-->

Minyak Kayu Putih Dan Manfaatnya

Minyak Kayu Putih / Cajuput Oil adalah sebuah minyak yang dihasilkan oleh penyulingan kayu putih terutama pada bagian daun serta ranting yang akhirnya menguap dan menghasilkan uap berupa minyak cajuput oil. Kayu putih sendiri merupakan sebuah jenis tumbuhan yang masih tergolong dalam jenis jambu-jambuan. Dengan masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae, Kayu putih masih satu keluarga dari Myrtaceae dan mempunyai nama lati atau ilmiah . Kayu putih ini tidak dikeahui secara pasti mengenai asal usulnya, Namun tanaman ini sangat tumbuh baik di Daratan Indonesia hingga Australia. Daun kayu putih memang gampang menguap jika kepanasan, sehingga memberi aroma yang sangat khas hingga jarak jauh. Sehingga minyak kayu putih banyak diproduksi untuk bahan minyak kayu putih dan minyak telon yang salah satu contohnya adalah Minyak kayu putih Cap Lang dan Cap Gajah (Maaf disini kami tidak berniat untuk mempromosikan produk).
Minyak Kayu Putih Dan Manfaatnya
Minyak Kayu Putih Dan Manfaatnya
Selain sebagai bahan alternatif pengobatan, Minyak kayu putih juga sangat bagus untuk bahan parfum yang mempunyai aroma khas terapi. Namun yang dibahas disini adalah mengenai Manfaat dan khasiat dari minyak kayu putih sehingga untuk mempersingkat, yuk kita bahas terlebih dahulu mengenai Kandungan yang terdapat pada minyak Cajuput oil tersebut. Beberapa diantaranya adalah : Minyak atsiri, Eukaliptol, Cineol, Terpineol dan Ester, Pinen, dan Limonen.

Dari beberapa kandungan yang sudah sobat lihat diatas, banyak sekali fungsi minyak kayu putih ini bagi kesehatan. Dan cara menggunakannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan diminum atau juga sebagai obat oles yang digunakan pada badan bagian luar. Diantara manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan adalah :
  • Menghangatkan tubuh dan hal ini sangat cocok bagi bayi atau anak kecil.
  • Melemaskan otot yang kaku.
  • Mencegah dan mengobati perut kembung.
  • Menyembuhkan rematik serta nyeri pada gigi dan tulang.
  • Mengobati radang atau pembengkakan pada kulit akibat gigitan serangga dan lain-lainnya.
  • Terapi untuk mengobati insomnia atau susah tidur.
  • Mengobati dan menurunkan demam.
  • Mengurangi batuk.
  • Menyembuhkan flu dan meriang.
  • DLL.
Untuk pengobatan Konsumsi, sobat bisa menyiapkan beberapa lembar dari daun kayu putih kemudian rebus dengan volume air secukupnya hingga mendidih dan airnya agak menyusut. Selanjutnya bisa diminum selagi hangat.

Untuk pengobatan luar, sobat sudah bisa langsung membalurkan pada area yang dikehendaki. Untuk bahan biasanya sudah banyak terjual di toko atau warung terdekat.

Nah itulah bahasan sepintas mengenai Minyak Kayu Putih Dan Manfaatnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi orang banyak. Sekian untuk kali ini dan selamat membaca!

Pencarian Terkait :
>> Minyak Kayu Putih
>> Cajuput oil
>> Manfaat Dan Khasiat Minyak Kayu Putih
>> Manfaat Dan Khasiat Kayu Putih

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter