-->

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Cakar Ayam

Cakar ayam merupakan salah satu tanaman obat yang sering sekali digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam menggunakan media Pot. Tumbuhan cakar ayam merupakan rumput namun juga sangat berimbas baik untuk kesehatan tubuh kita. Cakar ayam mempunyai nama latin atau ilmiah Selaginella doederleinii hieron. Dan masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae.
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Cakar Ayam
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Cakar Ayam
Dengan mudahnya kita mendapat dan mengenali Tanaman obat cakar ayam, tak heran juga jika tumbuhan rumput hias ini mempunyai nama panggilan yang berbeda pada setiap wilayah. Salah satunya didaerah jawa yang sering disebut : Cemara kipas gunung, Ceker pithik/ayam, rumput solo, sedangkan pada daerah lain yaitu : Paku Rane Sunda, Menter Jakarta, Lantuan madura dll.

Manfaat sehat pada tanaman obat pasti juga tidak luput darikandungan baik didalamnya. Kandungan zat kimia atau gizi pada cakar ayam juga sangat bervariasi dan bermacam-macam. Adapun diantaranya adalah : Alkaloid, Flavonoid Glikosida, Pytsterol dan Saponin.

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Manfaat serta Khasiat Tanaman Ceker Ayam bagi kesehatan?

Dan demi menjawab pertanyaan sederhana diatas, kami sudah menyediakan jawaban singkat yang mungkin bisa membantu keingintahuan sobat, Penasaran? Berikut ulasannya.
  • Sebagai obat anti racun / menawarkan racun dalam tubuh.
  • Mencegah kanker / antikanker.
  • Antipretik / menurunkan panas atau demam.
  • Menghentikan pendarahan / Hemostatik.
  • Membersihkan darah kotor.
  • Mencegah pembengkakan / peradangan.
  • dll.
Yang sudah kami sebutkan diatas merupakan manfaat pada bagian atau dari dalam saja. Namun untuk pengobatan luar, Cakar ayam juga terbukti sangat ampuh untuk mengobati sakit pinggang, nyeri sendi dan juga lain-lainnya. Dan untuk menggunakan ceker ayam tersebut sangatlah mudah, cukup sediakan segenggam daun kemudian dihaluskan. Balutkan pada daerah sendi yang sakit dan kemudian diamkan sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Tanaman Obat cakar ayam ini sangat cocok dikonsumsi bagi sobat yang mempunyai wajah berminyak dan rentan berjerawat. Soalnya jerawat tersebut juga bisa dipicu oleh darah kotor yang disebabkan oleh pola makan, polusi dan juga merokok.

Sekian dari kami mengenai Kandungan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Cakar Ayam, semoga membantu dan selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter