-->

Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan - Tanaman obat yang akan kami bahas kali ini merupakan salah satu tumbuhan semak yang banyak tumbuh secara liar di ladang, peinggir persawahan, Kebun, atau tanah kosong yang tidak dimanfaatkan atau ditanami yang intinya tanah yang tidak dirawat atau dimaksimalkan fungsinya. Bandotan termasuk dalam gulma pertanian yang termasuk dalam suku Klasifikasi dari asteraceae, kerajaan Plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah Ageratum conyzoides. Tumbuhan ini memang dianggap pengganggu, namun jika diteliti, ada manfaat dan kahsiat baik yang bisa kita dapat untuk kesehatan.
Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan
Ciri dari tanaman ini terdapat pada bunganya yang berwarna putih, Daun berbentuk hampir seperti hati da sedikit berbulu. akarnya sangat kuat dan tahan akan kekeringan. Sehingga tanaman Bandotan ini bisa didapat didaerah yang biasanya mempunyai tanah keras, agak kering dan juga cukup dengan sinar matahari. Namun di daerah pedesaan, banyak juga dari kalangan masyarakat yang menjadikan Bandotan untuk pangan alternatif bagi ternak dikala musim penghujan.

nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan khasiat bandotan untuk kesehatan? dengan pertanyaan yang cukup sederhana tersebut, kami berusaha menjawab sebisa mungkin agar sobat tidak kebingungan lagi mencari informasi dilain tempat. Beberapa kegunaan dari bandotan memang sangat membantu bagi kita. Dan salah satu diantaranya adalah digunakan untuk obat luar mengobati penyakit. Ingin tahu? berikut jawabannya!

Manfaat dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh :
  • Rebusan dari daun bandotan mampu menyembuhkan sesak nafas dan sakit dada.
  • Dapat menyembuhkan demam dengan menumbuk akar, merebus dan meminumnya.
  • Mengobati luka dengan mengoleskan remasan dari daunnya.
  • Olesan daun juga bisa menyembuhkan patah tulang.
Sebenarnya manfaat diatas bisa kita dapat dikarenakan ada kandungan baik didalamnya. Ada beberapa kadungan dalam bandotan yang perlu sobat tahu, salah satunya adalah : Alkaloid, Kumarin dan juga minyak essensial. Namun segi buruk dari bandotan juga ada, sebab selain mengandung bahan atau zat baik, bandotan juga ada zat racun didalamnya. Dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang, menurut penelitian tanaman bandotan ini juga mampu menyebabkan luka-luka pada hati serta juga dapat memancing tumbuhnya tumor dalam tubuh.

Nh itu bahasan singkat mengenai Manfaat Dan Khasiat Bandotan Bagi Kesehatan, semoga dengan membaca artikel ini sobat bisa terbantu dan mengerti dengan apa saja manfaat dan kegunaan bandotan. Meski terbilang gulma, namun juga bisa kita manfaatkan sebagai obat alternatif pengobatan. Sekian dari kami dan semoga bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan sobat.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter