-->

Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan - Gadung merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang mempunyai kandungan racun didalamnya. Meski begitu, jika diolah secara tepat dan dengan cara khusus, umbi gadung ini bisa menjadi bahan pangan alternatif dengan kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi. Gadung masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, dan mempunyai beberapa panggilan daerah seperti : Geddhung (Madura), Kapak (Sasak), Bitule (Gorontalo), Gadu (Bima) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri-ciri / Deskripsi Tanaman Gadung :
Pohon tumbuh dengan cara merambat dan melilit pada pohon didekatnya. Daun majemuk hijau, lebar berjari hampir sama dengan sirih, kelopak bunga berwarna kuning, serta bentuk ubi yang menyerupai sobek. Lebih ringkasnya sobat cek gambar dibawah!
Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan
Meski mempunyai kandungan racun didalamnya, khasiat yang bisa didapat untuk mengobati berbagai macam penyakit sangat besar pada umbi gadung ini. Dan diantara kandungan senyawa kimia pada gadung ialah : Alkaloid, Glikoprotein dan Polisa Karida

Nah sobat pasti masih bertanya-tanya mengenai apa saja Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan? Jadi untuk itu kami merangkum jawaban singkat yang bisa sobat ketahui dan baca pada keterangan dibawah ini!
  1. Menurunkan kolesterol atau kadar gula dalam darah.
  2. Mengeluarkan nanah (pada luka/borok).
  3. Menyembuhkan luka pada sipilis.
  4. Mengobati penyakit kusta (pengobatan tahap awal)
  5. Mengatasi Gejala arthritis.
  6. Meringankan rematik dan nyeri sendi.
  7. Mengobati kutil, mata ikan dan kapalan.
  8. Mengatasi kejang perut.
  9. dll.
Cara menggunakan gadung untuk obatpun boleh dibilang mudah. Contohnya untuk kejang perut, sobat hanya butuh mengiris tipis kemudian ditempelkan pada perut. Dan untuk pengobatan luar lainnya, parut ubi dan oleskan pada area yang ingin diobati.

Jika untuk konsumsi : Iris gadung kemudian balur dengan abu kayu bakar hingga kandungan air mengering. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun didalamnya. Atau cara lain yaitu dengan mengiris tipis, rebus dengan air hingga mendidih kemudian rendam sekitar 2 sampai 3 hari dengan mengganti air tersebut sehari sekali. Cara ini biasanya digunakan untuk pembuatan keripik gadung.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Dan Khasiat Umbi Gadung Untuk Kesehatan. Semoga artikel singkat ini bisa berguna dan tentunya bermanfaat bagi orang banyak. Sekian dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter