Penyebab dan Pencegahan Penyakit Beri-beri

Penyebab dan Pencegahan Penyakit Beri-beri - Penyakit yang satu ini memang sangat umum terjadi dan sangat sering diderita oleh kalangan orang yang kurang mengerti akan kecukupan gizi pada makananannya. Oleh karena itu tidak sedikit dari kalangan rakyat kurang mampu yang terjangkit dan menderita penyakit beri-beri ini.
Penyebab dan Pencegahan Penyakit Beri-beri
Penyebab dan Pencegahan Penyakit Beri-beri
Beri-beri adalah penyakit yang menyerang betis, dan menurut dari tipe jenis tau macamnya, Beri-beri ini terbagi dalam 3 kelompok yaitu :
  • Beri-beri jantung : Ciri khas dari beri ini ialah terjadinya rasa sakit pada ulu hati, sesak nafas, dan jantung berdebar secara tidak menentu. Jenis ini boleh dibilang sangat parah sebab bisa mengakibatkan kematian secara mendadak bagi yang menderitanya.
  • Beri-beri kering : Gejala yang disebabkan ialah seringnya kaki merasa kesemutan dan berasa tebal. Otot serasa lemas dan jika dipaksakan akan membuat debar jantung tidak normal, intinya penyakit beri-beri kering ini sangat menguras tenaga dan bahkan membuat si penderita lumpuh. Jika dalam kondisi parah, maka tidak dipungkiri bahwa penderita juga meninggal dunia.
  • Beri-beri basah : Jenis ini memang yang paling mudah untuk dikenali. dengan ciri terjadinya pembengkakan pada daerah betis dan timbul bekas jika ditekan, maka kemungkinan anda menderita beri-beri basah tersebut. Bekas tekanan tersebut dibarengi dengan rasa nyeri dn juga sakit dalam jangka waktu yang relatif lama.
Penyebab dan gejala yang dirasakan pada umunya yaitu, sipenderita sulit berdiri dan merasa gemetar jika dipaksakan. sedangkan faktor yang mampu menimbulkan beri-beri ialah kurangnya asupan gizi terutama terdapat pada Vitamin B pada makanan yang anda konsumsi. Beberapa makanan yang mungkin bisa membantu untuk mencegah Beri-beri adalah : Kacang tanah, Merica, Kubis / kol, Kapulaga, Buah pepaya dan lain-lainnya. Makanan tersebut hanyalah beberapa dari alternatif yang bisa anda gunakan.

Sedangkan untuk ramuan Obat tradisional, mungkin tidak ada salahnya jika anda memperbanyak makan sayur dan buah yang sudh disebutkan diatas. Dan perbanyak juga olah raga guna memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Demikianlah beberapa keterangan singkat mengenai Penyebab dan Pencegahan Penyakit Beri-beri. Semoga dengan membaca artikel kami yang sederhana ini anda bisa terbantu dan termotivasi untuk lebh menghargai kesehatan dan selalu menjaganya dengan baik. Sekian dan selamat membaca!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *