10 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan - Beluntas merupakan tumbuhan pagar semak yang banyak didapat pada daerah yang mempunyai iklim tropis. Dengan banyaknya beluntas yang tumbuh dengan liar dipekarangan atau juga pinggir sawah dan jalan, maka sangat tidak heran jika orang kurang memperhatikan khasiat yang terdapat pada daun beluntas tersebut. Beluntas juga bisa ditemukan dengan mudah didekat pantai, pinggir sungai atau juga sekitar rumah.

Masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, beluntas mempunyai banyak sekali nama panggilan diberbagai daerahberbeda. Seperti sa;ah satunya ialah : Bluntas (Madura), Luntas (Jawa), Baruntas(Sunda), Lamutasa(Makasar) dan nama latin dengan sebutan Pluchea indica.
10 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan
10 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan
Ciri / Deskripsi :
Tinggi pohon mencapai hingga 3 m dengan sedikit bantuan penopang tumbuhan disekitarnya atau tumbuhnya rapat. Jika tidak, maka pohon dari beluntas akan menjalar / merambat. Daunnya bertangkai pendek dengan warna hijau dan berbentuk bulat telur. Bergigi ditepian daun dan bunganya berwarna putih kekuningan dengan buah longkah berbentuk gasing kecil. 

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan kimia pada beluntas? Memang tidak banyak yang bisa dapat, namun beberapa kandungan tersebut terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan dan kinerja dari organ tubuh kita. Kandungan tersebut diantaranya : Alkaloid, Flavonoid, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Natrium Dan Tanin.

10. Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan.
  2. Peluruh keringat (melancarkan keluarnya keringat).
  3. Menambah selera makan.
  4. Menurunkan demam / panas tubuh.
  5. Mengurangi sakit pinggang.
  6. Mengatasi nyeri tulang (flu tulang).
  7. Menghilangkan bau badan dan bau mulut.
  8. Meancarkan ASI bagi ibu yang menyusui.
  9. Mengatasi keputihan.
  10. dll.
Dari kesembilan khasiat dari beluntas diatas, yang kesepuluh ialah bisa didapat dari akarnya yaitu untuk meluruhkan keringat dan juga sebagai minuman pendingin atau penyejuk. Untuk menggunakan pun sangat mudah. Cukup ambil akar dari beluntas dan cuci bersih. Rebus dengan air secukupnya dan diminum jika sudah dingin.

Sedangkan penggunaan pada daun, beluntas biasanya dikonsumsi sebagai lalapan pada saat mentah. Rasa yang begitu getir namun membuat penasaran ini, menjadikan selera makan bertambah. Sama halnya dengan kemangi, beluntas sama persis fungsinya. Namun beberapa dariorang tidak suka memakannya mentah, tapi jangan khawatir, sebab anda bisa merebus atau mengukusnya. Dan kukusan ini bisa juga dijadikan urap-urap sehingga rasa yang didapat lebih mantab. Tekstur daun matang yang lembut, membuat orang lebih suka mengkonsumsinya.

Demikianlah artikel kami mengenai 10 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dari kami dan selamat membaca!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *