-->

Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan - Kali ini kami akan membahas salah satu tanaman obat yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae dengan nama latin atau ilmiah Costus spicatus yaitu Rimpang Pacing. Tumbuhan ini termasuk dalam suku temu-temuan / Zingiberaceae dan dilansir berasal dari Asia Tenggara. Selain mempunyai kegunaan untuk obat alami, pacing juga bisa dialih fungsikan sebagai tanaman hias yang mempunyai bentuk bunga cukup indah untuk mempercantik halaman maupun ruangan.

Ciri-ciri / Deskripsi :
Pohon berbentuk terna yang cukup besar dengan ketinggian mencapai hingga 4m. Dan hampir sama dengan jenis jahe-jahean yang lain, pacing juga hidup berumpun atau bergerombol. Batangnya cukup keras serta bergaris halus warna cokelat. Bunga berwarna merah tersusun bongkol, tangkai daun berbulu serta hampir sama dengan linset. Jika bunga sudah mekar, pinggiran kelopak berwarna putih bergaris kuning. Buahnya berpostur memanjang dengan warna merah, dan berbiji hitam. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat cek cuplikan gambar dibawah ini!
Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan
Nah yang jadi pokok bahasan disini ialah mengenai Apa saja Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan? Mungkin karena pertanyaan tersebut sobat bisa membaca artikel yang kami tulis ini, oleh karena itu disini kami sudah melampirkan beberapa khasiat obat dari pacing yang bisa ketahui, berikut rinciannya :

  1. Menurunkan demam / panas tubuh.
  2. Mencegah dan mengatasi kejang.
  3. Sebagai shampo atau pembersih rambut alami.
  4. dll.
Dari beberapa manfaat pacing diatas, ada beberapa kandungan senyawa kimia diantaranya saponin dan juga racun. Oleh karena itu, juga berefek tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jika hanya untuk memcuci rambut, berikut resep sederhana yang bisa sobat ikuti : Haluskan beberapa rimpang pacing yang sudah dicuci bersih kemudian balurkan pada rambut (diamkan sekitar 5 menit) dan bilas.

Jika sobat hidup didesa dan mempunyai halaman lebih, maka tidak ada salahnya jika menanam pacing sebagai pelengkap apotik hidup yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional. Untuk budidaya, sobat bisa menggunakan beberapa metode yaitu sistem stek batang, menyemai biji dan juga penanaman kembali rimpang.

Demikianlah bahasan kami kali ini mengenai Manfaat Dan Khasiat Pacing Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan mampu menambah informasi seputar tanaman obat yang sedang ingin sobat cari. Terima kasih dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter