-->

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak - Pada bahasan kali ini kami akan merangkum mengenai salah satu jenis sayur yang sangat umum dikenal dan menjadi favorit pada kalangan masyarakat desa. Dengan rasa yang unik dan ada sedikit rasa renyah, sayur ini menjadi menu keseharian. Entah itu dijadikan kuah ataupun dibuat sebagai lalapan. Jika dilihat dari klasifikasi, komak masih dalam kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Lablab purpureus. Komak termasuk dalam suku polong-polongan yang merupakan keluarga dari buncis dan kacang panjang.

Ciri-Ciri / Deskripsi Komak :
Pohon terna kecil ada yang merambat atau memanjat pada media disekitarnya. Daunnya lebar dan pucuk daun (Lembayung) bisa dijadikan sayur urap. Buah berwarana hijau muda, keunguan, dan bijinya berwarna putih kecokelatan.
Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak
Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak
Termasuk dalam salah satu bahan pangan, Kandungan gizi atau nutrisi pada komak boleh dibilang sangat mumpuni. Beberapa kandungan tersebut diantaranya : Lemak, Energi/kalori, Karbohidrat, Vitamin C, Zat Besi, Asam folat, Fosfor, Seng, Niacin, Protein, Thiamine, Riboflavin, Mangan, Kalium, Magnesium, dan Kalsium.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak :
  1. Memperlancar sirkulasi atau peredaran darah.
  2. Sebagai penghilang letih dan lesu.
  3. Menguatkan tulang, gigi dan sendi.
  4. Bersifat sebagai atioksidan penangkal radikal bebas.
  5. Meningkatkan daya ingat / kinerja otak.
  6. Mencegah anemia atau kurang darah.
  7. dll.
Untuk budidaya, biasanya menggunakan penyemaian kembali biji buah yang sudah kering. Dan biji kering tersebut bisa juga dikonsumsi dengan cara direbus dan diberi bumbu khusus untuk cemilan dengan cita rasa yang unik dan menambah selera makan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, sayur komak ini juga sangat baik dikonsumsi oleh kaum ibu yang sedang hamil atau mengandung. Sebab bisa menunjang dan menjaga perkembangan janin.

Mungkin itu saja ringkasan mengenai Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Komak. Semoga membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain. Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter