merupakan keluarga dari Verbenaceae.

Ciri / Deskripsi dari pecut kuda :
Pecut kuda merupakan tanaman yang berbunga sepanjang tahun dan tinggi dari pohon bisa mencapai sekitar 1m lebih. Dengan daun yang hijau seperti daun mint serta tersusun berlawanan. Daun bergerigi dibagian pinggir, Bunga pecut kuda berwarna ungu cukup cantik untuk dijadikan salah satu penghias halaman rumah. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek pada cuplikan gambar dibawah!
Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan
Nah yang dipertanyakan disini adalah : Apa saja Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan? Sebenarnya peryanyaan ini kurang pas dan kurang lengkap, sebab semua anggota tanaman dari pecut guna ini bisa digunakan sebagai obat tradisional dengan kemampuan yang cukup baik untuk menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit. Dan untuk lebih ringkasnya, berikut beberapa khasiat dari tanaman pecut kuda bagi kesehatan :
  1. Mengatasi penyakit amandel.
  2. Mengobati Radang tenggorokan.
  3. Meredakan batuk.
  4. Menyembuhkan hepatitis.
  5. Menyembuhkan infeksi saluran kemih / kencing.
  6. Melancarkan Haid atau datang bulan yang tidak teratur.
  7. Mengurangi gejala rematik.
  8. Mencegah keputihan.
  9. Obat alami untuk radang hati.
  10. dll.
Kandungan kimia yang terdapat pada pecut kuda diantaranya Alkaloid dan glikosa. Dan yang paling banyak digunakan sebagai obat ialah bunga, daun dan akarnya.Sedangkan untuk penggunaan dan pengolahan, sobat hanya butuh menyiapkan bahan yang sudah disebutkan, dicuci bersih kemudian direbus dan diminum airnya.

Begitulah beberapa fungsi tanaman pecut kuda. Tidak hanya untuk kesehatan seja, melainkan juga cukup baik untuk dunia kecantikan dan mempercantik halaman rumah anda sebagai tanaman hias. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan, semoga bisa berguna bagi orang yang membutuhkan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter