-->

Khasiat dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan - Tempuyung merupakan salah satu jenis tanaman obat yang berkhasiat cukup baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Dengan mempunyai nama latin atau ilmiah Sonchus Arvensis. Daun tempuyung ini tergolong dalam klasifikasi dalam kerajaan plantae. Tumbuhan ini sangat mudah kita dapat dikarenakan banyak sekali disekitar tempat tinggal kita seperti dipekarangan, bekas rumah atau bangunan ataupun tanah kosong dilingkungan kita.

Meski tergolong atau terhitung tanaman liar, namun tempuyung ada juga yang membudidayakan untukkepeuan obat tradisional seperti jamu. Sedangkan untuk perkembangbiakan, cukup hanya dengan menggunakan penyemaian biji yang bisa didapat dari bunga yang sudah kering.

Ciri dari Tanaman Daun tempuyung ini juga sangat mudah dikenali, dengan tinggi tanaman hingga mencapai setengah meter, Daun tunggal dan lonjong serta bunganya yang berwarna kekuningan. Namun untuk lebih jelasnya, sobat bisa mengecek gambar diatas.

Menurut penelitian, manfaat dan khasiat baik yang bisa didapat dari Daun tempuyung tersebut tidak luput dari kandungan zakt yang baik pula didalamnya. Adapun beberapa kandungan yang bisa sobat ketahui adalah : Kalium, Flavonoid, Inositol, Taraksaterol, Silica, Alfalaktuserol, Batalaktuserol dan manitol.

Dari beberapa kandungan diatas, bisa disimpulkan bahwa apa saja kegunaan Daun Tempuyung bagi kesehatan tubuh kita. Dan untuk mempersingkat, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari tanaman obat tersebut.

Manfaat Dan Khasiat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan :
  • Membantu menurunkan panas atau demam.
  • Diuretik yang mampu memluruhkan atau memperlancar air kencing.
  • Menjaga kesehatan ginjal dan menghancurkan batu ginjal.
  • Mengobati peradangan dan mengempiskan bengkak.
  • Mengobati wasir atau ambeien.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menyembuhkan asam urat.
Penggunaan Daun Tempuyung ini bisa digunakan sebagai jamu atau minuman sehat tradisional. Dan dalampembuatan, sobat bisa menggunakan bahan atau daun yang masih segar ataupun berupa bubuk yang bisa didapat dengan mengeringkan daun kemudian dihaluskan.

Nah itu sedikit bahasan kami mengenai Khasiat dan Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan, semoga dengan membaca artikel atau tulisan kami ini, sobat bisa terbantu dan bisa berguna bagi orang banyak. Sekian dari kami dan sampai jumpa pada artikel kami yang lain. Selamat membaca ya...!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter