-->

Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan - Tanaman Obat yang kami bahas kali ini merupakan salah satu Gulma pertanian yang sangat mengganggu pertumbuhan padi. Sebab pertumbuhannya cukup baik didaerah becek dan berair salah satunya sawah, rawa dan juga tempat lain yang masih mempunyai kandungan air tinggi. Dengan masih klasifikasi kerajaan Plantae, Eceng ini mempunyai nama latin Monochoria V dan sering juga disebut dengan Eceng Gondok, Eceng Padi, Wewehan dan lain-lainnya. Nama panggilan tersebut tergantung dengan wilayah dan suku didaerah yang sobat tinggali.

Ciri dari tanaman Eceng ini sebenarnya sangat sederhana saja. Bentuk daunnya yang hampir sama dengan Genjer namun mengkilap dan lebih kaku. Bunganya ungu, dan mencapai ketinggian hingga setengah meter atau 50cm. Tanaman ini dianggap hama atau gulma dikarenakan mengganggu dan menghambat pertumbuhan tanaman padi pada saat musim penghujan. Umumnya Eceng ini diduga berasal dari Asia, namun juga bisa ditemukan di Negara tetangga lain yang mempunyai kadar air dan rawa.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan
Meski etikatnya Eceng dikenal sebagai gulma, namun ada manfaat lain yang bisa digunakan dan dimaksimalkan oleh manusia, Salah satu contohnya ialah sebagai sayur dan juga kerajinan tangan yang mempunyai kualitas ekonomi tinggi. Untuk sayur biasanya melalui proses pemasakan terlebih dahulu dan untuk dibuat kerajinan, eceng diambil batangnya dan dijemur kemudian dianyam menjadi tas, dompet, tikar dsb.

Yang sering dipertanyakan adalah Apa saja manfaat dan khasiat Eceng untuk kesehatan? Berikut ini sedikit ringkasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan yang sobat lontarkan.

Kandungan pada akar dan daun pada eceng utamanya sangat bagus dalam memperlancar sistem pencernaan, namun masih banyak lagi manfaat lain yang mungkin tidak sobat ketahui, diantaranya ialah :

Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan :
  • Mengatasi keluhan pada lambung, seperti maag, sakit dll.
  • Mengobati asma atau sesak nafas.
  • Menghilangkan ngilu pada sakit gigi.
  • Menyembuhkan keluhan penyakit hati atau hipertensi.
  • Menurunkan panas atau demam pada tubuh.
  • Mengobati sakit perut melilit.
  • dll.
Tak hanya untuk kesehatan saja, melinkan eceng ini juga sangat bagus untuk dunia kecantikan, sebab bisa memperlancar pencernaan yang tentunya sangat berpengaruh dalam porses penurunan berat badan. Sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu diet yang sedang sobat jalankan.

Demikianlah kutipan singkat yang bisa kami berikan. Mungkin lain kali kami akan melakukan update mengenai Manfaat dan Khasiat Tanaman Eceng Untuk Kesehatan. Sekian dulu dari kami, semoga bisa membantu dan berguna bagi orang banyak. Silahkan cek related post dibawah untuk mengetahui informasi mengenai Tanaman Obat yang lain. Terima kasih...!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter