Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh mungkin sudah sangat umum dan banyak dikonsumsi sebagai pelengkap bumbu dapur khususnya pada masakan berkuah. Namun yang kami bahas disini bukanlah mengenai bagaimana cara menggunakannya, namun tentang apa saja khasiat bisa didapat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi untuk menambah wawasan terkait dengan obat herbal yang pada lingkungan sekitar, maka ada baiknya jika kami merangkum sedikit informasi terkait dengan apa saja fungsi dan kegunaan belimbing wuluh bagi kesehatan.
Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Belimbing wuluh merupakan buah yang mempunyai rasa sangat masam namun menyegarkan. Tanaman ini mempunyai nama latin Averrhoa bilimbi yang juga juga umum dimanfaatkan untuk penambah rasa asam pada masakan. Tidak hanya pada sayur atau jenis olahan lain, namun bagi kalangan masyarakat tertentu, buah ini juga diulek dengan sambel terasi untuk menghilangkan bau amis pada ikan bakar. Jadi sudah tidak asing jika buah belimbing dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenai ciri atau deskripsi dari tanaman, belimbing wuluh mempunyai daun hijau berbentuk bulat warna hijau muda, batang berkelok dan banyak cabang dengan pepagan bentol warna kecokelatan. Biasanya masyarakat desa menanamnya di pingiran kamar mandi atau tempat yang mempunyai asupan cukup air sehingga dengan begitu akan mempermudah buah ini untuk cepat berbuah.

Dalam bidang konsumsi, belimbing sayur ini sering dijadikan sambal dan campuran masakan lain serta juga mempunyai khasiat jamu untuk menyambuhkan berbagai macam penyakit. Yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih manfaat serta khasiat Belimbing wuluh untuk kesehatan? Disini kami akan memberi keterangan sedikit agar sobat semua tidak merasa penasaran.

Memang tidak dipungkiri bahwa kandungan vitamin C dalam buah belimbing wuluh sangatlah tinggi, sehingga memberi efek atau dampak baik bagi tubuh kita. Namun tidak hanya vitamin C saja, melainkan masih banyak lagi kandungan lain yang diantaranya : zat besi, serat, protein, kalsium, fosfor, thiamine, karoten, dan masih banyak lagi nutrisi serta senyawa alami didalamnya. Nah, jika melihat begitu banyaknya kandungan tersebut, tentunya anda juga akan bertanya-tanya akan segala hal yang bisa anda dapat dari mengkonsumsi buah ini secara berkala. Jadi untuk mempersingkat waktu, mungkin rincian berikut bisa menjawa semua pertanyaan yang sedang ingin anda ketahui.

Manfaat Dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan :
  • Meringankan gejala batuk : Buah belimbing wuluh sangat bagus untuk mengobati batuk untuk semua kalangan. Tidak bagi anda dan keluarga, namun juga cocok untuk anak-anak yang masih dalam masa pretumbuhan. Cara pengolahan boleh dibilang sangatlah mudah, cukup rebus buah ini secukupnya kemudian minum air rebusan selagi hangat hingga sembuh.
  • Mengencerkan dan mengeluarkan dahak : Seperti halnya batuk, dahak merupakan salah satu gejala atau penyebabnya. Jika tidak dikeluarkan, maka kemungkinan anda akan mengalami batuk dan kesulitan dalam bernafas. Untuk mengkonsumsi, cukup makan langsung buah ini dalam keadaan segar.
  • Kaya Antioksidan : Seperti yang kami simpulkan dari berbagai sumber. Antioksidan mempunyai peranan penting dalam menguatkan sistem imun dikarenakan bisa menangkal radikal bebas. Sehingga dengan adanya antioksidan tersebut tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
  • Melancarkan pencernaan : Sistem pencernaan disini terkait dengan pencegahan sembelit (susah BAB), dan juga mempercepat penyerapan sari makanan dalam usus. Sehingga secara tidak langsung akan berdampak baik bagi metabolisme tubuh yang pada akhirnya akan tercegah dari penumpukan racun.
  • Mengobati sesak nafas : Asma atau yang juga dikenal dengan sebutan sesak nafas adalah suatu gangguan pada sistem pernafasan. Faktor penyebabnya bisa saja karena alergi debu atau memang sudah genetik (turunan) sehingga penderita akan sangat sulit untuk bernafas. Untuk mengolah cukup siapkan belimbing wuluh secukupnya dan seduh dengan air hangat. Selanjutnya bisa langsung diminum.
  • Mengurangi sakit tenggorokan : Masalah ini juga terkait dengan asma dan batuk. Tenggorokan akan mengalami gangguan jika terdapat benda asing atau terjadi peradangan. Jadi efek yang mungkin dirasakan akan mengakibatkan tenggorokan anda bengkak, suara jadi parau dan juga sakit pada saat anda menelan makanan. Tapi hal ini bisa segera teratasi hanya dengan mengkonsumsi buah belimbing sebagai minuman.
  • Meringankan Gejala Rematik : Pastinya anda sudah paham apa itu rematik. Biasanya dampak atau gejla yang dirasakan ialah terjadinya peradangan dan rasa sakit pada sistem persendian. Sedangkan untuk menyembuhkannya anda hanya butuh beberapa lembar daun belimbing wuluh, merica dan cengkeh. Haluskan semua bahan kemudian ditapalkan pada area yang sakit.
  • Mengatasi sariawan : Faktor penyebab sariawan identik dengan panas dalam yang gejalanya berupa bibir pecah-pecah, kering dan terjadi luka pada bagian dalam mulut. Untuk meramu obat, siapkan bunga belimbing wuluh secukupnya kemudian dipadukan dengan asam jawa. Seduh dengan air hangat dan minum.
  • Menghilangkan Panu : Jamur kulit yang satu ini bisa menyebabkan rasa gatal ketika anda sedang berkeringat. Namun sebenarnya mudah saja anda obati. Cukup dengan menghaluskan belimbing wuluh dan dipadukan dengan kapur sirih secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang terdapat panu dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.
  • Mengobati gondok : Ramuan obat alami yang bisa anda buat ialah daun belimbing wuluh dan sedikit tambahan bawang putih. Haluskan bahan kemudian tapalkan pada area gondongan.
  • Menyembuhkan sakit gigi berlubang : Untuk mengurangi rasa nyeri pada saat anda sakit gigi, cukup mengunyah buah belimbing wuluh dicampur dengan garam dapur. Lakukan hingga gigi terasa sedikit ngilu dan usahakan rutin hingga rasa sakit pada gigi mulai tidak terasa lagi.
  • Mengontrol kadar gula darah : Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang sebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini bisa anda atasi dengan merebus buah belimbing wuluh dan dimnum airnya.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi : Penyakit yang juga dikenal dengan hipertensi ini sangat tidak sehat jika dibiarkan dan berkelanjutan. Namun hal ini bisa anda gunakan bahan alternatif sehingga kinerja jantung bisa kembali normal. Pertama anda siapkan belimbing wuluh dan biji srigading. Rebus hingga mendidih dan minum air rebusan tersebut.
Untuk Pengolahan (secara umum) : Sediakan segenggam bunga belimbing wuluh yang sudah berawarna merah kehitaman dan juga gula batu secukupnya. Haluskan bunga tersebut dan diseduh dengan mencampur gula batu yang sudah tersedia. Kemudian minum selagi hangat, tapi jangan lupa disaring ya...! Cara ini sangat cocok untuk mengobati batuk yang berkepanjangan.

Untuk kecantikan, Belimbing wuluh juga sangat bagus untuk menghaluskan serta membersihkan kulit wajah. Caranya yaitu dengan mengambil Buah yang sudah matang kemudian dihaluskan. Untuk lebih lanjut, Sobat langsung saja oleskan pada wajah. Hal ini akan membuat kulit lebih segar, bersih, Merona dan juga menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Itulah bahasan mengenai Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan jangan lupa dishare ya...! Terima kasih...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *