-->

Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan - Bunga atau kembang Tapak Dara merupakan salah satu tanaman hias yang juga sangat berguna dunia pengobatan tradisional. Jika dilihat dari klasifikasi, Tumbuhan ini merupakan klasifikasi kerajaan plantae dengan sebutan nama latin Catharanthus roseus. Tidak hanya itu, diberbagai daerah Tapak dara dikenal panggilan Bunga Sindapor, Kembang Tembaga, dan Kemunting cina. Namun sobat harus berhati-hati sebab dibalik kegunaannya sebagai obat, Tapak dara juga menyimpan efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai porsi dan berlebihan.

Ciri / Deskripsi :
Pohon perdu berukuran kecil dengan daun yang selayaknya tumbuhan lain yaitu berwarna hijau. Bunga lonjong oval/bulat telur dengan permukaan halus mengkilap tersusun rapi menyirip dan berseling. Kelopak bunga boleh dibilang kecil serta mahkota yang serupa terompet. Warna bunga bervariasi seperti putih, pink dan juga kuning.
Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan
DIbalik manfaat pasti juga tersimpan kandungan senyawa kimia didalamnya, dan diantara beberapa kandungan yang bisa ketahui diantaranya berupa : Ajmalicine, akuammine, Tetrahydroalstonine, Vindoline, Vindolinine, Lochnerine, Vincamine, Vinleurosin, Leurosine, Norharman, Vinrosidin, Vincristine, Vinblastine, reserpine, Serpentine dan Catharanthine.


Mungkin sobat masih menyimpan tanda tanya mengenai Apa saja Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan?
  1. Obat terapi alami untuk leukimia.
  2. Mengatasi penyakit Hidgkin.
  3. dll.
Semua manfaat yang sudah disebutkan diatas belum termasuk efek samping atau dampak yang didapat oleh tubuh. Namun hal ini terjadi pada sebagian orang saja yang alergi akan keracunan. Efek ini akan dialami bagi sobat yang berlebihan dalam menggunakan Tapak dara. Tapi efek ringan yang disebabkan akan hilang dalam jangkan waktu 24 jam. Untuk lebih ringkasnya, berikut sudah kami lampirkan beberapa dampak negati dari Tapak dara :
  1. Perut menjadi mual dan muntah.
  2. Berhalusinasi / bersifat halusinogen.
  3. Tubuh menjadi demam.
  4. Tidak punya daya atau tenaga.
  5. Tubuh terbaring koma.
  6. Kehilangan refleks tendon tubuh.
  7. Yang paling parah yaitu kematian.
Nah demi keamanan, alangkah baiknya jika sobat mengikuti racikan resep yang kami berikan dibawah ini. Berikut ulasannya!
  • Bahan yang dibutuhkan yaitu : 17 lembar daun serta bunga tapak dara, Garam dapur, 3 rimpang temulawak dan kunyit.
  • Cara pembuatan : Haluskan semua bahan yang sudah dicuci, Tambahkan 3 gelas air, Direbus hingga mendidih sekaligus memasukkan garam secukupnya. Selanjutnya bisa disaring dan dikonsumsi.
  • Aturan Minum : Usahakan sehabis makan pada saat sore hari. Hal ini berguna untuk mencegah keracunan serta menghilangkan efek yang akan didapat.
Demikian bahasan kami tentang Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan, semoga bisa menambah wawasan sobat mengenai apotik hidup pada lingkungan sekitar. Selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter