Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil

Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil - Tidak hanya sekedar mengkonsumsi makanan sehat saja, namun kaum ibu yang sedang hamil atau mengandung juga harus memperhatikan asupan gizi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan si janin. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kehamilan dan kesehatan si calon bayi. Oleh karena itu, ibu harus memastikan dengan benar apa saja bahan pangan yang sekiranya mencukupi kebutuhan nutrisi untuk kehamilan tersebut. Dengan sedikit pengetahuan yang dimiliki bunda, mungkin satu jenis makanan yang selalu rela dikonsumsi, padahal acuannya sangatlah bervariasi, bermacam jenis dan berbagai makanan harus diketahui.
Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil
Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil
Ada beberapa dari kaum wanita yang tidak suka daging (vegetarian) dan ada juga yang sebaliknya. Oleh sebab itu, dalam menyesuaikan menu keseharian, bunda juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa asupan gizi atau nutrisi yang sesuai diantaranya :

Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil :
  • Protein : Untuk mendapat gizi berupa protein, kaum ibu hamil bisa mengkonsumsi daging ikan atau juga telur ayam. Namun untuk yang tidak menyukainya, maka bunda bisa mengalihkan pada kacang-kacangan seperti tahu dan tempe yang terbuat dari kedelai.
  • Vitamin D : Gizi ini biasanya terdapat pada susu, entah itu susu asli maupun susu dari kedelai.
  • Zat Besi : Pada umumnya, zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau seperti bayam, pucuk ketela pohon, dan juga brokoli. Namun untuk melengkapi, bunda juga bisa memperolehnya dari daging merah (daging sapi ataupun kambing).
  • Kalsium : Mungkin bunda sudah tahu dari sponsor atau iklan yang disiarkan melalui media seperti produk susu yang mengandung kalsium dll. Namun kalsium tidak hanya terdapat pada susu, melainkan juga sayur atau nasi juga mampu menyediakan kalsium dalam skala kecil.
  • Vitamin B12 : Makanan yang sesuai ialah produk dari hewani seperti daging dan susu. Namun alternatif lain juga tersedia seperti kedelai, sereal dll.
Namun sebelum beranjak lebih jauh lagi, alangkah baiknya jika juga berkonsultasi langsung dengan dokter. Agar perencanaan lebih matang dengan bekal ilmu dan pengetahuan lebih detail mengenai apa saja kebutuhan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Nah sekian dulu mengenai Asupan Nutrisi Seimbang Untuk Ibu Hamil ini, semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *